Porsche Cayman GT4 Clubsport Rallye Concept, Porsche Penyuka Tanah?

Porsche Cayman GT4 Clubsport Rallye Concept, Porsche Penyuka Tanah?
0  komentar

AutonetMagz.com – Tunggu dulu, mobil yang biasa dibuat untuk sirkuit kok bisa main tanah sekarang? Hei, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Bahkan untuk sekedar informasi saja, ini bukan hal baru bagi pabrikan yang berlokasi di Stuttgart tersebut. Mereka sebenarnya tidak hanya merakit mobil khusus aspal saja, tetapi juga sudah merakit mobil spesial untuk menggaruk tanah sebelum kemunculan konsep terbarunya ini sejak lama. Ya, Porsche bisa kita katakan bukan manufaktur baru yang terjun ke dalam salah satu ajang offroad yang paling terkenal yaitu reli. Ingat 953 dengan livery Rothmans yang terkenal? Itulah sebuah Porsche yang senang bermain tanah dan bahkan memenangi ajang Paris-Dakar Rally tahun 1984.

Untuk masuk ke dalam perlombaan tersebut, mereka jelas tidak menggunakan model Cayenne ataupun Macan karena pada saat itu belum ada modelnya. Belum mengeluarkan mobil khusus offroad tapi berani turun ke dalam ajang reli yang berbahaya? Itulah Porsche. Terus basis mobil reli mereka apa dong? Ya mobil terkecil yang mereka miliki, seri 911. Aneh? Tidak salah jika anda menganggapnya seperti itu, karena memang kita sudah terbiasa melihat seri 911 lebih sering menari di atas sirkuit ketimbang bergumul di atas tanah. Dengan racikan tangan para mekanik Jerman, 953 pun lahir dari basis 911 yang sudah dimodifikasi berat untuk tahan dalam ajang reli berbahaya tersebut.

Namun sejarahnya tak sampai di situ saja, hingga saat ini Porsche tetap konsisten dalam mengembangkan mobil khusus reli mereka. Hal ini dibuktikan dengan muncunya mobil konsep bertemakan reli yang mengambil basis dari seri Cayman GT4 Clubsport. Tidak perlu Panjang lebar lagi, mari kita sambut Porsche Cayman GT4 Clubsport Rallye Concept. Salah satu mahakarya dari riset dan pengembangan tim Porsche tahun ini yang nanti akan turun dalam ajang ADAC Rallye Deutschland akhir bulan ini.

Dari segi exteriornya, terlihat banyak sekali perbedaan yang signifikan dengan model Clubsport biasanya. Hal tersebut bisa dipastikan karena mobil ini khusus untuk balap reli saja. Mobil ini dilengkapi dengan Auxiliary Lighting Units pada kap depannya, air scoop di bagian atap, panel pelindung bodi bagian bawah, roll cage yang tentunya memenuhi standar reli, dan yang terakhir tak kalah mengesankannya adalah velg ringan yang dibalut ban all-terrain. Fantastis bukan melihat sebuah Porsche yang siap diajak gelud di atas tanah?

Tapi hal menariknya bukan hanya di bagian luar saja, karena pada sektor dapur pacunya, Porsche tetap mempertahankan mesin bawaan Cayman GT4 Clubsport yang berkubikasi 6 silinder 3.8-liter yang memiliki output sebesar 385 PS (283kw/380hp). Mesin tersebut kemungkinan akan dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan Porsche Doppelkupplung (PDK). Asik nih gak di downgrade.

Namun sayang sekali, Porsche tidak mau membocorkan hal-hal lain lagi selain informasi yang telah disebutkan di atas. Tapi satu hal yang pasti melansir dari carscoopsRomain Dumas, pembalap yang sudah malang melintang dalam ajang reli paling bergengsi WRC yang juga baru mencetak rekor dalam perlombaan Pikes Peak International Hill Climb ini, akan mengendarai sang Cayman GT4 Clubsport versi pengacak tanah nantinya dalam Rallye Deutschland tahun ini.

Kenapa Porsche ingin mencoba mobil ini pada ajang ADAC Rallye Deutschland nanti? Karena dalam perlombaan itu nantinya tim R&D Porsche akan menerima feedback berupa impresi untuk mobil konsep ini dari para petrolheads di seluruh dunia. Nantinya jika feedback yang didapatkan positif, tak menutup kemungkinan kalau Porsche akan membuat versi produksi dari Rallye Concept ini tahun depan. Menariknya lagi, versi produksinya ini tidak akan di limit sama sekali dan juga akan ditambahkan beberapa improvement seperti penambahan donwforce dan juga outputnya. Apakah nantinya kita akan melihat Porsche dalam ajang Paris-Dakar kembali? Kita nantikan update lebih lanjut dari pihak Porsche.

Read Prev:
Read Next: