Honda dan Rakuten Demonstrasikan Robot Pengiriman Otomatis

Honda dan Rakuten Demonstrasikan Robot Pengiriman Otomatis
0  komentar

Autonetmagz.com –  Honda dikenal sebagai produsen mobil yang sebenarnya juga mendalami teknologi robot. Kalian masih ingat dengan Asimo? salah satu robot humanoid yang pernah diperkenalkan Honda, yang sayangnya sudah graduate pada 2018 silam. Kali ini, Honda Motor Co., Ltd. dan Rakuten Group Co., Ltd. mulai melakukan percobaan demonstrasi dari robot pengiriman otomatis ramah lingkungan yang telah dikembangkan bersama sebelumnya. Percobaan ini dilakukan di sekitar asrama Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum yang dimulai pada 19 Juli – 31 Agustus 2021.

Berawal Dari Efek Pandemi

Efek dari pandemi menjadikan kebutuhan untuk pengiriman jarak jauh tanpa kontak fisik meningkat, sedangkan tenaga kerja pengiriman pun terus berkurang karena penurunan angka kelahiran dan populasi orang tua meningkat yang menjadikan ini sebagai masalah sosial khususnya di Jepang. Untuk mengatasi masalah ini, Honda bersama Rakuten meneliti robot pengiriman otomatis dengan memanfaatkan teknologi robotika yang telah diteliti Honda selama bertahun-tahun dengan pengetahuan layanan pengiriman dari Rakuten.

Pada projek ini, Honda memiliki peran dalam pengembangan pesawat dan sistem serta pemeriksaan spesifikasi dan melakukan demonstrasi teknis. Robot ini dilengkapi dengan kotak pengantaran produk yang dikembangkan oleh Rakuten pada sasis yang dilengkapi dengan fungsi pengantaran otomatis yang dikembangkan oleh Honda dengan menggunakan Honda Mobile Power Pack yang digunakan sebagai sumber daya.

Eksperimen demonstrasi ini pun dilakukan dengan dukungan dari New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEITDO). Kedepannya, Honda akan terus berkontribusi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan dengan memecahkan masalah sosial melalui penggunaan teknologi robotika dan lebih lanjut mempromosikan penggunaan energi terbarukan. Caranya adalah dengan memecahkan masalah sosial melalui penggunaan teknologi robotika dan lebih lanjut mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

Bisa untuk Mengurangi Kemacetan

Jika project ini berhasil, bukan tak mungkin dalam waktu yang tak berapa lama, robot-robot kecil ini akan berseliweran di kota-kota besar di Jepang untuk mengantar barang. Konsekuensinya memang selalu ada, yaitu mengenai faktor keamanan yang pastinya tak akan luput dipikirkan baik oleh Honda atau Rakuten. Tapi setidaknya, urusan pengantaran barang ini akan bebas emisi dan bisa juga untuk mengurangi kemacetan. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: