Honda Legend dan Odyssey Segera Pensiun untuk Pasar Jepang

Honda Legend dan Odyssey Segera Pensiun untuk Pasar Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda mengumumkan penghapusan sejumlah kendaraan yang diproduksi di Jepang, diantaranya Honda Clarity, Honda Odyssey versi Asia dan Honda Legend. Dikutip dari carscoops, Honda telah mengkonfirmasi bahwa produksi Honda Legend dan Honda Odyssey akan dihentikan untuk pasar Jepang pada akhir tahun, namun itu tidak akan berdampak untuk pasar Amerika Serikat. Honda Legend dulunya dijual di Amerika sebagai Acura RLX, tetapi sudah di-discontinue pada akhir tahun 2020, sementara Honda Odyssey yang dijual untuk pasar Amerika sangatlah berbeda dengan versi Jepang.

FYI Tentang Honda Legend & Odyssey

Penghentian produksi dari Honda Legend itu sendiri bisa dibilang sangat disayangkan, karena Honda Legend baru-baru ini dilengkapi dengan sistem mengemudi Semi-autonomus Level 3 yang memungkinkan pengendaraan secara hands-free dan memungkinkan untuk berpindah jalur secara otomatis. Model ini juga dilengkapi fungsi Traffic Jam Pilot, yang mengendalikan akselerasi, pengereman, dan gerakan kemudi. Sistem ini dirancang untuk digunakan dalam lalu lintas stop-and-go, Traffic Jam Pilot memungkinkan mobil untuk mengemudi, berhenti, dan melanjutkan mengemudi dalam jalur yang sama sambil mempertahankan jarak mengikuti kendaraan di depan. Honda juga mengklaim pengemudi dapat menonton televisi/DVD di layar monitor tengah atau mengoperasikan sistem navigasi untuk mencari alamat tujuan saat fungsi tersebut sedang aktif.

Sementara untuk Honda Odyssey, baru-baru ini juga mendapatkan facelift pada akhir 2020 dan belum lama ini sudah masuk ke pasar Indonesia pada Februari silam. Honda Odyssy terbaru juga datang dengan beragam fitur terbaru lengkap dengan seperangkat Honda Sensing. Model ini sebenarnya sudah dipasarkan sejak 2013 silam dan sempat mengalami facelift di tahun 2017. Dilihat dari life cycle-nya yang cukup lama, sepertinya wajar apabila model ini akan segera dipensiunkan, mengingat Honda biasanya terhitung cepat dalam memperbaharui model mobil yang dijualnya. Lantas, apakah nantinya Honda Odyssey akan mendapatkan suksesor? untuk saat ini belum ada informasi mendetail mengenai masa depannya. Namun, peluangnya masih 50 : 50 sejuah pengamatan kami. Baik Legend maupun Odyssey produksinya akan diakhiri di Jepang saat Honda menutup pabrik Sayama. Penutupan diumumkan pada 2017 dan, pada saat itu, Honda mengatakan perakitan akan dipindahkan ke fasilitas Yorii yang lebih baru untuk mengakomodinir produksi kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi baru seperti powertrain listrik.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, belum lama ini agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air yaitu PT Honda Prospect Motor tersebut merilis Honda Odyssey versi facelift pada februari silam. Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy, membenarkan bahwa Odyssey merupakan salah satu dari beberapa model yang produksinya akan dihentikan di Jepang. Honda Indonesia, kata Pak Billy, saat ini masih akan memasarkan Odyssey. “Kami tetap menjamin ketersediaan parts dan suku cadang untuk Odyssey,” kata Billy saat diwawancarai Tempo, Jumat (18/6/2021). Entah hingga kapan Honda Prospect Motor akan memasarkan Honda Odyssey di Indonesia, namun kalaupun Honda Odyssey pensiun di Tanah Air, maka ada 2 nama besar di masa lalu yang harus gugur. Yang pertama adalah Honda Jazz, dan berikutnya adalah Honda Odyssey. Sangat disayangkan tentunya. Namun pasar-lah yang membuat hal ini harus terjadi.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: