Honda : Kami Bisa Buat Civic Type R Turbo yang Lebih Galak Lagi

Honda : Kami Bisa Buat Civic Type R Turbo yang Lebih Galak Lagi
0  komentar
honda-civic-type-r-turbo-2015

AutonetMagz.comHonda Civic Type R Turbo adalah mobil yang membuka era baru bagi klan Honda Type-R. Meski tak jarang dicemooh kaum purist Honda karena sudah berturbo dan tidak punya teriakan VTEC yang khas lagi, tapi Civic Type R Turbo bisa membungkam cemoohan tersebut dengan pencapaiannya. Salah satunya adalah diakuinya mobil ini sebagai mobil FWD tercepat di Nurburgring dengan catatan waktu 7 menit 50.63 detik.

Jika anda kira Honda sudah puas, maka anda salah besar. Project leader Honda Civic Type R, Hisayuki Yagi berkata kalau mereka akan segera merancang varian baru Civic Type R yang lebih kencang dan lebih ringan. Ini untuk membuktikan kemampuan Honda sekaligus mengantisipasi kalau ada hot hatch lain yang memecahkan rekornya di Nurburgring.

honda-civic-type-r-turbo-red-side

Pada awal pembuatan Civic Type R, kita menetapkan target untuk menjadi hatchback FWD tercepat yang pernah melahap Nurburgring Nordschleife, dan memang begitu faktanya. Jika seseorang berhasil merampok rekor kami, maka kami akan mengambilnya kembali,” demikian kata Hisayuki Yagi kepada Motor Trend. Semangat amat ya.

Formula yang akan diterapkan tergolong sederhana : kurangi bobot dan tambahkan tenaga. Target mereka, minimal harus bisa lebih ringan 9 kg dan power naik 20 hp. “Semuanya ini tentang power to weight ratio yang lebih baik,” kata Hisayuki Yagi. Ia juga menyampaikan informasi kalau Civic Type R yang diuji di Nurburgring dan dijual di pasaran nyaris sama, bedanya hanya absennya AC dan hadirnya roll cage pada Civic Type R yang memecahkan rekor di Nurburgring.

Honda-Civic-Mugen-RR

To be honest, ini bukan pertama kalinya Honda membuat model yang lebih hardcore melebihi versi Type R. Dulu, Honda meluncurkan Civic Mugen RR yang merupakan edisi spesial. Bisa dibilang, mobil ini punya mesin yang radikal, karena dengan spek 2.000 cc 4 silinder tanpa turbo, tenaganya bisa mencapai 240 hp. Honda hanya membuat 300 unit Civic Mugen RR, dan ada 3 unit asli yang masuk ke Indonesia.

Belum diketahui kapan Civic Type R yang sudah diberi doping ini akan muncul dan apa namanya, tapi kami lebih penasaran lagi, memangnya hot hatch mana yang berniat merebut gelar mobil FWD tercepat di Nurburgring dari Honda? Yang jelas bukan BMW M135i dan Mercedes Benz A45 AMG, karena mereka RWD dan AWD. Kira-kira siapa ya? Sampaikan tebakan anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: