Honda Civic Tourer Dites Keliling 24 Negara di Eropa untuk Mencatat Rekor Guiness

Honda Civic Tourer Dites Keliling 24 Negara di Eropa untuk Mencatat Rekor Guiness
0  komentar
Honda-Civic-Tourer

AutonetMagz.com – Ada yang suka ikutan lomba irit-iritan bahan bakar? Biasanya kalau di sini lombanya dilakukan di jalan tol dengan checkpoint yang sudah ditetapkan dan hanya menempuh jarak puluhan atau ratusan kilometer. Kali ini, tes yang akan dilakukan Honda Eropa akan membuat satu gebrakan besar, karena mereka akan menguji mesin diesel 1.600 cc i-DTEC mereka keliling Eropa sejauh 8.500 mil atau sekitar 13.679 kilometer. Niat banget nih!

Menggunakan Honda Civic Tourer, orang yang akan mengujinya adalah 2 karyawan R&D Honda Eropa. Kedua sukarelawan ini siap menerima tantangan untuk mengemudi rata-rata 595 kilometer per hari dengan masing-masing orang hanya bisa mengemudi selama 7,5 jam saja. Artinya, mobil akan melaju selama 15 jam, dan sisa waktunya bisa untuk istirahat.

mesin-honda-i-dtec-diesel

Apa sih yang mendasari pengujian besar ini? Well, Honda mengklaim kalau mesin diesel i-DTEC mereka adalah salah satu yang paling konsisten soal keiritan konsumsi bahan bakar. Mesin ini bisa ditemukan di Honda Civic dan Honda CR-V. Biar tidak dianggap omong kosong, harus ada yang membuktikannya, makannya tes besar ini dilakukan.

Tim pengendara Honda tersebut akan memulai perjalanan dari Aalst, Belgia pada 1 Juni mendatang dengan tujuan sebagai berikut : keliling ke 24 negara di Eropa searah jarum jam dan kembali ke titik awal 25 hari kemudian, tepatnya pada tanggal 25 Juni dan menyelesaikan jarak tempuh tes sejauh 8.500 mil.

Honda-Civic-Tourer-MPV

Rekor ini rencananya akan dicatatkan di buku rekor Guiness bila berhasil, dan untuk itu ada sejumlah aturan yang harus ditaati. Honda Civic Tourer tersebut harus melewati ke-24 negara yang sudah disebutkan tanpa kecuali, dan untuk mencegah kacaunya hasil tes, tangki mobil akan diisi penuh di tiap checkpoint pengisian bahan bakar yang telah disepakati. Masih ada lagi, yakni logbook perbandingan jumlah bahan bakar dan jarak tempuh, pembacaan GPS, video, foto dan saksi independen yang akan membuktikan kebenaran semua hal tersebut.

“Kami sangat bersemangat dalam percobaan pemecahan rekor ini, tapi kami juga sempat gugup sedikit mengenai tugas yang akan kami jalani. Sejumlah perencanaan sudah kami siapkan dalam menghadapi tantangan ini, dan kami harap kami sukses ketika kembali ke titik awal pada 25 Juni. Kami punya lebih dari 170 jam untuk mempersiapkan segalanya,” kata Fergal McGrath, salah satu pengemudi.

honda-civic-tourer-rear

Wah, kira-kira mereka bisa membuat rekor Guiness yang rumornya bakal dinamai “rekor konsumsi BBM teririt melintasi 24 negara Eropa” atau tidak ya? Semoga berhasil deh. Bagaimana, ada yang mau melakukan lomba irit-iritan BBM yang jaraknya lebih jauh dari ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • prayuda lesmana

    Jadi keinget eksplorasi fortuner dari indo…. kira2 abis berapa duitya buat bensin doang.. :v

  • ojon

    Jd ini uji mesin bensin apa diesel, minyaknya bensin apa solar?

    • Hillarius Satrio

      diesel, udah dikoreksi, makasih

      • ap88

        manual ato matic?