Toyota Jual Scion iA di Kanada Sebagai Yaris Sedan

Toyota Jual Scion iA di Kanada Sebagai Yaris Sedan
0  komentar
Toyota Yaris sedan tahun 2015

AutonetMagz.com – Bagi pengguna Toyota Vios, terutama generasi kedua dan ketiga, ada sebuah common sense yang mengatakan “Vios itu Yaris disedanin” dan memang begitulah kenyataannya, karena di beberapa negara Vios dinamai Yaris Sedan (khusus Jepang dinamai Toyota Belta). Nah, untuk benua Amerika, khususnya Kanada, rupanya Toyota punya kejutan untuk small sedan mereka ini. Kejutan apa memangnya?

Sebelum kami jelaskan, coba anda ingat kembali Scion iA. Itu adalah sedan kecil yang sejatinya berupa Mazda 2 SkyActiv sedan yang dipermak sedikit agar bisa dijual oleh Scion, sub-brand Toyota. Salah satu ubahan yang paling kentara adalah front fascia dari yang beraliran Kodo khas Mazda menjadi keen look milik Toyota dengan kumis di sisi kiri-kanan grilnya. Hasilnya? Scion iA punya front fascia yang jelek.

Toyota Yaris sedan dengan basis Mazda2 SkyActiv sedan hadir di Kanada

Entah apa yang ada di pikiran Toyota, tapi mereka langsung menggunakan Scion iA untuk dijual sebagai Yaris sedan di Kanada. Sumpah, ini bukan hasil tangan-tangan iseng dan jahil dari tim kreatif AutonetMagz yang mengganti logo Scion jadi Toyota, tapi ini benar-benar foto press release yang dipublikasikan oleh Toyota Kanada. Yang jelas, hal ini terjadi memang karena sharing platform dan kerja sama antara Toyota dan Mazda, bukan copycat wajah seperti Avanza baru bermuka HR-V.

Tapi dengan begitu, belum tentu ia akan jadi Yaris sedan atau Vios untuk versi global. Kebijakan Toyota membuat adanya diferensiasi model untuk beberapa pasar menyesuaikan dengan selera dan karakter konsumen di tiap regional. Di Amerika, boleh saja Yaris sedan seperti ini bentuknya, tapi di negara lain, Yaris sedan tetap berwujud Vios yang kita kenal di sini. Di bawah ini adalah contohnya, bandingkan antara Yaris sedan Kanada dan Yaris sedan Timur Tengah.

Toyota Yaris sedan 2015 versi Timur Tengah dan Kanada

Luarnya saja tidak diubah, apalagi dalamnya. Yang dilakukan Toyota Kanada benar-benar hanya membuang logo Scion dan menggantinya dengan logo Toyota, sisanya sama persis dengan Mazda 2 SkyActiv dan Scion iA. Positifnya, konsumen yang membeli Yaris sedan akan mendapat interior yang futuristik dan berkelas ala mobil Eropa seperti Mazda 2 SkyActiv.

Interior dashboard Mazda2 SkyActiv berlogo Toyota ada pada Yaris sedan versi Kanada

Kualitas dan fitur Yaris sedan Kanada tergolong mantap, karena kita disuguhi material soft touch yang lembut dan trimming chrome yang jauh dari kata norak. Fitur standarnya sudah termasuk keyless entry, steering switch control, cruise control, kamera mundur, spion berpemanas dan masih banyak lagi.

head-unit-Toyota-Yaris-sedan

Head unit-nya juga komplit, dengan layar monitor 7 inci dan jog pengatur di dekat rem tangan, Yaris sedan sudah mendukung koneksi bluetooth serta AUX dan punya 2 port USB. Jika ingin mengatur lewat suara, sistem voice command siap membantu. Good job, Toyota! Eh tunggu, ini kerjaan Toyota, Mazda atau Scion ya? Ah, bilang saja hasil kerja sama.

Yaris sedan versi Canada

Mesinnya sama dengan Scion iA, yakni 1.500 cc 4 silinder bertenaga 106 hp. Tidak spesial, tapi ia punya pilihan transmisi manual dan otomatis yang sama-sama punya 6 percepatan. Di transmisi otomatisnya, ia punya lock-up torque converter yang bisa membuat karakter transmisinya lebih responsif jika dibandingkan transmisi matik biasa tanpa komponen tadi. Jika ingin yang lebih memuaskan, aktifkan saja mode sport di dekat tuas transmisi.

Toyota Yaris versi sedan di Canada

Toyota Yaris sedan baru akan sampai di dealer-dealer Toyota Kanada pada akhir tahun ini. Dengan ini, rumor bahwa Toyota Yaris next-gen bakal berbasis Mazda 2 SkyActiv rasanya bukan kabar burung lagi. Nah, bagaimana konsumen Indonesia, lebih pilih Vios yang ada sekarang atau ingin Yaris sedan yang ini? Sampaikan komentarmu di bawah ini!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafli Santosa

    Mungkin g Scion masuk ke indonesia

    • ap88

      gak mungkin krn atpm scion gak ada di indo

      • Rafli Santosa

        Seenggaknya sama lah harganya sama toyota daripada sama lexus. Mobil scion juga model bagus g kelihatan murahan

    • Hillarius Satrio

      nggak mungkin, Scion kan untuk pasar mamarika doang

    • subaru

      Mungkin… Import emblemnya pasang di M2…

    • Rafli Santosa

      Tapi klo masul indo cukup bersaing dg merek jepang lainnya sekalipun dg toyota. Karna di indo sendiri butuh mobil dg harga toyota tapi kualitasnya kayak lexus

      • ap88

        gimana caranya?toyota aja udah pada mahal2

        • Rafli Santosa

          Seenggaknya sama lah harganya sama toyota daripada sama lexus. Mobil scion juga model bagus g kelihatan murahan

          • ap88

            iya juga sih asal jgn dipegang ama asutra,nanti ada acara khitanan massal nya,lewat garansindo boleh lah krn ahlinya impor kendaraan dari amerika jadi bisa lah impor scion dari amrik

    • Walter White

      Scion dari awal di ciptakan untuk pasar amerika utara. Rasanya kecil sekali kemungkinan untuk masuk indonesia. Kecuali via IU, itu pun akan ada kesulitan karena untuk posisi stir ada di sebelah kiri.

  • ap88

    seandainya eksteriornya yaris indo dan interior yaris usa bagus bgt nih mobil,perfect dah

  • antman

    Mungkion scion ini jelek… tp seenggaknya ga ada spec down buat mobil2 di ameriki… hihihi

  • prayuda lesmana

    Modelnya cukup lah…
    mungkin headlampnya jngan modal diamoncut doang, kasih proyektor, sama led drl di headlampnya cocok nih…

  • Vebryto

    Mazda 2 lele?

  • jokodok

    benar2 tak berjati diri desainnya :((

  • Ardhie Yoodha

    vios untk kanada bagus’a kyak vios asia tapi mesin’a skyactive milik mazda… Jangan cuma jiplak aja..

    Kyak avanza yng buat + desain daihatsu,, cuma xenia ganti logo + dibuat mewah ala toyota jdi yng untung toyota,, tpi apa avanza xenia nnti kmbar lgi stelah avanza 2015 bocor kmaren??

  • aldrianrey

    dashboardnya mazda 2 GT ya? apa dia common part?

  • Dims

    Nah ini yg gw bingung,kenapa toyota gak bikin yaris 3rd gen versi sedan???? Dan kalau emang enggak mau bikin,knp gak ambil vios versi kita aja,udah jelas kan merk sendiri gak cm rebadge dr mazda.

    • Hillarius Satrio

      orang sana belom tentu suka model sini. gue kan udah bilang ada diferensiasi model

  • Dik

    Seandainya vios indo seperti ini.. tp sayang jg kalo dijadikan taksi limo. Coba dong bung hilsat or bung ridwan bikin rendering nih mobil jadi taksi limo dengan ubahan velg steel, dan chrome”an nya diubah jadi hitam dop

  • Maculmania

    Wah jatidirinya makin keliatan..kaya Lele! bikin yg manis tapi maskulin kaya Fiesta dong…

  • disqus_9YOz1iCexg

    Jelek banget itu muka