Honda Insight 2019 Hadir Untuk Jaga Karakter Civic

Honda Insight 2019 Hadir Untuk Jaga Karakter Civic
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada gelaran North American Internattional Auto Show alias NAIAS, Honda memutuskan untuk membawa kembali nama Honda Insight dan diperkenalkan kembali dalam wujud sedan 4 pintu. Status mobil ini masih prototipe, namun sekilas pandang ia punya desain yang gurih dan sedap, tidak seperti Insight lama yang desainnya ajaib. Insight baru ini tidak berusaha untuk futuristik atau aneh, ia berusaha normal tapi tetap keren. Desainnya ada aroma sedan-sedan Audi.

Kalau dari bentuk, ia memang mirip dengan Civic dan Accord, khususnya Civic. Apa jadinya ini hanya sedan bermesin Civic yang dikasih sistem hybrid? Kenapa tidak langsung bikin Civic Hybrid saja kalau begitu? Honda, yang diwakilkan oleh Henio Arcangeli menjelaskan kepada Wards Auto kalau mereka sengaja membuat Honda Insight supaya imej Civic tidak ternodai. Lho, maksudnya bagaimana ini?

Civic itu ringan, sporty dan fun to drive, dan kalau kita menambahkan sistem hybrid dan kelistrikan di Civic, saya rasa karakter Civic bakal hilang semuanya, jadi menurut kita lebih bijak untuk memperkenalkan kembali nama lama dan dibuat sebagai mobil baru,” katanya. Masuk akal, dan ia menambahkan kalau ini sengaja demi membuat Honda Insight lebih dikenali, karena banyak yang meminta adanya Civic Hybrid. Nah, yang mau Civic Hybrid nanti bisa lari ke Insight.

Nantinya, Honda Insight varian tertinggi akan mendapatkan panel instrumen full LCD dengan layar 7 inci, termasuk display head unit 8 inci yang sudah komplit dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Bicara teknologi, Insight akan menggendong mesin 1.500 cc 4 silinder yang dijejali siklus Atkinson, bukan siklus Otto seperti mesin biasanya, baterai lithium-ion dan sebuah motor listrik sebagai pilihan jantung hybrid standarnya.

Sayang, Honda belum bilang apa-apa soal performa dan spesifikasi detailnya. Honda hanya bilang kalau mereka memprioritaskan tenaga listrik di Honda Insight dengan efisiensi BBM lebih dari 21,2 km/liter. Tidak spesial ya? Semoga sistem hybrid Honda ini baru, bukan seperti yang mereka pakai di F1, atau minimal mereka bisa tiru cara kerja Freed hybrid atau Clarity hybrid yang pernah kami coba. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: