Wajah Baru Honda Brio 2018, Pilih Versi India Atau Indonesia?

by  in Berita&Honda&Komparasi
Wajah Baru Honda Brio 2018, Pilih Versi India Atau Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – New Honda Brio sudah dipasarkan di tanah air saat ini, dan bahkan di bulan oktober kemarin pihak Honda Prospect Motor (HPM) meraih capaian 6,700 unit lebih dalam hal penjualan. Kemunculan dari New Honda Brio di Indonesia sendiri sedikit banyak sudah bisa diprediksikan, bukan hanya karena kemunculan Honda Small RS di bulan April silam, namun juga munculnya Honda Brio terbaru di India yang kita kenal dengan nama Honda Brio Amaze yang berwujud sedan.

Nah, yang menarik, sejatinya Honda Brio dan Honda Brio Amaze punya wajah yang identik di generasi pendahulunya, namun tidak saat ini. Kalau kalian disuruh memilih, kalian pilih yang mana? Nah, kita mau coba bandingkan pada beberapa bagian yang krusial.

1. Eksterior

Ada pepatah bahwa jangan menilai buku dari cover-nya, dan biasanya banyak orang bijak akan menganalogikannya pada banyak hal, termasuk pada mobil. Namun jujur, faktor desain eksterior adalah salah satu faktor yang esensial bagi penentuan keputusan konsumen untuk membeli atau tidak. Sehingga, pepatah itu nampaknya tak bisa sepenuhnya diterapkan pada pemilihan mobil. Toh cinta itu dari mata turun ke hati kan? Eaa. Oke, Secara desain, New Honda Brio versi Indonesia memang lebih ‘masuk’ dengan kriteria orang Indonesia kebanyakan, karena desain depannya yang mengambil rupa dari Honda Mobilio dan dikombinasikan dengan bumper Brio lawas. Sedangkan New Honda Brio Amaze di India menggunakan wajah yang sepenuhnya baru, dan memang kalau disuruh mencocokan dengan selera Indonesia, nampaknya memang akan susah.

Di bagian ini juga terlihat bahwa New Honda Brio versi Indonesia sangat condong ke tema sporty, agak sedikit berbeda dengan New Honda Brio Amaze di India yang ingin menggali sisi elegan dari sebuah sedan kecil. Perbedaan penggunaan aksen hitam di New Honda Brio, dan aksen krom di New Honda Brio Amaze juga menunjukkan hal tersebut. Selain itu, jika kita sama – sama melihat buritan keduanya ada sebuah perbedaan dalam tarikan garisnya, dimana New Honda Brio di Indonesia lebih membulat, sedangkan New Honda Brio Amaze menggunakan tarikan garis yang mengotak dan lebih tegas. Tapi, kalau kalian perhatikan, lampu belakang keduanya cukup identik.

2. Interior

Nah, jika di bagian eksterior nampaknya banyak orang yang akan condong ke New Honda Brio versi Indonesia, bisa jadi untuk urusan interior bakal beda cerita. Seperti yang kita tahu, New Honda Brio versi Indonesia hadir dengan interior yang nyaris tak berubah jikalau dibandingkan dengan versi sebelumnya. Secara desain, tak ada yang salah, namun memang agak kurang wah saja karena memang desain serupa digunakan di versi lawas. Jika mau dicarai – cari, ubahan paling kasat mata adalah penambahan aksen orange di dashboard-nya, dan kursi yang headrest-nya akhirnya terpisah. Sedangkan New Honda Brio Amaze? Sama seperti eksteriornya, interior dari mobil ini berubah cukup masif. Dan sejujurnya, kami sendiri lebih menyukai interior milik New Honda Brio Amaze di India.

Secara bentuk dan tatatanan, dashboard dari New Honda Brio Amaze di India mengingatkan kami pada dashboard milik Honda CR-V Turbo, hanya versi lowbudget saja. Mulai dari penempatan kisi AC di atas head unit yang berkesan in-dash dengan laburan warna piano black, hingga bentuk tombol – tombol AC yang senada dengan milik sang kakak. Selain itu, desain setir pun sepenuhnya berbeda dengan milik New Honda Brio versi Indonesia, dan malah lebih mirip dengan milik Honda Jazz GK5 dan Honda HR-V. Sedangkan perihal perpaduan warna, New Honda Brio Amaze memberikan warna beige yang lebih cerah.

3. Fitur Dan Mesin

Pada bagian ini, bisa kami katakan bahwa keduanya memang menunjukkan kelas dimana keduanya berada. Yap, sebagai small hatchback dan small sedan, maka jelas urusan fitur bukanlah sebuah hal yang diutamakan. Beberapa kelengkapan seperti ABS, EBD dual airbag, ISOFIX, sensor mundur, dan kamera parkir memang menjadi sebuah hal yang wajar untuk didapatkan, tergantung pada varian. AC Digital, steering switch control, power outlet, dan juga panel instrumen dengan MID pun sudah diberikan di New Honda Brio dan New Honda Brio Amaze. Hanya saja, untuk MID, dan layar sistem infotainment, nampaknya New Honda Brio Amaze lebh unggul dengan desain dan fitur yang lebih lengkap. Sistem Infotainment milik New Honda Brio Amaze sudah mendapatkan Apple Carplay dan Android Auto, plus Navigasi.

Sedangkan untuk mesin, New Honda Brio versi Indonesia masih ditawarkan dengan mesin 1.200cc i-VTEC yang juga digunakan di versi lawas. Sedangkan New Honda Brio Amaze pun menggunakan mesin serupa, hanya saja ada tambahan mesin 1.500cc i-DTEC Diesel yang bertenaga 100 ps dengan transmisi manual dan diklaim punya konsumsi BBM mencapai 27,4 km per liternya, amaze-zing. Nah, namun memang cukup masuk akal mesin ini dijual di India, karena di sana mesin diesel cukup digemari, sedangkan pihak HPM ogah berjudi dengan mesin serupa untuk mobil kecil di tanah air. Ya, karena tak umum saja bagi konsumen di tanah air.

4. Harga

Nah, kita sampai di bagian terakhir yang kami bandingkan kali ini. Dengan mesin yang sama, tampang berbeda, segmen berbeda, dan juga sama – sama diproduksi lokal di negaranya masing – masing, lalu apakah ada selisih harga antara keduanya? Untuk New Honda Brio yang dijual di Indonesia ada dua tipe, yaitu New Honda Brio Satya yang masuk di kelas mobil murah, LCGC dan juga New Honda Brio RS. Sedangkan New Honda Brio Amaze dijual dalam 3 trim, yaitu Trim E untuk varia bawah, trim V di tengah, dan trim VX untuk versi termahal, dengan masing – masing memiliki opsi mesin diesel dan bensin serta transmisi manual dan CVT kecuali trim E dan VX. Untuk New Honda Brio, dijual dari harga 139 jutaan untuk versi termurah dan 190 juta untuk varian termahal, OTR Jakarta.

Sedangkan untuk New Honda Brio Amaze sendiri dijual dengan harga termurah di angka 580.500 Rupee atau setara dengan 118,9 jutaan untuk trim E Bensin Manual, dan 810.500 Rupee untuk varian termahal, yaitu tipe V CVT yang setara dengan 166,1 jutaan Rupiah. Sedangkan opsi bermesin diesel dari New Honda Brio Amaze dijual dengan harga termurah 690.500 Rupee atau setara dengan 141,5 jutaan Rupiah hingga varian termahal tipe V CVT dengan banderol 910.500 Rupee atau setara 186,7 jutaan Rupiah. Jadi? Bisa kami simpulkan secara kasar bahwa harga New Honda Brio di tanah air kurleb sama dengan New Honda Brio Amaze Diesel di India, cuma lebih mahal saja versi Indonesia. Banyak faktor tentunya yang membuat adanya perbedaan harga, khususnya dalam hal pajak dan produksi.

Nah, jadi setelah membandingkan kedua wajah baru New Honda Brio baik di India maupun di Indonesia, kalau kalian lebih suka yang mana? Apakah New Honda Brio versi Indonesia yang sporty itu, atau malah New Honda Brio Amaze yang ada di India? Yuk sampaikan komentarmu.

Read Prev:
Read Next: