Honda HR-V dan Jazz Sudah Selesai Disiksa Euro NCAP, Raih Skor Memuaskan Dengan 5 Bintang

Honda HR-V dan Jazz Sudah Selesai Disiksa Euro NCAP, Raih Skor Memuaskan Dengan 5 Bintang
0  komentar
honda hr-v crash test

AutonetMagz.com – Dua dari sejumlah model jualan Honda di Eropa, yakni Honda HR-V dan Honda Jazz baru saja menyelesaikan tes pembuktian rating keselamatan di Eropa yang kita kenal sebagai Euro NCAP. Hasilnya memuaskan, mereka bisa mengikuti saudaranya, yakni Honda CR-V dan Civic yang sudah dites duluan, karena baik Jazz dan HR-V sama-sama memperoleh 5 bintang layaknya Civic dan CR-V.

Saat dites tabrak bagian depan, ada dua sesi yang dijalani, yakni sesi frontal offset crash test dengan kecepatan tabrak 64 km/jam dan hanya 40 persen bagian depan mobil yang ditabrakkan, dan sesi kedua adalah full width test di mana semua bagian depan mobil ditabrakkan ke tembok dalam kecepatan 50 km/jam. Sesi tabrak lainnya termasuk side impact, pole test, pedestrian safety dan lain-lain.

honda hr-v side pole crash test

Hasil perlindungan HR-V bagus, karena perlindungan penumpang dewasa mencapai 86%, penumpang anak-anak di 79%, pejalan kaki 72% dan fitur safety 71%. Sementara Honda Jazz justru lebih bagus, karena perlindungan penumpang dewasanya mampu hingga 93%, penumpang anak-anak di 85%, sementara untuk pejalan kaki dan fitur safety sama seperti HR-V,yakni 73% dan 71%.

Perlu diingat, Euro NCAP tidak akan memberikan 5 bintang jika mobil yang dites tidak punya fitur autonomous braking. Di sinilah Honda menyadarinya, karena baik Jazz atau HR-V punya City-Brake Active system (CTBA), yakni sejenis rem otomatis yang mirip dengan Active City Stop-nya Ford atau SCBS-nya Mazda. Sistem CTBA Honda mengandalkan sistem laser yang bisa membaca jalanan.

honda jazz frontal crash test

Di varian menengah ke atas Jazz dan HR-V versi Eropa, sudah terpasang seabrek fitur keselamatan seperti Forward Collision Warning, Traffic Sign Recognition System, Intelligent Speed Limiter, Lane Departure Warning dan High-beam Support System. Sekedar info, Honda Jazz adalah hatchback kedua yang mendapat bintang lima pada pengetesan Euro NCAP tahun 2015.

honda jazz side pole crash test

Ingat, itu untuk Honda Jazz dan HR-V versi Eropa ya, di sana sudah lengkap fitur keselamatan dan pencegahan kecelakaannya. Jelas sih, dibandingkan versi Eropa, versi Indonesia benar-benar terkesan ala kadarnya dari segi fitur keselamatan, apalagi yang varian terendah. Penasaran dengan video tes tabrak Honda HR-V dan Jazz? Simak video di bawah ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Cak Dri

    Disini dah standardnya di sunat dulu. Harganya gak kebeli… pajak dah mahal… Semua dipajaki. Boro boro dapat insentif…

    • evan

      setuju amat honda memang terlalu mahal

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Baguslah bintang 5, yg katanya CX-3 fitur safetynya lengkap dr pada honda kok cuma dpt bintang 4?

    • Hillarius Satrio

      Mazda CX-3 di eropa nggak punya autonomous braking, makannya cuma 4 bintang

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Lucu jg, adeknya mazda2 GT aja dah ada SCBS, dan itu pun bisa didapatkan di negara2 yg suka kena sunat2an (if you know what i mean)

        • Gamas K G ™

          Di eropa, SCBS mazda buat CX-3 ama 2 itu fitur optional, ga kyk disini

  • imamyudha

    mas hilsat bisa bikin artikel tentang “NCAP”, dari beberapa artikel tentang hasil tes tabrak dan review banyak pembaca yang belum bisa membedakan standar NCAP dari eropa, asia, amerika, dll. semua disama ratakan. contoh toyota agya yg di asia NCAP dapet bintang 4 disamain sama mazda 2 yg juga dapet bintang 4 di euro NCAP.

    • 206er

      Ide bagus.

      Sekalian pendidikan otomotif untuk pembaca baru.

      Jadi perbedaan antara euro ncap, Asean ncap, Australian ncap sama nhtsa

      Karena masing-masing standar ada bedanya dan tidak bisa disamaratakan

    • Hillarius Satrio

      boleh, kita kumpulin dulu referensi dan rating semua ncap-ncap terus kita jadiin artikel

  • Astaghfirullah

    jangan2 all new pajero sport mau masuk pasar eropa jadi dipakaikan Autonomous Braking,kalau begitu caranya bisa dapat 5 bintang tuh

    • Mark Buana

      yg buatan dan untuk dijual di thailand fitur nya seperti ada di mazda skyactiv indo
      tp masuk indo ga ada

  • Maftuh Adin

    Honda memang selalu peduli keselamatan customer

    • gokujin

      customer di negara mana dulu.. di indo mah honda cuman peduli duit customer.. LOL

      • Ke_In

        semua customer lah.. di Honda yg disunat paling fitur fitur sama kualitas material interiornya doank.. klo standar keselamatanny mah gk kena sunat