Detail Mazda RX-Vision Versi Produksi : Pakai Sasis MX-5, Mesin SkyActiv-R Dirancang 50 Engineer Spesialis Rotary

Detail Mazda RX-Vision Versi Produksi : Pakai Sasis MX-5, Mesin SkyActiv-R Dirancang 50 Engineer Spesialis Rotary
0  komentar
mazda rx vision tokyo motor show

AutonetMagz.com – Bincang-bincang dengan Masamichi Kogai, CEO Mazda sepertinya menjadi kegiatan favorit para jurnalis otomotif internasional belakangan ini. Bagaimana tidak? Mazda bisa dibilang telah memenangkan Tokyo Motor Show kemarin dengan kehadiran Mazda RX-Vision barunya, yang diklaim adalah konsep mobil sport rotary penerus RX-7 dan RX-8. Karena banyak konsumen menanti hal ini, bukan hal aneh jika Masamichi Kogai dicecar banyak pertanyaan.

Utamanya, soal mesin rotary yang diklaim bernama SkyActiv-R itu sedang dikorek-korek detailnya. Mengutip dari Carscoops, mesin rotary baru yang bakal menjadi nyawa RX-Vision memang berkode 16X, alias 800 cc twin rotor. Mesin baru itu sudah dibangun oleh 50 engineer spesialis mesin rotary selama 8 tahun terakhir.

mazda rx vision interior

Menurut Masamichi Kogai, mesin rotary tersebut belum siap karena belum mencapai target performa yang ditentukan Mazda.”Kita bermimpi, suatu hari nanti mesin rotary ini bisa mencapai level performa yang diinginkan konsumen kita. Mazda punya fans mesin rotary, dan mereka tidak akan puas kalau dikasih mesin rotary lama yang sama seperti sebelumnya,” ujar Masamichi-san.

Kalau menurut anda 50 engineer itu terlalu sedikit untuk membuat mesin rotary baru, Kiyoshi Fujiwara selaku kepada R&D Mazda tidak demikian. Jumlahnya memang sedikit, tapi mereka punya dedikasi tinggi terhadap mesin ini. “Semua engineer yang berjumlah 50 orang itu memang mau membuat mesin rotary, makannya mereka bergabung dengan Mazda. Kalau saya hentikan pengembangan mesin rotary, mereka pasti akan keluar,” kata Fujiwara.

mazda rx vision rear

Menurutnya, 50 engineer berdedikasi tinggi ini cukup untuk diberikan tugas berat untuk memusnahkan kekurangan mesin rotary, yakni boros BBM, boros oli, emisi kotor, tidak tahan banting dan lain sebagainya. Oh ya, sasis Mazda RX-Vision versi produksi diklaim sama dengan MX-5, tapi dibuat lebih rigid supaya mampu menahan tenaga yang melonjak drastis.

Jadi, di sinilah kita berada. Iya, mobil sport rotary Mazda pasti akan kembali, tapi belum ditentukan kapan ia benar-benar akan kembali dan siap menghunus pedang ke Honda NSX, Nissan GT-R dan Toyota Supra seperti saat Mazda RX-7 muncul. Tinggal kita doakan saja semoga 50 engineer itu bisa mewujudkan mimpi kita bersama. Apa kamu juga menunggu mobil sport rotary baru dari Mazda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • bukansales

    Bakalan epic nih sepertinya nanti pas rilis

  • farid

    Ternyata 50 engineer mesin rotary mazda yg mayoritas orang jepang gak pernah menyerah mengembangkan mesin rotary yg lebih baik dari sebelumnya,salut sama kerja keras mereka

  • Ade Astina

    kalau ane punya ijasah tenik mesin, ane pasti apply jadi insinyur rotary-nya mazda

    • Hillarius Satrio

      sepakat… hehehe