Honda : Berita CVT Buat Honda Civic Type R Itu Keliru!

by  in Honda&International
Honda : Berita CVT Buat Honda Civic Type R Itu Keliru!
0  komentar

AutonetMagz.com – Adalah berita dari Car Magazine versi cetak edisi November 2016 bahwa Honda Civic Type R 2018 digosipkan akan memakai CVT. Tentu saja banyak yang tidak terima, ngapain mobil seperti Honda Civic Type R 2018 pakai transmisi CVT? Hot hatch di kelasnya macam Mercedes-AMG A45 dan VW Golf GTI saja pakai kopling ganda, dan tidak ada alasan buat Honda mengatakan tidak punya teknologi kopling ganda. Honda NSX pakai kopling ganda lho.

Kalimat yang menjadi indikasi CVT buat Honda Civic Type R adalah : Tenaga akan tersalur via transmisi 6 percepatan manual, dengan rasio gigi yang disetting rapat. Tidak ada indikasi akan hadir girboks kopling ganda buat Civic. Pilihan yang diumumkan adalah CVT saja. Car Magazine berbicara kepada 3 perwakilan Honda soal ini, ketiga petinggi tersebut adalah Mitsuru Kariya, kepala engineer Honda Civic, lalu kepala desainer Daisuke Tsutamori dan bos Honda Eropa, Katsushi Inoue.

Banyak fans Honda Type R yang langsung salah kaprah menduga Civic Type R akan pakai CVT (termasuk saya), namun rupanya ada sedikit kesalahpahaman. Girboks CVT yang dibilang di atas itu merujuk kepada Honda Civic biasa, bukan Honda Civic Type R 2018. Tidak ada ceritanya Honda Civic Type R pakai CVT, sekaligus mengonfirmasi kalau girboks otomatis buat Civic hanya akan ada dalam bentuk CVT, bukan torque converter apalagi DCT.

Forum VTEC.net sudah mengonfirmasi kepada Sage Marie, juru bicara Honda Amerika merangkap Senior Manager Automobile Public Relation. Honda Civic Type R 2018 hanya akan ditawarkan nanti dalam transmisi manual 6 percepatan saja, tidak akan ada yang namanya CVT buat Civic Type R. Jadi, berita dari Car Magazine itu bukan berita bohong, namun hanya sedikit menimbulkan salah pengertian saja akibat adanya misinformasi yang agak ambigu.

Honda Civic Type R 2018 kemarin di-preview di Paris. Basisnya Civic hatchback, namun dibuat lebih bengis. Nah, di balik kap mesinnya, akan duduk manis mesin 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo berkode K20C1 yang sekarang juga ada di Honda Civic Type R Turbo FK2. Minimal, 310 hp dan 400 Nm ada di lembar spek mesin.

Honda Civic Type R 2018 akan membawa 3 elemen dasar : Penggerak roda depan (FWD), Limited Slip Differential (LSD) di depan, dan titik berat (Centre of Gravity) yang lebih rendah daripada Honda Civic Turbo sedan dan hatchback. Syukur deh kalau tidak pakai CVT, lega rasanya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: