Honda Daftarkan Model Bernama UR-V, Calon SUV Termewah Baru?

Honda Daftarkan Model Bernama UR-V, Calon SUV Termewah Baru?
0  komentar
honda ur-v registration

AutonetMagz.com – Dengan meledaknya model SUV dan crossover di seluruh dunia, semua pabrikan mobil berlomba-lomba menghadirkan SUV yang mampu memikat pelanggan selama tren ini masih berlanjut. Mau dari harga yang murah sampai yang sudah persetan soal uang, selalu ada SUV atau crossover di rentang harga betapapun, mulai dari Renault Kwid hingga Bentley Bentayga. Sadar dengan kondisi ini, Honda rencananya akan memperkaya jajaran SUV/crossover mereka.

Kami tidak membicarakan soal Honda WR-V yang konon katanya tengah dibangun di Brazil dengan menggunakan basis Honda Jazz, tapi kami berbicara tentang mobil baru. Yup, karena belum lama ini di China, Honda sudah mendaftarkan nama UR-V yang diklaim bakal muncul sebagai SUV termewah Honda, begitu menurut Autohome. Bisa ditebak, UR-V pasti singkatan dari Ultimate Runabout Vehicle, Ultimate Revolutionary Vehicle atau sejenisnya.

Honda-Concept-D-Samping

Setidaknya begitu jika melihat dari penamaan SUV Honda, meski ada FR-V yang bukan berbentuk SUV atau crossover. Selain itu, bisa diklaim bahwa UR-V akan berformat 7 seater, tapi bukan SUV unibody seperti Honda Pilot misalnya. Soal model, banyak yang mengklaim akan berdasarkan pada Honda D Concept yang dipamerkan di Shanghai Auto Show tahun lalu, tapi karena ini klaim, jangan dianggap sudah fix ya.

Mesin diklaim akan menawarkan pilihan antara 2.000 cc dan 2.400 cc, tapi tanpa turbo, alias beda dengan Honda Jade RS, Civic Turbo dan StepWGN baru yang sudah berturbo semua. Dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, pilihan penggerak bagi UR-V nanti adalah FWD dan AWD. Sumber yang sama melaporkan bahwa UR-V kemungkinan hanya untuk pasar China saja, karena akan diproduksi di pabrik hasil kerja sama Guangzhou-Honda.

Acura SUV-X concept

Tapi Honda tidak hanya melakukan penambahan model untuk mobil berlogo H saja, melainkan untuk yang berlogo A juga. Ya, maksudnya Acura, di mana Acura tengah mempersiapkan crossover bernama CD-X yang menggunakan basis HR-V… Atau lebih tepat dibilang basisnya Honda Jazz karena HR-V itu basisnya Jazz? Diklaim, CD-X akan bersaing dengan BMW X1 dan Mercedes Benz GLA. UR-V diperkirakan muncul akhir tahun ini, sementara CD-X tampil sekitar 1-2 tahun lagi.

Mana yang lebih kamu tunggu? CD-X atau UR-V? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Ryan

    Diatasnya Pilot & bukan ladder frame ? Kemungkinan besar basisnya dari Legend. Tapi ya masa mesinnya sama 3.5 V6 ?
    Bisa jg dibuat spt LandCruiser & LC Prado. Yg satunya lebih “soft”

    • Levi

      Emang Honda ada yg ladder frame yak ?

      • Always35

        Salah alamat bawa2 ladder frame dengan honda wkwkwk cmiiw

        • Levi

          Wkwkwkwk ? double cabin honda aja monocoque ???

          • unyuk

            ga masuk ama prinsip “man maximum machine minimum” mereka kalo pake ladder frame mah..

          • Levi

            Masalahnya Monocoque gak cocok buat medan berat gan, bukan prinsip kek gituan

          • unyuk

            terlepas kontekstual penggunaan ladder-fram or monocoque utk medan berat, Honda emang punya prinsip itu.. carilah honda yg pake ladder frame di masa kini…
            even, si Honda Redgeline pick up semi heavy duty aja pake monokok..
            alasan lainnya ya cost R&D dan produksi kalo kudu bikin ladder frame lagi mah…

            gitu boss…

          • Levi

            Tp gw msh penasaran, emg kenape ya monocoque dibilang gak cocok diajak kerja rodi ?

            Apa sasisnya bs peyok atau gmn ya ?

          • unyuk

            hehe..

            cocok aja sih, cuma mungkin umur pakainya gak selama ladder frame (klo dibandingkan apple to apple)

            mgkn cenderung lebih mudah penyok iya, karena rancang bangun yg menyatukan sasis&bodi biasanya menggunakan bahan yg kurang lebih sama dengan struktur bodi.. kalo ladder frame kan ada jarak tuh (antara bodi & sasis)..
            jadi kalo diajak main offroad bagian bawahnya nubruk sesuatu, ladder frame yg kena sasisnya doang, klo monokok ya kena sasis berarti kena bodi jugo..

            dari penampakan bin kasat mata aja udahbisa keliatan kan bos.. dari dan di mana sasisnya banyak diaplikasikan sesuai dengan fungsinya: sasis truk (ladder frame) vs. sasis sedan (monokok)..

            maka karakternya
            ladder frame: kaku, berat, tangguh
            monokok: dinamis, ringan, gak setangguh ladder frame

            skrg kan ada ladder frame juga yg semi monokok, coba liat BMW i series, bodi diletakkan di atas rangka sasis, tapi ya materialnya carbon fibre dan mengikuti lekuk desain (bukan logam batangan ala sasis truk pada kebanyakan mobil pake ladder frame) dan penggunaannya bukan utk medan berat juga, lebih kepada struktur yang pas untuk sebuah electric car… hehe…

          • Levi

            Mantap penjelasannya agan, gw ksh 2 jempol ??

          • Always35

            Sasis bus juga ada yg monocoque lohh, kebanyakan buat pemakaian dalam kota aja.

            Ada lagi tipe space frame, sasis dibagi 2, depan (kompartemen driver) dan belakang (mesin). Nah menyambungkannya pakai pipa tubular khusus jadi memaksimalkan ruang bagasi tengah bus. Mirip2 semi monocouque sih. Kalo ladder frame kan di bagasinya ada penghalang karena sasisnya itu.

          • unyuk

            yeup… nuhun tambahannya 🙂

  • Aryo Wicaksono

    ada isu UR-V khusus pasar Cina aja. lihat aja tulisan di atas cuma pakai huruf kanji, nggak ada huruf hiragana dan katakana sama sekali. UR-V yang emas boleh juga, yang warna pink nggak banget, deh.

    • farid

      yg warna pink itu acura CDX alias saudara premiumnya HRV,walau pake brand premium acura apa mungkin build quality nya sama atau lebih bagus dibanding HRV apalagi HRV disini.soalnya honda kalau bicara fitur lumayan lengkap tapi soal build quality kurang,malah sering recall

  • Adamgus

    Urv pake d-concept terus 7-seater…. yg duduk di baris tiga siapa….

    Dari bentuknya dan kalo 5-seater mungkin sekelas sama x4

  • haikal fahmi almaidani

    CD-X? UR-V?

    Wah. Banyak amat ya variannya.

  • Javaneshe

    You are V ,opooooo kuiii

  • nama akun ini disensor

    tinggal arv drv erv irv jrv krv lrv mrv nrv orv prv qrv srv trv vrv zrv yg belum

  • namaku bukan anakmu

    curiga pilot yang diubah styling nya ala honda2 china lainnya.. paling possible sbgai flagship.. look at xr-v (si hr-v versi tiongkok), elyssion (odyssey versi tiongkok), dan masih banyak lagi yg dipermak dengan rumus begitooh..

    soalnya kalo pake platform baru costly banget, secara produk cina kapitalis banget lah R&D nya..

    hmmm.. padahal saya suka turbo #ganyambung

  • Ridhoo

    MADE IN CHINA !

  • Evan Nsas

    ya ampun sejarah honda makin jelek. jangan2 ada yang masalah kena recall