Honda Civic 2016 Masuk TPT, Pakai Mesin 1.500 cc Turbo!

by  in Berita&Honda
Honda Civic 2016 Masuk TPT, Pakai Mesin 1.500 cc Turbo!
0  komentar

Civic Turbo Indonesia 1.5 2016Jakarta, AutonetMagz – Meskipun belakangan ini Honda mengatakan bahwa pasar Asia Tenggara belum siap dengan mesin turbo, ternyata ucapan tersebut sepertinya hanyalah bualan belaka Honda saja, karena ada kabar gembira bagi kita semua yang mungkin baru kecewa dengan tutupnya salah satu pabrikan pelopor mesin turbo bensin, yup Honda Civic terbaru yang akan meluncur di Indonesia akan menggunakan mesin 1.500 cc turbo!

Berdasarkan situs TPT Kemenperin, tercatat Honda Prospect Motor mendaftarkan izin untuk Honda Civic 1.5 TC CVT ES pada tanggal 22 Januari silam.Β Dan Honda Civic model terbaru memang memiliki pilihan model mesin 1.500 cc turbo seperti halnya di Amerika, meskipun perlu diakui ada kata CVT yang mengganggu di ujungnya.

Baca juga :Β Kepala R&D Honda : Sepertinya Pasar Asean Belum Cocok Dapat Mesin Turbo Sekarang

Honda-Civic-1500-cc

Mesin 1.500 cc turbo terbaru milik Civic tercatat memiliki tenaga sebesar 174 Hp dan torsi 219 Nm yang didapatkan di putaran rendah. Tenaga ini sedikit lebih kecil dibandingkan tenaga mesin Ford Focus 1.500 cc Ecoboost yang menghasilkan tenaga maksimal di 180 Hp dan torsi 240 Nm. Setidaknya mobil ini bisa menjadi penawar untuk anda yang sedang mengidamkan sebuah Ford Focus Ecoboost 1.500 cc.

honda-civic-2016-merah-red-front

Honda Civic terbaru memang beberapa kali tertangkap kamera sedang melakukan uji coba di Thailand, dimana di negara tersebut pun mobil ini juga masih belum diluncurkan. Jika memang benar mobil ini akan diluncurkan beberapa saat lagi, tentunya kami sangat gembira mendengar Honda melanjutkan estafet mesin bensin turbo yang dimulai oleh Ford. Semoga saja tidak hanya Civic yang diberikan mesin turbo, melainkan Honda Jazz juga ikut mendapatkan mesin 1.000 cc turbo di tahun ini untuk varian facelift. Ingat ya, ganti mesin, bukan ganti dashboard!

Read Prev:
Read Next:
  • Mawar

    Jangan ngompor-ngomporin terus mesin turbo deh kalo belum pernah paham perawatannya.

    kayaknya team autonetmagz belum paham apa itu turbo yang sesungguhnya. cuma bisa pake, dan gak pernah paham gimana perawatannya deh.

    • reyhan apriathama

      Turbo Aspirated mesin nya cuma enak diawal tapi ga liat puteran dari bawah smp atas so far masih enak Naturally Aspirated secara lebih nikmat dan awet karena usia ekonomis mesin lebih panjang dan perawatannya gampang klo turbo biaya maintanance nya tinggi dan drpd pake turbo mendingan mesin V sekaligus yang lebih jelas halus dan bernafas panjang tanpa ada jeda

      • TurboLic

        Karena kamu tidak suka mobil turbo :’)
        Klo mobil turbo gak awet lah kok banyak bus-Bus umur 10 tahun masih sliweran bro? Meskipun asapnya hitam pekat seperti hidup ane :’) (ngikutin hilsat)

        • reyhan apriathama

          Kan itu Fixed Turbo bukan turbo yg jaman sekarang… Terus terang ane make mobil Operasional Fortie VNT ga masalah. Turbo emang bagus tapi tergantung kemampuan ECU mengoptimalkan mesin.

      • nusantara nusantara

        klo masalah awet tergantung perawatan, perawatan turbo gak ada, yang penting oli sesuai buku manual

    • Levi

      Utk daya tahan mesin turbo apakah beda antara bensin dan diesel ya ?

      • Aryo Wicaksono

        beda euy. suhu gas buang mesin bensin jauh lebih panas daripada diesel jadi turbo lebih cepat gosong dibandingkan turbo diesel. solusi: rutin ganti filter selang oli turbo tiap ganti oli mesin biar pelumasan lahar turbo tetap lancar dan turbo tetap dingin dan bisa juga tambah oil cooler. kalau sudah gosong ya ganti lahar turbo kalau beruntung, kalau kit tidak ada terpaksa beli turbo baru.

        • dhie

          jangan lupa bahwa intercooler sangat berperan penting untuk pelepas panas dengan cara mendinginkan aliran udara yang masuk.

          • Aryo Wicaksono

            jadi perlu ganti intercooler aftermarket juga, begitukah? (memang efisiensi intercooler aftermarket lebih tinggi sih)

      • D83

        Lebih badak diesel jelas, bahan komponen-nya lebih kuat karena memang kompresi-nya jauh lebih tinggi dari bensin

        • Levi

          Wah br tau ane

        • Aryo Wicaksono

          diesel memang lebih badak, tapi temperatur gas buang juga lebih rendah dibandingkan mesin bensin jadi lebih aman.

          • Zakwan Umarella

            tapi kalo dieselnya salah isi atau kepepet hati hati ganti injektornya mahal

    • Kalo gitu boleh sharing dong perawatannya apa aja tuh…. :v

      • reyhan apriathama

        Kalo mau tau keluhan yg make turbo tanya aja sm yg make mercy B class yg baru soalnya mesin nya agak nakutin kt orang bengkel a**o motorsport yg udh nanganin kasus ginian kt mereka masih lebih gampang ngerawat mesin V karena sistem computerized nya ga sebanyak mesin2 jaman dulu dan paling diperhatikan di mesin turbo adalah ECU karena buat ngeganti atau perbaikan butuh waktu dan uang ga sedikit..

        • Mercedes jaman sekarang ya, ECU ambrol bukan karena turbonya itu, merc sekarang durabilitynya payah emang, ane miara viano aja alternator ganti mulu, udah gitu gantinya mesti satu set, dan itu terjadi pada semua viano, coba cek pool silver bird.

          Miara mobil turbo modern yang udah equipped langsung (bukan modifan) sama aja kok, asal ikutin buku service, rajin ganti oli, ganti busi, dan pakai bbm yang oktannya ngikutin setan dar. Ini ane ada miara beberapa mesin turbo mobil rentalan alhamdulillah udah lebih 100 ribu km baik2 aja. Hyundai H1, PJS, GNF VNTurbo. Memang mesin turbo partnya lebih banyak, tapi bukan berarti sulit ngerawatnya.

          • Aryo Wicaksono

            jadi ingat teman ane dulu punya w202 c200 ECU matot. udah rugi bandar ganti ECU malah mobil dijual. sekarang nangis-nangis gara-gara khilaf.

          • frfr

            Yg anggap mesin berturbo cepet rusak mungkin diisi oktan 88 :v kalo mobil berturbodiesel cepet rusak, paling yg rusak injektornya. Grgr mampet kebanyakan minum solar busuk. Tp ipah temen gua dari 2009 sampe skrg awet2 aja, padahal jadi mobil perang, kemana aja dipake

      • ekkyfir

        Wah gmn tuh bang di blg begitu…
        Kan bang ridwan pake mobil turbo jg

      • AE86

        Perawatan nya sedikit ekstra bos,,,
        1. perhatikan penggunaan oli mesin, oli mesin yang digunakan bukan hanya melumasi mesin namun jg melumasi shaft turbin pd turbo. intinya pilihlah oli mesin yang recomend pabrik.
        2. saat awal hidup(contohnya dipagihari) jangn sesekali langsung mengakselerasi/memacu kendaraan, karna pda saat itu pelumasan thdap bearing turbin belum sempurna,
        3. Setelah kendaraan diberikan beban berat, seperti dipacu dengan kecepatan tinggi atau digunakan untuk jarak jauh, biarkan kendaraan diam untuk beberapa menit sebelum mematikan mesin, alasannya agar pendinginan dan pelumasan terhadap bearing turbin lebih maksimal(mencegah shaf turbin macet).
        4. jangan sesekali menghidupkan mesin dengan kondisi Air cleaner tdk terpasang/terpasang tapi kotor, ini akan membuat kotoran/partikel yg terdapat di udara menjadi menempel di turbin yg mengakibatkan turbin menjadi rusak.
        5. kalau turbo charger yg dilengkapi dengan pendingin coolan mesin, selalu perhatikan sistim pendinginan bekerja dengan normal/tidak.
        6. selalu melakukan perawatan berkala terhadap mobil agan-agan,,,

        Just info…. salam otomotif

        • 1. Nggak ekstra itu mah, ikutin aja service berkala beres pasti beres, kecuali udah pake dastek, dinaikin boostnya baru mesti upgrade intercooler sama turbotimer. Kalau bawaan udah dihitung sama engineer mereka untuk dapetin durability yang sama kaya mesin NA.
          2. Untuk poin nomer 2, itu juga berlaku untuk mobil non turbo juga… hehehe

          • AE86

            eksta dong bos kalau jarang melakukan service,,hehe,,, kalau gampangnya pilih poin 6.
            poin 2 memang sedikit sama turbo/non turbo,, tapi yg turbo waktu warming up harus jauh lebih lama dibandingkan yg non Turbo. agar sirkulasi oli maksimal di oil gallery dan oil turbo sehingga temperatur bearing turbin nyampe di temperatur kerjanya.

          • Aryo Wicaksono

            oh iya, ane lupa kalau pakai mesin turbo penting untuk pendinginan setelah pemakaian atau pakai turbo timer.

          • samuray. id

            paling enak ya Pejabat, tinggal pakai aja mobilnya… gak ribet2 gak susah2… rusak ya beli(minta) mobil baru lagi… para pejabat setiap ada mobil baru, udah pada ancang2 beli(minta) ganti semua… uang sapa yah itu? (pura2 kagak tau)… jadi meski mobil dinas ber-turbo butuh perawatan, para pejabat uda pada ga peduli, mau nya Toyota Hilux-Fortuner Baruuu, Pajero Sport Baruuuu, Ford Rang…. eh maap, baru inget Ford nya minta pulang…. see you next time Fordy….

    • Hillarius Satrio

      oh begitu rupanya… kalo gitu coba dong mbak atau mas jelaskan perawatannya, sepertinya sudah sangat paham ya…

      • putra.sempu

        iya nih bang hilsat, ane juga mau tau nih gimana perawatannya, πŸ˜€ mungkin di ruwat kali ya bang

      • ekkyfir

        numpang nyimak bang ;D

      • AE86

        Perawatan nya sedikit ekstra bos,,,

        1. perhatikan penggunaan oli mesin, oli mesin yang digunakan bukan hanya melumasi mesin namun jg melumasi shaft turbin pd turbo. intinya pilihlah oli mesin yang recomend pabrik.

        2. saat awal hidup(contohnya dipagihari) jangn sesekali langsung mengakselerasi/memacu kendaraan, karna pda saat itu pelumasan thdap bearing turbin belum sempurna,

        3. Setelah kendaraan diberikan beban berat, seperti dipacu dengan kecepatan tinggi atau digunakan untuk jarak jauh, biarkan kendaraan diam untuk beberapa menit sebelum mematikan mesin, alasannya agar pendinginan dan pelumasan terhadap bearing turbin lebih maksimal(mencegah shaf turbin macet).

        4. jangan sesekali menghidupkan mesin dengan kondisi Air cleaner tdk terpasang/terpasang tapi kotor, ini akan membuat kotoran/partikel yg terdapat di udara menjadi menempel di turbin yg mengakibatkan turbin menjadi rusak.

        5. kalau turbo charger yg dilengkapi dengan pendingin coolan mesin, selalu perhatikan sistim pendinginan bekerja dengan normal/tidak.

        6. selalu melakukan perawatan berkala terhadap mobil agan-agan,,,

        Just info…. salam otomotif

        • Coegcoeg

          Yaelah intinya sih rajin servis aje. Semua mobil kalo ga di servis jg cepet rusak bos

          • Aryo Wicaksono

            nggak cuma servis, cara pakai juga beda. coba baca poin-poin di atas.

    • ekkyfir

      Hahaha sesepuh autonetmagz keluar, awas bntr lg di serbu

      • Hillarius Satrio

        serbu? gw cuman mau nanya dia kok gimana ngerawat turbo yang bener, ya kan mungkin dia pinter soal perturboan, dan kalo tipsnya berguna, gw pengen wawancara dia untuk artikel perawatan mesin turbo, mungkin bisa nemenin artikel pemasangan dan perawatan turbo yang pernah gw bikin dari hasil wawancara juga.

        ya secara da aku mah apa atuh, di video fortuner saja gw kelepasan bilang kepala gw gak ada isinya, makanya gw belajar terus biar gak bego2 amat

        • sekarang udah bego bego dikit ya sat…. Alhamdulillah

          wkwkwk

          • Hillarius Satrio

            ah, nggak sebego lu kok wan.. wkwkwkwkwk

        • Hamid Rosyidi

          Boleh tuh autonetmagz banyakin artikel car care ala anm

        • ekkyfir

          Artikel yg itu udh termasuk akurat bang dr org bengkel nya lgsg, kecuali nih org yg di atas org bengkel jg, bisa aja jd artikel ke 2
          Hahaha bang sedih bener denger nya?

    • mas boy

      perawatan ya mudah lah mbak tinggal servis berkala di bengkel resmi.

    • armann

      jawab dong, pengen tahu nih perawatan turbo ala mas/mbak mawar wkwkwk. siapa tahu bisa jadi artikel di autonetmagz

    • nusantara nusantara

      punya mobil tubo, yang penting ganti oli sesuai spesifikasi buku, ganti oli+ filter teratur, matiin mesin jangan digas, maitiin mobil idle dulu minimal 30 detik,beberapa mobil pakai turbo sudah pakai material baik jadi gak semua mobil dapet turbo timer (tapi lebih baik dipasang), pakai oktan bahan bakar sesuai buku, CMIIW

      • kalau turbonya standar bawaan pabrik nggak perlu nunggu idle dulu om, mereka sudah hitung soalnya, kecuali sudah di kasih sentuhan ajaib, baru turbotimer sangat perlu sekali… hehehe

        • nusantara nusantara

          ada pake mobil turbo diesel masih nyantumin tempelan ” diamkan kendaraan selama 30 detik seblum mematikan mesin”, mungkin ni pabrikan gak pede sama barang sendiri y

    • khayla almira

      Jujur bro.. gw kurang paham sama mesin turbo, tapi paham betul sama kacang turboo.. sumpah uuuwweennak..

      • Aryo Wicaksono

        asal nggak ketemu yang belum ngembang aja, digigit keras lah.

    • D83

      Memang lebih intens perawatannya, tetapi selama perawatan teratur & konsisten sepertinya oke-oke saja. Selain itu Civic ini jika nantinya jadi, mayoritas akan digunakan oleh masyarakat perkotaan, bukan di daerah.

    • Ardi

      Kalo lo isi premuim ya rusak bor hahaha
      Jadilah orang yg berfikiran maju

    • Ardi

      Jangan jangan ini majalah sebelah yg mau jelekin autonet nih

  • Rockmeo

    tapi gimana tuh soal cekatan transmisinya yg pake CVT?
    apa emang lebih balk CVT ato matik biasa?

    • Levi

      Kalau Turbo ya bagusan pakai matic biasa toh … Kalau pake CVT takutnya malah ngebiri tenaganya ?

      • Rockmeo

        hahaha
        itulah yg saya khawatirkn seperti review mobil2 cvt autonetmagz yg sudah2

        • reyhan apriathama

          Kalo mesin turbo paling enak pake Dual Clutch atau Torque Converter soalnya distribusi tenaga nya lebih bagus tapi setau gue CVT nya honda menurut salah seorang reviewer tergolong CVT yang sangat sigap sekali

          • ekkyfir

            Tp blm sesigap punya nissan

          • Bobby

            Wah bang ekkyfir mohon pencerahannya… cvt sigapnya nissan di mobil apa bang? Ane nyetir grandlivina teman dari jkt-tanggerang cvtnya sih “sigap”, bunyi mesinnya kenceng rpm cepet naik, tp kok jalannya lambat bgt bang… mungkin abang ada pengalaman dengan cvt nissan yg lain bang mohon dishare πŸ™‚

          • dik

            Cvt all new xtrail sigap ko cvt nya pernah saya tes drive, rasanya nendang di puteran bawah gas dikit langsung ngacir, mulai ke atas performanya biasa aja sih

          • ekkyfir

            Ane blm pernah coba yg livina ya, tp ane coba di juke temen ane, itu lari nya lumayan di normal mode walaupun ada jeda yg bikin ga enak, kalau di sport mode lebih enak rpm lgsg naik ga di rpm idle jd cpt naik nya ga ada jeda yg lama walaupun ada bau gosong
            Itu pengalaman ane ya

          • Aryo Wicaksono

            mau sesigap apapun, CVT mobil penumpang masih kalah cepat lawan manual, kecuali CVT purwarupa Williams F1 fw15c yang dikemudikan David Coulthard zaman dulu lho.

        • Levi

          Hahaha ingat Altis ? Powernya 159hp jd kepangkas gr” CVT, sayang banget jadinya ?

          • Rockmeo

            hahaha
            g altis aj, waktu review jazz n HR-V aj bang ridwan komen ny pedas bener respon nya lambat bgt
            tp gw big waktu mobilio masi dibilang cukup kenceng pdhl sama2 cvt

          • Levi

            Nah itu, makanya kok reaksinya nyabang gt antara mobilio sm jazz ?

          • Hamid Rosyidi

            Mobilio kebantu exterior dan iinterior yang “ringan” ?

          • Bobby

            Wah berarti ertiga dan avanza juga exterior dan interior “ringan” dong hahahaha…. beratnya mirip…

    • ekkyfir

      Honda lebih ke efisiensi sih bkn power maka nya pake CVT, biar halus sm irit
      Pdhl mah buat aja dual clutch yg bisa bikin irit kaya vw sm ford walaupun lebih berat (RIP ford:( )

    • AE86

      kalau pengen yang cekatan, responsip, dan feel seperti disirkuit = ECT
      kalau ingin kenyamanan, FC sedikit hemat = CVT
      tinggal pilih bos..

    • dari performa dan durability jelas matic biasa, cvt lebih ke hemat bbm dan manufacturing cost, tapi durabilitynya kurang

      • Eikl Sparrow

        boleh minta review suzuki XL7 bro? via email juga gpp. makasih

    • nusantara nusantara

      klo cvt efisiensi tinggi respon kemesin agak lemot, matic biasa efisiensi lumayan, respon lebih baik, dual clutch, respon mesin tinggi, effisiensi tinggi, tapi bobot transmisi 2X matic biasa, CMIIW

  • Indrasta

    Ternyata di sini ada mercedes actros jg ya. (maklum blm pernah liat)

    • reyhan apriathama

      Actros masuk via alun indah motor kalo gak salah… Kantor nya di tipar cakung sebelum UT (kalo dari Harapan Indah)

  • rs

    Selain civic baru, itu ada tulisan city rs juga ya dibawahnya…..

    • ekkyfir

      oiya bener…
      varian di atas ES kah ?

      • rs

        Mungkin saja….

        • ekkyfir

          Tp yg ES itu harga nya udh mahal bgt gmn yg RS ya….

    • D83

      Sepertinya RS akan jadi model/varian “sport” Honda di Indonesia (selain TRD Toyota), sudah ada Jazz, Mobilio. yang akan di Brio, City.

  • Aryo Wicaksono

    perawatan mesin turbo: siapkan uang untuk ganti turbo gosong.

    • farid

      Itu berlaku bagi pemilik yg suka kasih minum premium di mobilnya,padahal mesinnya bensin turbo,udah tau mesin turbo itu kompresinya tinggi dan butuh pembakaran bagus biar turbo gak gosong

      • Aryo Wicaksono

        nggak juga, teman tukang balap pakai turbo dan pertamax plus tetap kena. mungkin sedikit salah pakai.

  • Tri Mulyantono

    Nah, gitu dong. #kamisukaturbo

  • mas boy

    wih civic 2016 bener2 ganteng ditambah mesin turbo pula. Sayang mesin turbo harus minum pertamax plus.

  • Bobby

    Kok rasanya semua benci cvt bgt yaaaa? Saya punya jazz lama 2007 setau saya mesinnya cvt juga tenaga dan responnya sangat baik, termasuk saya punya mobilio rs sempat ngadu sama avanza teman saya, tetap lebih cepat (avanza yg blom dual vvti), sekalipun sudah tuker driver (2x coba)… memang karena cvt perpindahan gear nga berasa jd KESANNYA lambat, ada sedikit lag memang kalo langsung dibejek, tp tetap saja lebih cepat dr avanza? Saya kurang tau deh kalo spin dan ertiga, tp rasanya jg nga lebih baik dari avanza? Jadi saya jujur bingung juga kalo pada merasa cvt itu pelan… mungkin ada yg memberi pencerahan pemilik cvt lainnya…

    • Aryo Wicaksono

      1. suara mobil cvt kayak suara perahu motor.
      2. ya jelas aja menang. jangan dibandingkan dengan duo kaleng, atuh lah.
      3. cari aja video perbandingan cvt dengan transmisi lain di youtube.
      4. “real man use three pedals.” πŸ˜€
      peace.

      • Bobby

        Wah mas aryo jd bandinginnya sama apa dongg? Saya sih mikirnya bandingin sama yg sekelas… hhe.. iya biar gmn kalo mau ngebut ya use 3 pedals, pake city 2004 vtec manual dulu nyampe 200km/jam jalan plg di tol cipularang dari bandung ke jakarta (zaman tol nya baru buka dan kosong sekali)… memang kalo mau yang kenceng hemat perawatan lebih murah pakainya manual seharusnya… sayang jakarta macet hha

      • Eikl Sparrow

        “real man use three pedals.” hahahaa

    • frfr

      Saya pernah punya city GM2, kembaran jazz ge8. Skrg ganti city GM6, kembaran jazz gk5. GM2 pake torque converter, GM6 pake cvt. Paling berasa gaenaknya cvt itu kalo kickdown (gas diinjak penuh buat nyusul) responnya ga sesigap torque converter atau dual clutch, kaya ngeden dulu. Sayangnya ga sempet ngitung akselerasi 0-100 nya. Tp akselerasi 0-100 kan akselerasi yg sangat jarang buat pemakaian sehari2. Mungkin lebih valid kalo pake akselerasi 60-100, 40-80. Intinya, torque converter lebih enak asal perbandingan gigi sekurang-kurangnya 5. Pernah liat jg, mesin jazz dgn L15 turboed 200hp++ pake matic torque converter, maticnya awet2 aja. Entah kalo cvt, mungkin udh ambrol sabuknya. CMIIW

      • Bobby

        Betul bro kendala memang ada di kickdown… tp dalam kota pun saya jarang sekali kickdown kecuali ada yg ngajak ribut hahahaha… dan tanpa kickdown pun asal menyetir dengan presisi kita tetap cepat dan lebih hemat BBM pula… tp biar bagaimana kalo mau buat kebut2an nga bakal ada yg bs ngalahin manual hhe peace

        • frfr

          Trs kan di city gm2 dan gm6 ada paddle shift, nah itu jd rada useless kalo di gm6. Krn ga sesigap matic gm2. Kalo matic gm2 di posisi S, udh kaya berasa bawa manual

          • Bobby

            Wah ternyata begitu ya bro… saya memang ga sempet icip city gm2 ga pernah ngerasain tenaganya… punyanya saya city GD8vtec manual… thankyou bro atas infonyaaa

    • D83

      CMIIW, maksud “Pelan” disini adalah dari driving experience atau yg dirasakan pengemudi. Walaupun sebenarnya secara speed/tarikan tetap kencang.

      Masih ingat gimana X-Trail CVT bisa loncat jauh lebih kencang dari CRV yg masih pakai matic biasa. Tapi mungkin rasanya di X-trail seperti lemot, di CRV yg masih matic biasa, ada nuansa hentakan, yg buat perasaan “lebih kencang”

  • Motomobi FC

    saya suka turbo

    • Eikl Sparrow

      saya suka jasjus hehehee

  • Always35

    Hmmm mesin turbo ya, asal jangan CVT aja dehhh~ enggak apa2 balik ke torque converter lagi atau sukur2 dapetnya dual clutch kan wkwk

    Semoga pilihan yg MTnya masih ada~

  • Valdy Prawhesmara

    Modern day Turbocharged engine harusnya dah lebih mudah perawatannya.
    Cuma sayang, orang Indo masih “jorok”, nekad ngasih asupan “underspec” dengan dalih “ahh punya si A gpp mobilnya dikasih bensin ini, oli itu, biar lebih murah perawatannya..dll dst”
    Gimana ga cepet rusak coba??

  • T_Boggard

    CVT bisa diajak kenjeng juga kok, cara maenin gas nya beda dibanding matic biasa

    • Blackjack

      Setuju nih, saya pengguna mobilio juga awalnya ngerasa CVT lemot kalo diajak agresif… Tp lama” saya sndiri jga dapet feelnya sendiri, CVT bisa lari… Tp ada caranya sendiri…. Saya setuju jika perlakuan memainkan gas pada matic biasa sm CVT itu berbeda

  • Aldy Zakaria

    Ya sejelek2nya n sebenci2nya sama transmisi cvt civic ini akselerasi 0-100km/h bisa dapet cuma 6,5 detikan hehe (cek di civicx)..Lumayan kenceng di kelasnya..Dan review diluar hampir semua positif banget..Klo emang cvt hater ya tetep aja ga doyan haha padahal banyak juga kelebihannya cvt..
    Klo masalah mesin turbo ga awet ya tergantung sama yang ngerawat n bahan bakar yang dipake aja..

  • khayla almira

    saya suka turboo..

  • SemuaSukaTurbo

    Bang Motomobi langsung birahi baca berita ini

    • Aryo Wicaksono

      fetish yang aneh.

  • Rockmeo

    banter deh itu selain honda civic masuk ad honda city tipe RS CVT y?

  • D83

    Pilihan cerdas dari Honda, menurut saya tidak masalah civic dikasih Turbo, toh sekarang status civic bukan lagi model laris (karena harga, pajak, pasar sedan kecil), jadi malah bisa naikan gensi

  • Zakwan Umarella

    I SEE HONDA CITY RS!!!??

  • Capi

    Turbo mesti pasang intercooler biar optimal , oli mesti rajin2 dicek biar turbonya awet. kalo kemungkinan pakai supercharger aja. Sama2 force induction.