Berkat PPnBM DTP, Honda Koreksi Harga Brio Series & Mobilio!

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Berkat PPnBM DTP, Honda Koreksi Harga Brio Series & Mobilio!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak awal tahun 2022, sejumlah mobil yang tahun lalu terdaftar dalam program PPnBM Ditanggung Pemerintah (DTP) mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Alhasil, banyak calon konsumen yang belum sempat membeli mobil di tahun 2021 pun harus gigit jari, termasuk konsumen Honda. Nah, namun Pemerintah berbaik hati dengan kembali memperpanjang relaksasi PPnBM, walaupun kini semakin dipersempit scope-nya. Berkat PPnBM-DTP jilid 2022 ini, harga Honda Brio Series dan Honda Mobilio pun kembali dikoreksi oleh Honda. Yuk kita bahas.

Harga Honda Brio Terkoreksi

Seperti yang kita ketahui bersama, Pemerintah baru saja mengumumkan perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP). Nah, dengan perpanjangan ini, maka nama – nama seperti Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda Mobilio E CVT masuk dalam list produk – produk Honda yang memenuhi syarat untuk kembali mendapatkan insentif PPnBM DTP. Insentif pajak tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 5 /PMK.010/2022 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022. Lantas, berapa harga Honda Brio Series dan Honda Mobilio sekarang? Perhatikan data di bawah ini.

  • Honda Brio Satya S MT : Rp. 153.700.000,-
  • Honda Brio Satya E MT : Rp. 165.200.000,-
  • Honda Brio Satya E CVT : Rp. 180.800.000,-
  • Honda Brio RS MT: Rp. 196.400.000,-
  • Honda Brio RS CVT : Rp. 212.500.000,-
  • Honda Brio RS Urbanite MT : Rp. 203.400.000,-
  • Honda Brio RS Urbanite CVT : Rp. 219.500.000,-

Jika diperhatikan, koreksi harga yang diberikan pada Honda Brio Series cukup variatif. Versi termurah yaitu Honda Brio Satya S MT kini terkoreksi harganya sebanyak 3,2 jutaan. Sedangkan versi tertinggi dari Honda Brio Satya yaitu tipe E CVT terkoreksi terkoreksi sebanyak 4,1 jutaan Rupiah. Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, “Relaksasi PPnBM DTP sangat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan industri otomotif dan ekonomi secara umum pada tahun lalu. Kami menyambut baik inisiatif pemerintah untuk memperpanjang insentif saat ini, sekaligus berusaha semaksimal mungkin untuk secepatnya memenuhi permintaan konsumen yang kami yakin akan kembali meningkat.

Harga Mobilio Tunggu Produksi Unit 2022

Eits, kok harga yang kami cantumkan hanya harga Honda Brio Series, lalu bagaimana dengan Honda Mobilio? Sebenarnya, saat ini produksi Honda Mobilio tengah dihentikan sementara sebagai dampak dari chip shortage yang melanda. Alhasil, Honda Mobilio dijadikan ‘tumbal’ sehingga line produksinya bisa dimanfaatkan untuk model lain yang permintaanya lebih tinggi. Honda sendiri menyatakan bahwa harga Honda Mobilio E CVT akan diumumkan saat produksi sudah kembali normal dan memproduksi model tahun 2022. Kembali ke masalah relaksasi PPnBM, Insentif PPnBM DTP berlaku sejak tanggal 1 Januari 2022 hingga 31 Maret 2022, sehingga konsumen yang telah melakukan pembelian mobil Honda yang menerima insentif ini dapat menghubungi dealernya untuk mendapatkan refund, sesuai selisih harga OTR mobil sebelum dan setelah diberlakukannya PPnBM DTP tersebut.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: