Honda CB150R Diluncurkan di Thailand, Tembus 40 Jutaan

by  in Berita&Honda&International
Honda CB150R Diluncurkan di Thailand, Tembus 40 Jutaan
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepertinya beberapa gosip yang beredar beberapa waktu lalu yang menyebutkan akan ada motor baru di Thailand dengan spesifikasi mesin yang mirip dengan Honda Cb150R SteetFire di tanah air akhrirnya terjawab sudah. Pihak AP Honda Thailand telah resmi merilis motor 150cc ini, namun bukan dengan nama Honda Cb150SS Racer seperti yang santer diberitakan, malahan motor ini membawa nama Honda CB150R ExMotion.           

Motor ini memangcukup menarik minat banyak biker, khususnya pecinta merk Honda. Mengapa? Karena motor ini bisa dibilang sebagai sebuah terobosan yang menarik, dengan model retro ala motor scrambler dan juga suspensi depan menggunakan USD serta kaki – kaki yang terlihat gambot. Namun memang sayangnya motor ini tak akan dipasarkan di tanah air, setidaknya begitu untuk saat ini karena pihak AHM sendiri berpendapat bahwa motor ini pasarnya sangat kecil di Indonesia, terlebih dengan minimnya penjualan Yamaha Xabre di tanah air.

Oke, mari kita bahas motor ini, pertama, seperti namanya, Honda CB150R Exmotion dibekali dengan mesin 150cc yang serupa dengan Honda CB150R StreetFire yang di jual di Indonesia dengan konfigurasi bore x stroke yang near square. Namun, Honda CB150R ExMotion dibekali dengan rangka yang sedikit berbeda dibandingkan saudaranya. Yang menarik mata terlebih dahulu adalah sisi suspensi depannya yang menggunakan model terbalik alias upside down yang berdiameter 41mm dan diambil dari Honda X-ADV. Cukup besar untuk motor 150cc kawan, bahkan milik Yamaha Xabre dan Honda CBR250RR saja hanya 37mm, menarik.

Honda CB150R ExMotion juga hadir dengan lampu depan model old school yang berbentuk bulat, namun sudah mengadopsi teknologi LED. Pub begitu dengan lampu belakang dan lampu sein yang sudah mengadopsi teknologi LED pula. Tangki dari Honda CB150R ExMotion terlihat kokoh dengan sisi samping yang mengotak dan sisi atas yang emngingatkan pada bentuk Yamaha Xabre. Shroud yang dimiliki Honda CB150R ExMotion sendiri tak terlalu besar, namun terlihat tegas. Honda CB150R ExMotion sendiri dibekali dengan knalpot model underbelly dengan mulut silencer yang sedikit nongol ke samping, serta ada pula undercrowl untuk melindungi mesin dari cipratan air.

Kaki – kaki dari Honda CB150R ExMotion sendiri cukup gambot dengan velg dengan model palang Y, yang memiliki sistem pengereman menggunakan cakram di sisi depan dan belakang dengan model wave. Yang menarik, motor 150cc ini sudah dilengkapi dengan sistem ABS dengan G-Sensor. Lengan ayun dari Honda CB150R ExMotion ini sendiri juga terlihat enak dipandang karena tak menggunakan versi besi kotak biasa, namun menggunakan model banana dengan bahan berbobot ringan yang diambil dari teknologi Honda Racing. Untuk setang, Honda CB150R ExMotion menggunakan model fat bar yang memang mempergagah tongkrongannya.

Panel instrumen dari Honda CB150R ExMotion sudah digital sebagaimana jajaran Honda CB150R, namun bentuknya berbeda dengan saudaranya. Panel instrumen digital dari Honda CB150R ExMotion ini mengambil milik Honda Sonic yang mana memiliki satu kelebihan dibanding milik Honda CB150R SF, yaitu adanya indikator gigi. Jok dari Honda CB150R ExMotion menggunakan model split seat, namun penempatan jok boncenger sendiri tak terlampau tinggi, sehingga penumpang tak perlu susah – susah naik terlalu tinggi jika ingin naik ke atas motor.

Motor ini sendiri dijual dengan beberapa pilihan warna, antara lain adalah Pearl Cadet Gray, Millennium Red, Matt Laurel Green Metallic, dan Asteroid Black Metallic. Selain Honda CB150R ExMotion, AP Honda Thailand juga memperkenalkan sejumlah unit terbatas antara lain adalah Honda CB150R StreetCafe yang hanya ada 500 unit, lalu Honda CB150R Scramble Cafe yang ada 1.000 unit dan terakhir adalah Honda CB150R Moriwaki Edition yang juga hanya ada 500 unit saja. Sejumlah aksesoris untuk personalisasi juga hadir dari pihak Moriwaki, G’Craft, dan Kitaco.

Honda CB150R ExMotion sendiri dijual dengan harga yang mahal untuk ukuran motor 150cc, yaitu di angka 109.800 bath atau sekitar 44,1 jutaan Rupiah untuk versi ABS sedang versi non ABS dijual dengan harga 99.800 bath atau setara 40,1 jutaan Rupiah. Pantas saja pihak AHM tak tertarik menjual motor ini, karena harganya saja sudah cukup membuat calon pembeli balik badan, namun memang ada harga ada barang, sejumlah komponen dari Honda CB150R ExMotion memang bukanlah komponen yang murah. Bagaimana kalau menurut kalian? yay or nay?

Berikut Video dari Honda CB150R ExMotion :

Read Prev:
Read Next: