GIIAS 2017 : Honda Membawa Motor Trail Konsep Bermesin Mega Pro

by  in Berita&GIIAS 2017&Honda
GIIAS 2017 : Honda Membawa Motor Trail Konsep Bermesin Mega Pro
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Hampir setengah tahun sudah Honda diisukan serius pada segmen motor adventure dan motor trail pada kelas kubikasi 150cc. Dan sebelumnya sempat ada isu bahwa motor tersebut akan hadir di ajang IIMS pada bulan April 2017 lalu. Namun prediksi tersebut meleset waktu itu, dan justru pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 (GIIAS 2017) inilah muncul sebuah motor konsep bertipe trail di booth Honda.

Motor ini hadir bersamaan dengan Honda CRF 250 yang dipajang oleh pihak Astra Honda Motor, namun cukup sudah untuk mendekati motor ini karena sang kuda besi diletakkan di tempat yang susah dijangkau oleh para pengunjung, atau bisa dikatakan tak bisa dijangkau. Namun dari jauh saja kita sudah bisa menebak bahwa motor inilah yang akan mengisi segmen trail  150cc dan akan berhadapan langsung dengan Kawasaki KLX 150 yang sudah lebih dahulu melenggang di pasaran sejak bertahun –  tahun lalu.

Yang menarik adalah sektor mesin dari motor trail konsep ini, dimana crankcase dari motor ini mirip dengan motor keluaran Honda yang sudah ada di pasaran, jadi bisa dikatakan bahwa untuk mesin dipastikan common parts dengan produk Honda 150cc lainnya. Lalu, crankcase motor trail konsep ini mirip dengan motor apa? Honda CB150SF?? Oh, bukan kawan, bukan juga Honda CBR150R. Honda sepertinya ingin menekan harga dari motor trail konsep dengan memberikan mesin yang serupa dengan varian naked entry level-nya yaitu Honda Verza dan Honda Mega pro.

Ya, crankcase tersebut sudah jelas mirip ataupun serupa dengan milik Honda Verza dan Honda Mega pro. Sehingga bisa dipastikan bahwa motor trail konsep ini akan bermesin 150cc SOHC satu silinder yang mungkin akan bertenaga dan torsi yang sedikit berbeda dibandingkan kedua motor yang kami sebutkan sebelumnya. Sebagai gambaran, di Honda Verza dan Honda Mega Pro sendiri mesin tersebut bertenaga 13,2 PS pada 8.500 rpm dan torsinya 12,7 Nm pada 6.000 rpm. Tentunya dengan segmen yang berbeda, maka motor trail konsep ini akan mendapatkan mapping ulang untuk menyesuaikan karakter mesinnya.

Untuk spesifikasi lainnya tentu saja masih abu – abu, namun ada beberapa detil seperti garpu depan yang cukup besar, knalpot di bawah jok, dan juga swing arm yang masih berbentuk kotak sepertinya menjadi tawaran yang menarik jika nantinya motor trail konsep ini akan dijual oleh pihak Honda. Tentunya pricing menjadi salah satu faktor yang patut dipertimbangkan untuk menggeser Kawasaki KLX dari puncak segmen ini. Bagaimana menurut kalian? Yuk berkomentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: