Hasil Tes Konsumsi BBM Peugeot 208 BlueHDI Tembus 50 Kilometer Per Liter!

Hasil Tes Konsumsi BBM Peugeot 208 BlueHDI Tembus 50 Kilometer Per Liter!
0  komentar
Peugeot 208

AutonetMagz.com – Di kelas mobil diesel non-hybrid, Peugeot baru saja memecahkan rekor konsumsi BBM teririt di Prancis. Mobil pemecah rekor tersebut adalah hatchback diesel Peugeot 208 BlueHDI, dengan spek 1.600 cc BlueHDI 100 S&S dan transmisi manual 5 percepatan. Tes ini dilangsungkan di sirkuit uji coba milik Peugeot di Belchamp, dengan durasi pengetesan 38 jam dan pergantian supir setiap 3 atau 4 jam sekali.

Lembaga otoritas dari Prancis, yakni UTAC (Union Technique de l’Automobile, du motocycle et du Cycle) turut menyaksikan tes ini. Hasilnya, mobil tersebut berhasil menempuh jarak 2.152 kilometer dengan bahan bakar cukup 43 liter saja. Artinya, jika ingin melintasi jalan Anyer-Panarukan yang dibuat saat masa penjajahan secara bolak-balik, kita hanya perlu mengeluarkan uang 430 ribu Rupiah saja (anggap harga Pertamina DEX rata-rata 10 ribu). Wow!

peugeot-208-samping

Jika dirata-rata, konsumsi BBM-nya adalah 50 km/liter. Menakjubkan memang, tapi harus diingat, mobil ini diujinya di sirkuit, bukan di jalan raya yang kondisi stop & go-nya lebih real. Belum lagi, ada sejumlah ubahan yang diaplikasikan, misalnya pemasangan roof spoiler dan ban Michelin Energy Saver+ yang memiliki nilai hambatan gelinding rendah. Memang, ban berhambatan rendah punya imbas kepada konsumsi BBM yang lebih baik.

Tapi ada hal yang bijak, Peugeot tak menjadikan hasil tes yang 50 km/liter tadi menjadi gimmick jualan mereka untuk menarik pembeli, namun mereka mencantumkan hasil tes resmi menurut standar Eropa yang menorehkan hasil 33,3 km/liter dengan emisi CO2 hanya 79 g/km. Ini bagus, karena jika hasil yang didapat konsumen terlalu jauh dari klaim hasil tes, produsen bisa dituntut oleh konsumen.

interior-peugeot-208

Baguslah, daripada mengadakan lomba irit BBM dan mengklaim sebagai yang teririt di kelasnya, padahal lomba iritnya dilangsungkan di jalan tol. Kalau memang mau lomba irit, coba deh dilombakan di Jakarta saat jam berangkat atau pulang kerja atau di pantura pas mudik lebaran, mungkin hasil yang didapat bisa lebih realistis.

Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ojon

    Yg penting itu kaki nya harus sekolah tinggi2, mo sehemat apapun mobil, klo kaki gak di sekolahin ya tetep boros jg….

  • ANdri Ahmad

    ni mobil pasti harganya mahal banget kalo masuk ke indo, kena pajak mobil irit

  • amar

    apakah ban hambatan rendah dijual umum?apakah grip ke jalan jelek?

    • udah ada kok, sekarang kan banyak tuh ban yang pakai nama eco eco

      • ap88

        ban standar ertiga pake ban hambatan rendah deh…..kata sales waktu di iims 2013,mereknya gt radial kalo gue gak salah dengar

        • Hillarius Satrio

          gt radial champiro eco, itu bukan?

          • ap88

            yang itu maksud saya

    • AE86

      type ban Low Rolling Resistance Coeficient cukup banyak dipasaran om.

      • amar

        Klo dijalan suka ngebut apakah ban ini cocok?