Hasil Dyno Real Honda Civic Type R FK8 : Benarkah 306 Horsepower?

by  in Hi-Tech&Honda
Hasil Dyno Real Honda Civic Type R FK8 : Benarkah 306 Horsepower?
0  komentar

AutonetMagz.com – Mesin 2.000 cc 4 silinder turbo pada tahun 1990-an paling tidak hanya bisa 250 hp, dicontohkan dengan baik oleh Subaru Impreza WRX GC8 dan Mitsubishi Lancer Evolution 3 GSR CE9A. Itu sih dulu, sebab berkat engineer yang bekerja keras dan tak henti memeras peluh, sekarang mesin 2.000 cc 4 silinder turbo bisa punya tenaga fantastis, bahkan hingga 381 hp seperti mesinnya Mercedes-AMG GLA45, A45 dan CLA45, yang punya mesin 2.000 cc turbo terkuat di dunia.

Mesin 2.000 cc 4 silinder turbo berkode K20C1 milik Honda Civic Type R FK8 pun bisa membuat kita merinding dengan angka tenaga resmi 306 hp. Itu kan di atas kertasnya Honda, tapi bagaimana kalau di atas dynamometer atau dyno? Sedikit info, kadang angka tenaga di atas dyno bisa sedikit di bawah tenaga resmi, karena angka tenaga resmi kadang diukur di mesin (engine horsepower), sementara dyno diukur di roda (wheel horsepower).

Kenapa wheel horsepower bisa lebih rendah daripada engine horsepower? Gampang. Saat mengukur engine horsepower, tenaga yang terukur adalah tenaga yang benar-benar baru dihasilkan mesin, jadi bisa mencetak angka yang besar. Nah, lain cerita saat mengukur wheel horsepower, karena mesin mengalami kerugian mekanis saat harus memutar roda. Kerugian mekanis seperti memutar gardan, girboks dan lain-lain (termasuk roda) mereduksi tenaga yang terukur.

Kembali ke pengukuran dyno Civic Type R. Melalui video dyno 5 detik di atas (bentar banget sih), sekelompok orang ingin mencari tahu tenaganya di atas roda. Hasilnya bisa dilihat di grafik di bawah ini, di mana angka realnya adalah 294,22 hp-an. Waduh, kalau membandingkan 306 hp dari klaim Honda dan 294,22 hp yang terukur, selisih itu masih termasuk tidak besar lho.

Ingat saat Richard Hammond mencoba Ford Mustang Shelby GT500 yang diklaim punya 500 hp? Pas dites dyno, yang didapat 447 hp. Hal lainnya adalah, mobil FWD rata-rata kehilangan 10-15 persen tenaga saat memutar roda, lalu mobil AWD bisa kehilangan 20-25 persen. Itu tidak mutlak, bisa lebih besar atau lebih kecil. Apa opinimu mengenai selisih 11,78 hp dari spek resmi vs hasil dyno? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: