Harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik!

by  in Berita&Nasional
Harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik!
0  komentar

Autonetmagz.com – PT Pertamina (Persero) menaikkan harga dua produk bahan bakar minyak (BBM) non subsidi per 18 September 2021. Mengutip keterangan keterangan resmi Pertamina, perseroan melakukan penyesuaian harga BBM dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Diesel, yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Karena Kenaikan Harga Minyak Dunia

Harga Pertamax Turbo yang sebelumnya dipatok Rp 9.850, kini naik menjadi Rp 12.300 per liter. Sementara Pertamina Dex naik dari Rp 10.200 menjadi Rp 11.150 per liter. Sementara itu, pesaing Pertamina asal Belanda, Shell, juga sudah merilis harga BBM terbarunya pada 3 September lalu. Harga Shell V-Power Nitro+ dengan RON 98 dijual dengan harga Rp 12.310 per liter. Harga minyak mentah dunia yang berada di atas level US$ 70 per barrel saat ini memberikan dampak bagi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia. Pasalnya, porsi minyak mentah berkontribusi hingga 60% dalam komponen pembentukan biaya BBM.

Berikut daftar harga terbaru BBM Pertamina :

Pertamina

1. Pertalite RON 90 Rp 7.650 per liter.

2. Pertamax RON 92 Rp 9.000 per liter.

3. Pertamax Turbo RON 98 Rp 12.300 per liter.

4. Dexlite (CN 51) Rp 9.500 per liter.

5. Pertamina Dex (CN 53) Rp 11.150 per liter.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno menjelaskan bahwa penyesuaian ini dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas. “Harganya telah disesuaikan hanya untuk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, produk lain tidak mengalami perubahan harga,” jelas Putut kepada Kontan, Senin (20/9).  Putut mengatakan, meski mengalami penyesuaian, harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex ini masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk setara. Penyesuaian harga ini juga sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bahkan masih di bawah batas yang ditetapkan.

Ada Program Khusus

Pertamina Patra Niaga lanjut Putut, juga tetap memberikan loyalty program bagi pengguna setia produk-produk berkualitas dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan hemat pembelian Pertamax Turbo dan Dex Series sebesar Rp 300 perliternya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina hingga 30 September 2021. “Ini merupakan bentuk sosialisasi serta edukasi berkelanjutan untuk mengajak masyarakat menggunakan BBM yang lebih baik serta lebih ramah lingkungan. Seperti yang kita tahu, dengan BBM yang tepat performa kendaraan akan makin baik, ditambah dengan makin efisien dan tentunya dampak emisinya lebih kecil bagi lingkungan,” jelas Putut.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian?

Read Prev:
Read Next: