BBM Premium Akan Berubah Nama Menjadi PertaLite

by  in Berita&Nasional
BBM Premium Akan Berubah Nama Menjadi PertaLite
0  komentar
maserat-di-pom-bensin-pertamina

Jakarta, AutonetMagz – Sebelum mobil dijual di Indonesia, umumnya pabrikan mengirimkan sampel bahan bakar yang tersedia di dalam sebuah negara. Berhubung di Indonesia bahan bakar yang paling umum adalah produk Pertamina yang terdiri dari Premium, Pertamax dan Pertamax Plus, tentunya tiga jenis bahan bakar tersebut akan dikirim ke negara dimana terdapat laboratorium riset untuk meneliti kecocokan antara mesin mobil yang akan diluncurkan di Indonesia.

Banyak cerita lucu yang menggelitik ketika ATPM mengirimkan sampel bahan bakar ke negara lain untuk diteliti agar sesuai dengan spesifikasi mesin. Banyak para peneliti bingung dengan pemberian nama “Premium” pada jenis BBM dengan kualitas paling rendah, maka tidak heran jika mereka akan menanyakan kembali “Is this Premium?”, karena secara harfiah, kata “Premium” merupakan kata yang memiliki arti kemewahan atau kualitas yang sangat tinggi. Namun di Indonesia kata “Premium” justru menjadi jenis BBM yang paling rendah, bukan yang paling tinggi sebagaimana nama yang diberikan.

isi-bensin-shell

Mungkin karena penamaan yang salah inilah yang mendorong Pertamina mengubah nama Premium menjadi PertaLite (meskipun nggak ada pernyataan resmi sih). Informasi nama baru Premium ini kami dapatkan dari Eri Purnomohadi, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas). Menurut beliau, PertaLite akan memiliki logo berwarna emas seperti halnya sebuah produk “Premium”.

Menurutnya, Pertalite akan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan Premium dan membuat pembakaran menjadi lebih bersih dan tarikan menjadi lebih enteng dibandingkan dengan Premium, namun ia belum mengetahui nilai RON yang akan digunakan oleh PertaLite, entah sama tetap di RON 88 atau lebih tinggi, yang pasti nilainya tidak akan lebih tinggi dibandingkan dengan Pertamax.

Menurut kami, PertaLite jauh lebih cocok digunakan sebagai Premium, karena kata “Lite”sendiri merujuk kepada kata “ringan” tanpa harus mengesankan bahwa produk tersebut murah (meskipun kata “Lite” sering digunakan produk lain sebagai varian paling murah). Dengan ubahan nama ini, semakin lengkap lah seri Pertamina “Perta” mulai dari PertaLite, PertaMax, PertaMax Plus. Jika penamaannya seperti ini, tentunya mudah dong membedakan varian termahal dan termurah?

Read Prev:
Read Next: