MG ZS Resmi Dirilis di Indonesia, 2 Varian Mulai 255 Jutaan

by  in Berita&Merek Mobil&MG Motors
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah sekian lama menjadi gosip dan bahan perbincangan para pecinta otomotif di Indonesia, MG ZS pun diperkenalkan secara resmi di Tanah air. SUV kompak yang akan masuk dalam kelas yang dihuni oleh Honda HR-V ini diperkenalkan secara resmi dalam perkenalan virtual melalui akun YouTube resmi MG Indonesia. Nah, MG ZS sendiri hadir dalam 2 varian utama, mari kita kupas secara lebih mendetail.

Desain Eksterior & Interior

Oke, bagian ini sejatinya sudah bisa kita lihat jauh sebelum mobil ini diperkenalkan di Indonesia, karena MG ZS sendiri bukanlah produk yang baru dari Morris Garages. MG ZS yang diboyong ke Indonesia sendiri merupakan versi pre-facelift yang mana memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan versi facelift. Untuk sisi depan, wajah MG ZS yang menggunakan hero color berwarna merah memang mengingatkan kita pada sosok Mazda CX-5 versi lawas, hanya saja lebih kecil. Untuk lampu depannya sudah menggunakan model proyektor, dan ada LED DRL di varian Ignite. Varian Ignite juga mendapatkan auto headlamp, dan foglamp depan dan belakang.

Grille-nya didominasi warna krom dengan motif jaring dan ukuran yang terbilang besar. Krom di bagian ujung grille juga seolah menyambung dengan lampu, yang mana mirip dengan desain Kodo Mazda. Bumper depannya mengingatkan kami pada Honda HR-V, namun dengan skid plate silver, dan lampu kabut mengotak yang diberi aksen krom (lagi). Pindah ke sisi samping, MG ZS menggunakan velg palang 5 dengan model dual tone yang berukuran 16 inci untuk varian Excite dan 17 inci untuk varian Ignite. Untuk ban, di varian Excite lebarnya 205mm, sedangkan di varian Ignite 215mm. Spionnya sudah ada lampu sein dan ada side body moulding berwarna hitam yang menyambung ke depan dan belakang serta krom sebagai pemanis.

Di jendela samping juga terdapat krom di sisi bawah garis jendela yang memberi kesan manis. Oiya, kalau melihat bentuk jendelanya dari samping, kami sangat merasa bahwa bentuknya terinspirasi dari Honda HR-V. Roof Rail juga diberikan di mobil ini, hanya saja cuma ada di varian Ignite saja. Pindah ke sisi belakang, MG ZS dibekali dengan wiper belakang, rear defogger dan antena model shark fin. Lampu belakangnya bentuknya melebar dan berukuran besar, dan bumper belakangnya dihiasi dengan krom (lagi) dan skid plate berwarna silver. Logo MGyang besar juga diposisikan di tengah pintu belakangnya. Btw, Logo ini juga berfungsi menjadi handle pembuka pintu bagasi lho.

Masuk ke interior, aura ala Honda bisa dikatakan sangat kuat di dalam mobil China ini. Tidak percaya? Lihat saja bentuk Kici AC tengah dan center console dari dashboard-nya. MG ZS dibekali dengan material fabric di tipe Excite, dan soft leather di tipe Ignite. Jumlah speaker-nya cuma 4 di tipe Excite, dan bertambah 2 di tipe Ignite. Setirnya sudah flat bottom dan dilengkapi dengan tombol pengatur audio, serta khusus di tipe Ignite sudah ada fitur cruise control. Di tipe tertinggi juga sudah ada AC digital dan start stop button, tetapi untuk bahan soft touch di dashboard sudah ada di semua tipe. Oiya, permainan warna di interior pun berbeda, untuk tipe excite didominasi warna hitam, sedangkan di Ignite dikombinasi hitam dan coklat.

Fitur Keselamatan & Kelengkapan

Nah, untuk fitur keselamatan, MG ZS bisa dikatakan cukup komplit. MG ZS dibekali dengan fitur standar seperti ABS, EBD, dan BA serta airbag yang berjumlah 2 buah untuk tipe Excite dan 6 buah untuk tipe Ignite. Fitur keselamatan lain yang diberikan antara lain adalah ESS, Follow Me Home Light, ISOFIX, sensor parkir, Stability Control System, Curve Brake Control, Traction Control System, dan Hill Start Assist System. Untuk trim tertinggi, ada tambahan berupa Tire Pressure Monitoring System, dan juga kamera mundur. Kelengkapan lain yang diberikan di MG ZS adalah Panoramic Sunroof di tipe tertinggi.

Mesin & Spesifikasi

MG ZS menggunakan mesin 15S4C DOHC berkubikasi 1.500cc VTi-TECH yang memiliki tenaga maksimal 114 PS pada 6.000 rpm dan juga torsi maksimal 150 Nm pada 4.500 rpm. Untuk transmisi, SAIC Motor Indonesia, APM MG di Tanah Air hanya menawarkan MG ZS dalam opsi transmisi otomatis 4 percepatan yang juga dibekali dengan manual mode. MG ZS mengandalkan suspesnsi independen McPherson Strut dengan stabilizer bar di sisi depan dan torsion beam di sisi belakang. Untuk pengereman, keempat roda MG ZS sudah menggunakan cakram, namun hanya sisi depan yang ventilated.

Harga

Oke, kita beralih ke aspek harga, dimana tentunya bagian ini menjadi salah satu faktor yang disorot pada mobil China seperti MG ZS. MG ZS dilepas ke pasar dengan harga 255,8 juta Rupiah untuk tipe Excite dan 289,8 juta Rupiah untuk tipe Ignite. Dengan garansi 5 tahun apakah MG ZS ini Mahal? atau Murah? Itu semua kembali kepada kalian, dan seberapa banyak digit di rekening kalian. Yang jelas, MG ZS akan masuk dalam pasar SUV kompak 5 seater 1.500cc yang sekarang nampaknya hanya diisi oleh Honda HR-V semata. Hyundai dan KIA memiliki jagoan di segmen ini namun bermesin 2.000cc. Sedangkan Nissan sementara ini sudah menyerah menjual Nissan Juke.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.
Buat yang mau lihat video review-nya, klik videonya di bagian atas artikel ini.

Read Prev:
Read Next: