Suzuki Ciaz Facelift Akan Gunakan mesin 1.500cc, Pakai K15B?

Suzuki Ciaz Facelift Akan Gunakan mesin 1.500cc, Pakai K15B?
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) memang sudah resmi berakhir pada hari minggu kemarin, namun jika kita flashback ke pembukaan IIMS tak bisa dipungkiri bahwa All New Suzuki Ertiga adalah bintangnya. Hal ini terbukti dengan anstusiasme para pecinta otomotif Indonesia yang menantikan LMPV ini.

Terlepas dari euforia kehadiran All New Suzuki Ertiga, pihak Suzuki juga dijadwalkan akan memperbaharui sedan mereka yang sebasis denga versi lawas dari LMPV mereka. Bukan Suzuki Dzire, melainkan Suzuki Ciaz. Namun versi facelift dari Suzuki Ciaz sendiri termonitor ada di India, bukan di Indonesia. Mengapa? Jelas, karena penjualan Suzuki Ciaz di Indonesia bukan hanya rendah, namun sudah tiarap, Bahkan status dari sedan Suzuki ini seperti mati segan hidup pun tak mau. Di India, Suzuki Ciaz Facelift sendiri sudah sempat tertangkap kamera sedang diuji jalan, yang memberikan indikasi bahwa mobil ini akan segera menyapa publik India dalam waktu dekat.

Detail lain yang muncul dan cukup menarik adalah perihal mesin yang digunakan oleh Suzuki Ciaz Facelift. Mesin yang digunakan di small sedan Suzuki ini sendiri dikabarkan akan naik menjadi 1.500cc, setelah sebelumnya mengikuti tren mesin 1.400cc K14 milik Suzuki Swift lawas dan Suzuki Ertiga lawas. Fakta ini sendiri seolah klop dengan kehadiran dari All New Suzuki Ertiga yang juga mengusung mesin K15B yang memiliki kubikasi yang serupa. Jadi, apakah Suzuki Ciaz Facelift akan menggunakan mesin K15B yang sama? Bisa jadi, namun bisa juga tidak, karena memang semuanya masih spekulatif. Namun jika melihat tren yang ada, bisa jadi Suzuki Ciaz facelift memang menggunakan mesin K15B.

Hal ini didukung dengan status dari Maruti Suzuki yang juga menjadi pusat pengembangan sekaligus produsen dari All New Suzuki Ertiga bersama dengan Indonesia, sehingga tentunya dari sudut pandang bisnis akan lebih oke jika Suzuki Ciaz menggunakan mesin serupa yaitu K15B, biar irit biaya. Sekilas tentang mesin K15B, mesin ini tenaganya Tenaganya meningkat cukup signifikan menjadi 104 Ps di 6.000 Rpm dan torsiya kini menjadi 138 Nm di 4.400 Rpm jika dibandingkan dengan mesin K14B. Mesin yang memiliki Multi Point Injection ini juga sudah memenuhi standar Euro 4 dari segi emisi. Klaim konsumsi bahan bakar yang di berikan Suzuki sebesar 16.73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18.06 km/liter untuk varian manual di All New Suzuki Ertiga.

Baca Juga : Suzuki Masih Jual Suzuki Ciaz, Namun Dengan Sistem ‘By Order’

Nah, apakah nantinya mesin K15B akan menjadi mesin yang digunakan beramai-ramai oleh jajaran mobil Suzuki lainnya? Bisa jadi. Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Sumber : Autocar India

Read Prev:
Read Next: