Toyota Siap Bantu Suzuki Rancang Mesin Dengan Efisiensi Mumpuni

Toyota Siap Bantu Suzuki Rancang Mesin Dengan Efisiensi Mumpuni
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski sudah punya Daihatsu sebagai perpanjangan tangan Toyota buat segmen menengah ke bawah, Toyota tidak berniat menahan diri untuk menggandeng partner lain untuk implementasi teknologi dengan target konsumen entry level. Ingatlah kalau Februari lalu, Toyota resmi memulai kerja sama dengan Suzuki untuk urusan berbagi pengetahuan, model dan teknologi. Ingat, di pasar kan biasanya Suzuki dan Daihatsu punya model yang kadang berbenturan.

Kembali ke Toyota dan Suzuki, mereka berdua sudah punya langkah pertama kerjasama dalam hal teknologi mesin. Pertama, Suzuki akan membuat mesin baru dengan efisiensi ultra tinggi dengan beberapa saran dan masukan teknologi dari Toyota dan Denso Corporation. Kedua, model-model yang dirancang Suzuki akan dijual juga oleh Toyota India, diwakili oleh Toyota Kirloskar Motor. Baik Toyota dan Suzuki akan menawarkan model hasil kerjasama di dealer masing-masing.

Model mobil yang dirancang oleh Suzuki dan diproduksi oleh Toyota Kirloskar Motor juga akan dijual di pasar Afrika dan negara-negara lain yang potensial oleh kedua merek, jadi tidak hanya Toyota saja yang jualan atau Suzuki saja yang jualan. Baik Toyota maupun Suzuki belum menjabarkan detail soal model dan teknologi yang mereka maksud, tetapi mereka akan mendiskusikan topik ini dalam waktu dekat untuk mewujudkan semuanya. Sementara itu, fokus utama kolaborasi Toyota-Suzuki akan menargetkan pasar India sebagai sasaran utama untuk saat ini.

Bisa dibaca, sebab Suzuki sangat kuat di India berkat Maruti, dan Toyota ingin belajar dari Suzuki bagaimana caranya menjual mobil di India. Berbicara tentang kerjasama, presiden Toyota, Akio Toyoda menyatakan: “Sebagai anggota masyarakat India, Toyota, bersama dengan Suzuki, akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kebebasan dan kesenangan dalam masyarakat masa depan mobilitas dan membuat mobil-mobil buatan India diapresiasi di Afrika dan di banyak negara lain.”

Pandangan yang serupa dengan Toyoda-san turut digemakan oleh ketua Suzuki, Osamu Suzuki dalam sebuah pernyataan: “Saya berharap supaya proyek-proyek hasil kolaborasi baru akan memberikan kontribusi bagi kesuksesan masa depan kedua perusahaan, tidak hanya di India, tetapi juga di pasar global.” Hm… Lepas dari VW, kini Suzuki bersama Toyota. Good luck buat keduanya ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: