Hah, Mazda MX-5 Baru Bakal Jadi Basis Toyota 86 dan Subaru BRZ Next Generation?

Hah, Mazda MX-5 Baru Bakal Jadi Basis Toyota 86 dan Subaru BRZ Next Generation?
0  komentar
kerjasama-toyota-dan-mazda

AutonetMagz.com – Entahlah, kalau dalam hal ini kami sedikit bingung dengan keputusan Toyota dan Mazda. Laporan terbaru dari Motoring berkata kalau duet mobil sport kembar Toyota 86 generasi terbaru bakal menggunakan sasis Mazda MX-5 SkyActiv berkode ND. Tak hanya 86 saja, kembarannya yakni Subaru BRZ dan Scion FR-S juga akan mendapat hal yang sama. Kenapa jadi begini?

Mazda-MX5-Reart-White-Background

Menurut seorang sumber yang mengetahui kondisi internal Toyota, rupanya situasi dan kondisi Toyota sedang sulit karena penyelesaian sasis baru mobil sport RWD mereka sudah mencapai tahap akhir. Sasis baru ini tak hanya akan jadi basis 86 baru, tapi juga mobil sport kecil baru di bawah 86 Tak tahu apa yang membuat mereka bingung, padahal katanya sudah tahap akhir, mungkin ada kendala yang susah diungkapkan.

toyota-86-castrol-WRC

Hanya ada satu kemungkinan. Kalau Toyota memakai sasis Mazda MX-5 baru, artinya sasis itulah yang akan jadi rangka 86 generasi baru,” demikian ungkap sumber internal tersebut. Hal lainnya lagi, mesin 86 baru bakal menjadi lebih kecil tapi dilengkapi dengan turbo. Kami tak tahu para penggila mobil sport bakal bilang apa, tapi kalau kami, kenapa tidak mesin 2.000 cc boxernya saja dikasih turbo?

Perlu diketahui, Mazda tidak hanya mau berbagi platform dan teknologi dengan Toyota saja, tapi juga dengan pabrikan Italia, Fiat. Yap, sasis Mazda MX-5 baru bakal digunakan juga oleh Fiat untuk membuat Fiat 124 Spider, tapi hanya sasisnya saja kok. Mesinnya akan dipinjam dari Alfa Romeo 4C yang berspek 1.750 cc 4 silinder turbo, alias mesinnya Alfa Romeo Giuiletta.

Alfa-Romeo-4C-Spider-Yellow

Di urusan lain, Toyota juga sedang mengerjakan sebuah proyek bersama BMW untuk membangkitkan kembali Toyota Supra baru yang digosipkan akan bernama SF-R. Memakai mesin 6 silinder buatan BMW, platform yang dihasilkan dari kerja sama keduanya akan digunakan Toyota untuk membuat Supra dan BMW untuk membuat Z4 baru.

Apa ini berita bagus? Kami bingung menjawabnya antara ya dan tidak. Kami ingin menjawab ya karena ini bisa membuat Toyota, Subaru, Scion dan Fiat mempelajari keunggulan sasis Mazda  dan menggunakan ilmu yang didapat untuk pengembangan teknologi. Apalagi ini bisa membuat ongkos produksi jadi lebih murah dan mudah berbagi komponen antara Toyota-Mazda-Subaru-Scion-Fiat.

wallpaper-toyota-ft-1

Tapi ini juga tidak bagus, kenapa? Mobil sport itu beda dengan mobil biasa, harus memiliki karakter unik yang membuatnya berbeda dan punya identitas dibanding mobil sport merek lain. Kalau ada 2 atau lebih mobil sport beda merek yang karakternya sama karena basisnya sama, terus apa uniknya? Kalau soal crossover hybrid Toyota-Mazda sih tak masalah deh, ini malah merambah ke mobil sport yang rata-rata penggunanya adalah car enthusiast.

Subaru-BRZ-STI-Performance-Concept-Belakang

Menurut kami proyek kembar 86-BRZ saja sudah agak aneh, karena “Subaru kok RWD” dan “Toyota kok boxer”, nah, nanti 86-BRZ-FRS-MX5-124 bakal sama basisnya semua, apa uniknya? Terlepas dari hal sentimentil ini, kami akui hasil engineering Toyota dan Subaru dalam meracik 86 dan BRZ sukses membuat mobil yang fun to drive. Meski kalah power dibanding RX-8 atau WRX STI misalnya, mereka masih tetap bisa mengajarkan senikmat apakah mengendarai mobil sport itu.

Bagaimana menurutmu? Apakah ini langkah yang bagus dari hasil kerja sama Toyota dan Mazda atau tidak? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Oki Ngew

    Jadi tambah bingung. Tapi menurut saya sasi mazda emang yg terbaik. Toyota pintar merakit mobil massal yg reliabel (krn teknologinya kuno)

    • fh34

      Menurut saya,mazda mungkin banyak membuat mobil fun to drive,toyota mengamati lalu memutuskan untuk bekerja sama deh

    • Cikiber

      Teknologi kuno? Tau kan mobil hidrogen toyota? Inget kan waktu dulu prius di olok2 sama pabrikan lain, ternyata sekarang pada ngikutin? Hahaha

      • Oki Ngew

        Mungkin maksud saya teknologi kuno bin uzur utk pasar indonesia

        • Cikiber

          kan yang ngedevelop di berita ini Toyota, bukan Toyota Astra Motor, jadi ga perlu di bawa-bawa Indonesianya.

    • putra

      Iya bro gw setuju, toyota avalon dan land cruiser super kuno ya! Toyota emang gabisa bikin teknologi canggih

      • ap88

        mesin hydogen,hsd ama mesin supra 1jz ama 2jz,mesin 1hdt land cruiser 80 dan 100 ama mesin 1vd land cruiser 200,mesin 1uz lexus yg malang melintang di dunia drifting ama mesin 3.5 camry 3.5q lo bilang jadul?,mesin toyota banyak yg kencang juga loh,cuma utk pasaran indonesia yg pada pake mesin jadul

        • Hillarius Satrio

          itu yang diketik putra pake makna satir, bukan arti sebenarnya

          • ap88

            Ohh ia deh,tidak semua mesin toyota kuno dan boyo

            Mau nanya mas hillsat,apakah kisah mazda dgn banyak pabrikan ini sama dgn cerita isuzu yg membuat trooper ampe kembar 7?

          • Hillarius Satrio

            yep, betul sekali

  • pescarolo

    Kl soal brbagi platform d dunia mobil kenceng, hypercar Ferrari Enzo Ferrari dan Maserati MC12 jg sebenernya ud duluan brbagi platform.
    Tp kl smp 5 merek sekaligus gini sih… duh

    • Hillarius Satrio

      kalo cuman antar 2 merek sih masih okelah, apalagi Enzo sama MC12 masih punya perbedaan desain dan performa.

      • ap88

        Lotus elise ama tesla roadster?

        • Hillarius Satrio

          Golf GTI sama Audi RS3 juga

  • ap88

    Kayak isuzu trooper ya,banyak bgt kembarannya,ada chevrolet,vauxhall,opel,holden,ssangyong ampe honda dan acura

  • ap88

    Gue gak setuju,soalnya toyota ninggalin filosofi hachiroku,kalo penerus supra kerjasama dgn bmw sih gapapa tapi kalo 86 jgn deh,toyota harus ngedevelop sendiri agar unsur hachiroku nya tetap ada

  • geox

    Kerja sama kok malah menurunkan mesin nya..hrsnya mkn gahar..mobil sport itu hrs ada ciri khas raungan knalpot donk..86 ama mazda mx5 sama aja kayak bawa mobil biasa umumnya layaknya bawa altis mazda 6 lah..cuma org tau itu 2 pintu…

    mobil sport jgn motonya fun to go fun to drive..itu mobil umum biasa..fun for extremer donk

  • wowkeren

    Kalo bagi platform aja bolelaaah… yang penting jangan kembar satu telor kayak 86 BRZ, avanza xenia, agya ayla, rush terios, ertiga VX-1.

  • Boncell

    Cuman berharap smoga mazda gak diPHPin toyota pas ada maunya. Mungkin toyota lelah, dia tau kapan mesti merangkul sbelum terlanjur jatuh…

    • tim

      Setuju bro

      • ap88

        Toyota udah pemalas gak kayak dulu

  • hendopry

    keistimewaan sasis mazda ini apa ya? hmm, yah semoga toyota makin ada improvements di new gen toyota 86

    • ekkyfir

      sasis mazda skrg bisa dibilang sasis yg sangat bagus dan mempunyai pengendalian yg hebat, apalagi mx-5 dari dulu sasis nya sudah terkenal dgn pengendalian nya yg hebat

  • ekkyfir

    mungkin toyota sudah lelah dan kehabisan ide

  • antman

    Jadi homogen gini ya lama2 semua pabrikan mobil jadi satu… platform sama tp ditebus dgn harga berbeda sesuai merk dan tipe… merasa ada yg tidak adil disini…

  • antman

    Jadi homogen gini ya lama2 semua pabrikan mobil jadi satu… platform sama tp ditebus dgn harga berbeda sesuai merk dan tipe… merasa ada yg tidak adil disini…

  • tim

    Mazda ini mau aja diajak kerjasama toyota.. lu mau ambil teknologi apa dari toyota? Hidrogen? Hybrid? Atw 1NZ-FE mau diskyactiv-in? Yg ada teknologi lu yg diembat terus sama toyota.. misal toyota ngambil platform mx5, lu mau ngambil platform avanza? Haduhh..

    • ap88

      mungkin mazda mau kembangin hybrid non skyactiv,soalnya mazda pernah bilang ama autocar dan autoexpert kalo tdk akan membuat hybrid berbasis skyactiv,sementara di jepang dan beberapa negara lainnya hybrid sangat laris dan didewakan ama produsen lain termasuk toyota,dan itulah yang membuat mazda membuat rencana jangka panjang utk membuat mesin hybrid,maka dari itulah mazda mengajak toyota kerjasama,salah satunya untuk membuat mobil/mesin hybrid dari nol bersama sama