Samsung Safety Truck, Truk Bermonitor Buatan Samsung Membuat Menyalip Jadi Lebih Aman

Samsung Safety Truck, Truk Bermonitor Buatan Samsung Membuat Menyalip Jadi Lebih Aman
0  komentar
samsung-safety-truck

AutonetMagz.com – Kalau sudah berada di belakang truk atau bus dan sedan melaju di jalur 2 arah yang sempit, butuh lebih dari sekedar perhitungan biasa untuk menyalip kendaraan besar tersebut, apalagi di jalan Pantura. Karena ukurannya besar, butuh waktu ekstra untuk menyalip bus atau truk, apalagi kalau mobil anda tenaganya payah dan banyak kendaraan datang dari arah berlawanan yang memperbesar risiko tabrakan adu kambing, itu sangat berbahaya.

Raksasa teknologi Korea, Samsung baru menghadirkan gagasan cemerlang untuk membuat angka kecelakaan akibat gagal menyalip truk atau bus di jalur sempit bisa dikurangi, khususnya di Argentina di mana jalur sempit 2 arah sangat mudah ditemui di sana. Menurut statistik, setiap satu jam terjadi satu kecelakaan kendaraan bermotor di sana.

monitor-samsung-safety-truck

Samsung Safety Truck adalah wujud nyata gagasan tersebut. Sistemnya mudah, pasang kamera di bagian depan truk dan gambar yang ditangkap kamera akan ditayangkan ke monitor yang dipasang di belakang truk. Dengan ini, mobil yang ada di belakang truk bisa tahu kondisi jalan di depan truk, apakah memungkinkan untuk menyalip atau tidak. Cerdas kan?

Samsung mengklaim bahwa sistem ini beroperasi penuh dengan beberapa prototipe yang sudah disebar di sejumlah tempat di Argentina. “Sejauh ini Samsung telah mampu mengonfirmasi bahwa teknologinya bekerja dan ide ini pasti dapat menyelamatkan nyawa banyak orang,” kata perusahaan Korea itu dalam sebuah pernyataan. Saat ini, Samsung bekerja sama dengan pemerintah daerah dengan harapan untuk menerima persetujuan untuk menyebarkan truk bermonitor itu di jalan umum.

Selain Argentina, sepertinya truk-truk seperti ini harus ada juga di Indonesia. Apalagi di Pantura biasanya truk-truk besar itu biasanya berjalan di jalan sebelah kanan di mana itu harusnya jalan untuk menyalip, dan itu sangat menjengkelkan. Penasaran bagaimana kemampuan truk ini? Yuk simak video di bawah ini!

Read Prev:
Read Next: