Suzuki Jimny Terbaru Akan Dijual di Thailand, Impor Dari Indonesia?

Suzuki Jimny Terbaru Akan Dijual di Thailand, Impor Dari Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sosok dari Suzuki Jimny terbaru memang cukup menarik bagi banyak orang, apalagi sosoknya kini lebih tegas dengan bentuk mengotak, namun tak meninggalkan proporsi body yang mungil seperti para pendahulunya. Dan lagi, Suzuki Jimny terbaru merupakan mobil yang sudah dinantikan oleh penggemarnya sejak lama, maklum karena generasi sebelumnya berusia hingga 20 tahun lamanya. Lalu, setelah dirilis di Jepang, apakah Suzuki Jimny terbaru berkode JB64 dan JB74 ini akan segera go international? Jawabannya adalah, Iya.

Yap, Suzuki Jimny JB64/JB74 akan segera go international, dan negara berikutnya yang menjadi tujuan dari mobil ini adalah Thailand, bukan Indonesia. Lho? Indonesia bagaimana? Tunggu kejutannya, kita bahas mengenai pasar Thailand terlebih dahulu. Jadi, mengutip dari forum HeadlightmagPihak Suzuki Thailand telah mengumumkan secara resmi bahwa pihaknya akan membawa Suzuki Jimny generasi keempat ini ke Thailand, dan menjualnya disana. Walaupun begitu, masih belum jelas apakah Suzuki Jimny di Thailand akan berstatus CBU ataupun CKD, karena ada beberapa opsi yang disebutkan di dalam sumber tersebut. Opsi pertama adalah mendatangkan Suzuki Jimny Sierra dari Jepang, tempat kelahiran dari mobil ini. Opsi ini merupakan opsi termudah dan tercepat, mengingat pihak Suzuki Thailand hanya perlu mengimpor dari negara yang sudah memproduksi mobil ini.

Opsi kedua adalah merakit Suzuki Jimny JB64/JB74 ini di Thailand, dan hal ini cukup masuk akal karena pihak Suzuki sendir punya pabrik perakitan di Thailand. Opsi ketiga adalah mengimpor unit Suzuki Jimny dari Indonesia. Yap, kalian tak salah baca, karena opsi ketiga inilah yang akan menjadi clue tentang kehadiran dari Suzuki Jimny di tanah air, apalagi unit mesin dari Suzuki Jimny adalah K15B yang juga diproduksi di Indonesia dan digunakan oleh All New Suzuki Ertiga. Dari sumber tersebut masih belum jelas kapan Suzuki Jimny akan masuk ke Thailand, mengingat opsi kedua dan ketiga tentunya butuh waktu yang lebih lama, khususnya untuk mempersiapkan jalur produksi dari mobil ini, dan semakin lama jikalau menunggu impor dari Indonesia, karena tentunya pihak SIS harus memenuhi dahulu pasar lokal, baru melakukan ekspor.

Suzuki Jimny generasi terbaru ini memang merupakan produk yang kami prediksi akan laris manis, mengingat bentuknya dan juga nilai historis dari mobil ini. Suzuki Jimny menggunakan mesin 660cc berkode RO6A untuk varian standar di Jepang, dan untuk varian Suzuki Jimny Sierra menggunakan mesin 1.500cc K15B. Untuk sistem gerak, Suzuki Jimny 2019 mengandalkan sistem gerak 4 roda yang diberi nama Suzuki Allgrip pro AWD System, yang mana sekali lagi diklaim oleh Suzuki sebagai ‘Designed for Professional’. Mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang tergabung dalam Suzuki Safety Support, yang melingkupi Dual Sensor Brake Support (DSBS), lane departure warning and weaving alert function, high-beam assist, dan traffic sign recognition.

Nah, di Jepang mobil ini dijual dengan banderol 189 jutaan, namun itu berlaku untuk varian Suzuki Jimny biasa, yang bukan Sierra. Sedangkan varian yang diprediksi akan dipasarkan di luar Jepang adalah varian Sierra, dan di Jepang, mobil ini dibanderol dengan harga mulai 262 jutaan Rupiah. Lalu, apakah mobil ini akan menjadi lebih murah saat diproduksi di Thailand ataupun di Indonesia nantinya? Yuk kita tunggu saja tanggal mainnya. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: