Suzuki Baleno RS Disuntik Mati di India, Indonesia Bagaimana?

Suzuki Baleno RS Disuntik Mati di India, Indonesia Bagaimana?
0  komentar

AutonetMagz.com – Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu bahwa di India Suzuki Baleno dijual dalam 2 model, yang pertama adalah Suzuki Baleno versi biasa dan yang kedua adalah versi RS. Dan seperti kebanyakan penyandang nama ‘RS’ di merk – merk lain, maka varian tersebut mendapatkan tampilan yang berbeda dan lebih sporty. Nah, kabar kurang menyenangkan muncul terkait Suzuki Baleno RS. Eksistensi dari Suzuki Baleno RS di Negeri Bollywood ternyata sudah resmi berakhir, dan varian ini disuntik mati.

Suzuki Baleno RS 2019

Mengutip informasi via IndianAutosBlog, pihak Maruti Suzuki selaku APM dari Suzuki di India telah resmi menyuntik mati Suzuki Baleno RS karena kurangnya permintaan akan varian ini. Jadi, saat nantinya Suzuki Baleno beralih ke standar emisi BS-VI, tidak akan ada lagi varian RS. Stok dari Suzuki Baleno RS sendiri masih ada di diler – diler Suzuki di India, dan tinggal menunggu terjual. Sosok Suzuki Baleno RS sendiri sebenarnya cukup menarik, karena selain memiliki tampilan yang lebih sporty, mobil ini juga memiliki mesin yang berbeda dengan varian standar.

Suzuki Baleno Indonesia

Jikalau Suzuki Baleno biasa menggunakan mesin K14B, maka Suzuki Baleno RS menggunakan mesin K10C 1.000cc Boosterjet Turbo 3 silinder. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 102 PS pada 5.500 rpm dan torsi 150 Nm pada 1.700 hingga 4.500 rpm. Walaupun secara tenaga tidak lebih besar dari mesin K15B milik All New Suzuki Ertiga, namun mesin K10C sudah lebih bertenaga dibandingkan mesin K14B. Selain itu, torsi juga bisa dikail dari putaran mesin yang cukup rendah. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan, namun sayangnya tidak ada varian otomatis.

Suzuki Baleno RS

Lantas, jika Suzuki Baleno RS disuntik mati di India, apa hubungannya dengan Indonesia? Ada sedikit. FYI, Suzuki Baleno yang dijual di Indonesia merupakan varian nano nano, dimana mobil ini ditawarkan dengan mesin K14B ala Suzuki Baleno standar namun dengan styling ala Suzuki Baleno RS di India. Disuntik matinya Suzuki Baleno RS bisa jadi berpengaruh pada ketersediaan part body dari Suzuki Baleno untuk pasar Indonesia. Suzuki Baleno RS sendiri adalah salah satu produk Maruti Suzuki yang usianya cukup pendek. Varian ini diperkenalkan di bulan Maret 2017, jadi ber tahun ini baru berusia 3 tahun saja.

Bagaimana pendapat kalian kawan? Yuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: