GMC Hummer EV SUV, Gagah Perkasa Tanpa Bawa Pistol

GMC Hummer EV SUV, Gagah Perkasa Tanpa Bawa Pistol
0  komentar

AutonetMagz.com – Belum lama ini jagat maya Indonesia dihebohkan dengan koboi jalanan yang membawa pistol berjenis air gun (bukan air soft gun) mengendarai sebuah SUV ladder frame. Sontak warganet langsung mengangkat sebuah stereotip mengenai pengendara SUV ladder frame, namun memang SUV ladder frame bisa memberikan perasaan percaya diri, gagah dan berkuasa terhadap siapa pun yang mengendarainya, karena mobilnya tinggi, besar dan bertenaga, apalagi kalau 4WD.

Namun ingatlah kata pepatah, di atas langit masih ada langit. Masih banyak SUV gagah lain yang bisa bikin pede tanpa perlu bawa pistol, salah satunya ya GMC Hummer ini. Dulu, kalau bawa Hummer pasti pengemudi lain langsung takjub, terkesima atau malah takut dengan sosoknya yang kotak, kekar dan dominan di jalan. Kini, Hummer baru sudah lahir dan karakter machonya masih dipertahankan dari generasi terdahulu, bisa membuat pengendaranya merasa gagah tanpa pistol.

Tenaga Mengalahkan Lamborghini

Bukan hanya kekar secara penampilan, GMC Hummer EV SUV yang menyusul versi pickup truck-nya ini juga kekar secara kekuatan. Versi yang kita lihat ini adalah GMC Hummer EV SUV Edition 1, ia memiliki 3 motor listrik dengan total tenaga 830 hp. Sebagai perbandingan, Lamborghini Aventador SVJ saja tenaganya masih kalah lho oleh SUV kotak yang ukurannya sebesar AEON BSD ini. Torsinya juga tidak main-main, yakni 15.592 Nm. Yap, torsi itu cukup untuk menghancurkan aspal.

Oh ya, buat yang belum ngeh, Hummer baru kini memang lahir sebagai mobil listrik, bukan bermesin bensin V8 seperti Hummer lama. Entah mengapa Hummer SUV baru ini tidak diberikan tenaga 1.000 tenaga kuda seperti versi pickup truck-nya, tapi GMC menjamin Hummer ini bisa menempuh jarak sejauh 483 km sebelum baterainya habis. Jika dilengkapi dengan paket Extreme Off-Road untuk memudahkannya main tanah, jarak tempuhnya turun jadi 451 km, tapi itu masih sangat cukup lah.

Tampang Anti Basa-Basi

Mobil listrik biasanya punya bentuk yang mengalir untuk memperlancar aliran angin, tapi Hummer merasa itu semua hanya omong kosong. Kalau ingin menciptakan sebuah Hummer, bentuknya harus kotak dan tegas, maka itulah yang terjadi. Wajah Hummer baru didominasi oleh lampu depan LED yang melebar dari kiri ke kanan plus LED orange 3 titik. Hadirnya skid plate depan dan D-ring untuk derek malah menambah kekar penampilan mobil listrik ini.

Sesuai kodratnya sebagai mobil yang gagah dari lahir, mobil ini sudah memakai ban semi off-road dari standarnya, biasa disebut orang Indonesia sebagai “ban tahu” karena kembangnya mirip tahu. Keempar fendernya besar dan melebar untuk mengakomodir ban besar tersebut. Jika ingin lebih garang, pembeli bisa memilih paket Extreme Off-Road untuk mendapatkan ban tahu 35 inci, kamera untuk off-road, proteksi bagian kolong mobil dan pengunci gardan virtual.

Seperti SUV sungguhan lainnya, GMC Hummer EV ini tidak ragu untuk menggendong ban serep di pintu bagasinya atau lebih akrab disebut ban serep konde. Atap GMC Hummer EV juga bisa dilepas per panel jika ingin sensasi lega berkat atap terbuka, dan panel-panel atapnya bisa disimpan di bagasi depan. Eh, bagasi depan? Ya, karena tidak ada mesin V8 yang besar di depan, bagian depan mobil bisa difungsikan sebagai bagasi.

Bisa Menyetir Sendiri

General Motors selaku induk Hummer memiliki sistem SuperCruise, sistem autopilot yang memungkinkan mobil bisa menyetir sendiri. Mereka telah memindai lebih dari 321.000 km jalanan di Amerika Serikat dan Kanada supaya pengemudi bisa lepas tangan dan membiarkan mobilnya menyetir sendiri. Selama mata pengemudi fokus ke depan, sistem ini akan berjalan baik-baik saja dan akan diperbarui melalui software update. Macam HP ya?

SUV listrik ini baru akan mulai dikirim ke pembelinya tahun 2022 mendatang dengan rentang harga mulai 80.000 dollar AS hingga 111.000 dollar AS, atau sekitar 1,1 M Rupiah hingga 1,6 M Rupiah. Ada beberapa varian, yakni Hummer EV 2 dan 2X yang pakai 2 motor listrik, sementara varian 3X, Edition 1 dan Edition 1 plus paket Extreme Off-Road pakai 3 motor listrik. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: