Subaru WRX STI Baru Patenkan Tenaga 310 Horsepower

by  in International&Subaru
Subaru WRX STI Baru Patenkan Tenaga 310 Horsepower
0  komentar

AutonetMagz.com – Tadinya kami pikir, dengan masuknya Mitsubishi Lancer Evolution ke liang lahat justru akan memudahkan jalan Subaru WRX STI di kancah mobil sport saloon, mengingat rival utama dan abadinya sudah tak ada. Nyatanya, jalan Subaru malah tambah susah, karena Subaru harus mencari rival lain untuk jadi target. Tentu saja mereka harus berkompetisi, sebab perjalanan tanpa lawan ibarat makan sayur tanpa garam. Hambar.

Dengan merilis edisi terbatas Subaru WRX STI Type RA yang mendapat seabrek modifikasi berorientasi sirkuit, Subaru menandakan kalau generasi yang sekarang sudah mendekati batas usianya. Masalahnya, jika ingin menargetkan rival asal Eropa seperti Audi RS3, AMG A45 dan lain-lain, mereka tenaganya sudah mendekati 400 hp-an. Dulu sih jarang hatchback 400 hp, sekarang malah lain cerita. Ingat deh, sekitar 10 tahun lalu, 400 hp itu bisa didapat di BMW M5 E60.

Karena itu, Subaru tak bisa tinggal diam. The Truth About Cars melaporkan bahwa Subaru WRX STI yang akan hadir di tahun 2020-an bakal punya 310 hp. Informasi ini didapat dari “Dekoder VIN yang dikirim ke NHTSA” di Amerika. Masih kecil lho dibanding Audi RS3 atau AMG A45, tapi Subaru mungkin bakal berkelakar,”Lah, hot hatchback baru Jepang yang tercepat di Nurburgring juga segitu kok powernya.” Ya sudahlah, lagipula masih terlalu awal untuk berkomentar ini-itu.

Sementara untuk WRX biasa yang tidak pakai nama STI, tenaganya bakal dibatasi di 268 hp-an. Sekali lagi. Urusan mesin, Subaru mungkin akan menyudahi kiprah mesin legendaris EJ25DET yang sudah menemaninya selama belasan tahun. Alasannya, meski banyak fans garis keras Subaru yang suka, mesin ini sudah tidak kompetitif melawan mobil kencang asal Eropa. Jawaban yang paling logis adalah : Subaru WRX STI harus ganti mesin.

Mesin yang akan diandalkan kemungkinan adalah mesin FA24, mesin boxer 2.400 cc 4 silinder dari Subaru Ascent, namun akan ditendang tenaganya dengan penggunaan turbo yang lebih besar. Sokongan sistem hybrid buat Subaru WRX STI pun mulai mendengung, sehingga WRX STI yang akan datang di 2020 mungkin jadi STI pertama yang berteknologi hybrid. Soal transmisi, Subaru masih percaya girboks manual dan penggerak AWD khasnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: