GIIAS 2021 : Toyota Catatkan 4.502 SPK, Veloz & Avanza Dominan!

GIIAS 2021 : Toyota Catatkan 4.502 SPK, Veloz & Avanza Dominan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 telah resmi berakhir pada hari minggu, 21 November 2021 kemarin. Dan seperti biasa, sejumlah pabrikan yang ambil bagian dalam kegiatan ini akan mulai membagikan data dari SPK yang berhasil mereka capai selama 11 hari pelaksanaan GIIAS 2021. Dan yang paling pertama adalah Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM dari Toyota di Indonesia. TAM menjabarkan bahwa mereka berhasil memperoleh 4.502 SPK selama pelaksanaan GIIAS 2021. Dan sesuai dengan judul di atas, duet baru di segmen LMPV yaitu All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz berhasil menduduki posisi pucuk dalam hal jumlah SPK. Mari kita bahas lebih lanjut.

Veloz dan Avanza Dominasi Penjualan Toyota

Sebenarnya, pihak TAM menyatakan bahwa mereka tidak menargetkan angka khusus dalam hal penjualan di GIIAS 2021 ini. Walaupun begitu, capaian 4.502 unit selama ajang ini tetap disyukuri oleh pihak TAM. “Kami bersyukur atas respon positif terhadap kehadiran All New Veloz dan All New Avanza, dimana respon yang sangat baik ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di berbagai sector, termasuk industri otomotif,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto. All New Toyota Veloz dan All New Toyota Avanza memberikan kontribusi terbesar, dengan masing-masing 823 unit dan 711 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota. Selain itu, All New Toyota Veloz juga berhasil memenangkan perhargaan sebagai “Mobil Penumpang Terfavorit”. Sebuah prestasi yang tentunya bisa membuat para petinggi TAM tersenyum gembira.

Selain duet LMPV baru tersebut, di posisi 5 besar kontributor SPK juga bercokol nama Toyota Raize sebanyak 651 unit (14,4%), lalu nama Toyota Innova sejumlah 633 unit (14%), dan Toyota Fortuner sebanyak 529 unit (11,7%). Produk GR Sport Toyota juga cukup diminati pelanggan, di mana komposisinya ada yang mencapai 87% jika dibandingkan dengan tipe non GR Sport. Jadi, untuk model – model yang memiliki varian GR-S, maka varian tersebutlah yang digemari konsumen. Belum selesai sampai di sana, pihak TAM juga bisa tersenyum lebar berkat prestasi dari kendaraan elektrifikasi mereka. Secara umum, Toyota berhasil mencatatkan penjualan mobil hybrid dengan komposisi yang signifikan dibandingkan varian ICE di model yang sama. Contohnya, untuk Toyota Camry, 71% konsumennya memilih varian HEV. Sedangkan untuk Toyota Corolla Cross, 64% konsumennya juga condong ke varian berteknologi hybrid.

Modal Baik Bagi Toyota di 2022

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat sehingga tetap memilih Toyota sebagai pendukung mobilitasnya. Toyota senantiasa berupaya menghadirkan ever-better cars sebagai bagian dari Mobility Happines for All. Kami berharap, kehadiran Toyota pada GIIAS 2021 ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya memperkenalkan dan mensosialisasikan teknologi terkini kepada masyarakat dalam mendukung penuh kebutuhan mobilitas di masa depan, termasuk perkembangan industri otomotif,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda. Dengan capaian ini, nampaknya Toyota bisa tersenyum di akhir tahun 2021 ini. Sejauh ini, mereka telah membukukan sekitar 230 ribuan unit selama tahun 2021 ini. Memang, angkanya masih belum menyamai capaian di tahun 2019 silam, namun jelas sudah jauh meningkat dibandingkan tahun 2020 silam. Bahkan, kenaikannya sudah mencapai angka 80% dibandingkan tahun lalu. Nampaknya, capaian ini bisa jadi gambaran positif untuk menyambut tahun 2022 mendatang.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: