New Toyota Yaris Hatchback Tak Dijual di India Karena Kemahalan

New Toyota Yaris Hatchback Tak Dijual di India Karena Kemahalan
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar otomotif Indonesia di awal tahun 2018 ini mendapatkan kejutan dari pihak Toyota Astra Motor (TAM) dengan kehadiran New Toyota Yaris, walau tak mengejutkan amat karena sang mobil sudah ada terlebih dahulu untuk pasar Thailand. Namun yang menarik dari New Toyota Yaris ada pada sisi harga berbanding dengan fitur baru yang ditawarkan & perubahan desainnya yang cukup worth dibandingkan para rivalnya.

Yap, New Toyota Yaris sendiri mengusung fitur keselamatan yang komplit, sebab semua tipe mendapatkan 7 buah airbags, stability control, ABS, EBD, BA, hill start assist dan jok ISOFIX, sebuah improvement yang sangat positif jika dibandingkan dengan pendahulunya. Nah, dengan penambahan beberapa hal tersebut, harga dari small hatchback milik Toyota ini juga tak meningkat jauh yang membuatnya memiliki nilai tambah positif, diluar desain yang memang kembali ke selera masing – masing. Lalu, jika di Indonesia dan Thailand mobil ini mendapatkan ubahan yang positif, apakah mobil ini juga akan menuju pasar – pasar lain yang lebih prospektif? India contohnya? Jawabannya tidak.

Yap. Mengutip via Drivespark, pasar India sudah dipastikan tak akan mendapatkan New Toyota Yaris versi hatchback, sedangkan untuk untuk versi sedan yang kita kenal dengan nama New Toyota Vios di Indonesia malah dijual di sana dengan nama New Toyota Yaris. Lalu mengapa pihak Toyota India tak berminat untuk memasarkan New Toyota Yaris versi hatchback di Negeri Bollywood tersebut? Jawabannya adalah perkara Harga. Harga dari New Toyota Yaris versi hatchback dengan segudang fitur baru yang diberikan akan melambung hingga menyentuh angka 10 lakh atau 12 lakh alias mencapai 208 hingga 250 jutaan Rupiah. Lho? Bukannya itu harga yang murah untuk sebuah New Toyota Yaris versi hatchbackEits, tunggu dulu.

New Toyota Yaris versi hatchback yang dimaksud bukanlah mobil dengan unit mesin berkubikasi 1.500cc bermesin 2NR yang kita kenal, melainkan bermesin 3NR berkubikasi 1.200cc yang ada di Thailand. Yap, mengusung mesin yang lebih kecil, maka tentunya lawan dari New Toyota Yaris versi hatchback di India juga berbeda dengan lawannya di Indonesia. All Suzuki Swift, Hyundai i20 Elite, Maruti Baleno, Ford Freestyle, dan Nissan Micra adalah lawan yang harus dihadapi oleh pihak Toyota, dimana mobil – mobil tersebut tersebut punya banderol separuh dari prediksi harga New Toyota Yaris versi hatchback jika dijual di India sana. Pihak Toyota nampaknya masih mempercayakan segmen ini pada Toyota Etios Liva yang dibanderol antara 5,5 lakh hingga 5,8 lakh.

Baca Juga : Inilah Sosok Toyota Yaris Ativ TRD di Bangkok Motor Show 2018

New Toyota Yaris versi sedan sendiri dijual di India dengan banderol mulai dari 8,75 lakh alias di angka 182 jutaan Rupiah. Nah, jadi bagi kalian yang menyukai sosok dan kelengkapan dari New Toyota Yaris versi hathback, nampaknya kalian harus bersyukur jika kalian ada di Indonesia. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: