GIIAS 2019 : Ini Daftar Mobil Baru yang Haram Dilewatkan! (Part 1)

by  in Audi&BMW&Daihatsu
GIIAS 2019 : Ini Daftar Mobil Baru yang Haram Dilewatkan! (Part 1)
0  komentar

AutonetMagz.com –Pameran GIIAS 2019 akan dimulai dalam hitungan minggu. Iya, tanggal 18 Juliyang jadi pembukaan GIIAS 2019 di ICE BSD tak terasa sudah semakin dekat, dansemakin menyenangkan untuk mengetahui mobil baru apa saja yang bisa kita simakdi sana. Untuk itulah, kami susun sedikit daftar mobil baru di GIIAS 2019 yangtidak boleh kita lewatkan begitu saja, entah untuk sekedar dilihat atau mungkindibeli.

Kami pisah artikel ini menjadi 2 bagian, karena cukup banyak mobil yang mau unjuk gigi di GIIAS 2019, bahkan di antaranya jadi World Premiere dan Asean Premiere. Kami susun berdasarkan urutan abjad, jadi kami mulai dari merek yang berawalan huruf A dulu, yaitu :

Audi : Audi Q8

Audi, meski jarang menggebrak secara besar-besaran, untuk GIIAS 2019 mereka ingin membawa sesuatu yang besar dan berharap gaungnya juga besar. Setelah puas dengan Audi A3 2 tahun lalu dan Audi A8 plus Audi RS5 tahun kemarin, kali ini mereka membawa Audi Q8. Ini adalah paduan SUV-Coupe pertama Audi dan ia duduk sebagai mobil yang lebih “wah” dibandingkan Audi Q7, khususnya berkat pintu frameless dan siluet yang lebih sporty.

Sama seperti Audi A8, fitur Audi Virtual Cockpit yang cerdas bin keren, bahkan dual screen untuk sistem MMI dan AC-nya bakal hadir di Audi Q8. Kami prediksi, Audi Q8 juga bakal disematkan dengan suspensi udara dan atap kaca, meski kami agak pesimis dengan yang terakhir tadi. Untuk varian, kami rasa Audi Indonesia akan menghadirkan varian 55 TFSI bermesin 3.000 cc V6 turbo bertenaga 340 hp, transmisi 8 percepatan dan penggerak AWD Quattro kebanggaan Audi.

BMW : BMW X7 dan BMW 3-Series G20

Entah BMW akan meluncurkan keduanya secara langsung atau salah satu saja, tapi jelas kedua mobil ini sangat menarik perhatian konsumen segmen premium di Indonesia. Mulai dengan BMW X7 saja, karena ini yang paling kontroversial. Terlepas gril super besarnya, ternyata SUV ini sanggup menarik minat saat tampil sebagai konsep. SUV mewah 3 baris ini kami rasa akan dijual dengan mesin 3.000 cc 6 silinder turbo 335 hp dengan transmisi 8 percepatan dan penggerak AWD sebagai BMW X7 xDrive40i.

Sementara BMW 3-Series G20, kami pribadi lebih tertarik dengan ini dibanding X7. Diklaim sebagai BMW 3-Series paling advanced, khususnya di bagian interior dengan kabin yang membaik dan lebih lega. Kami rasa varian BMW 320i bermesin 2.000 cc turbo 184 hp agak mustahil masuk, kecuali BMW ingin membuat 3-Series lebih terjangkau. Kami lebih penasaran dengan BMW 330i M Sport baru bermesin 2.000 cc 4 silinder turbo 258 hp plus aksesoris ala BMW M. Sedap ini harusnya…

Daihatsu : Konsep MPV Hybrid

Jika tak ada aral melintang, Daihatsu Indonesia akan mempersembahkan sebuah mobil konsep. Yaa… Sebenarnya bukan pertama kali sih Daihatsu memajang mobil konsep di pameran seperti GIIAS, justru ini jadi menu tahunan mereka. Siapa yang ingat dengan konsep Daihatsu DN-Multisix, Daihatsu DN F-Sedan dan konsep-konsep mereka yang biasanya imut? Tapi Daihatsu menjanjikan konsep kali ini bakal menjadi arah masa depan mobil hybrid di Indonesia.

Adalah sebuah konsep mobil MPV hybrid baru Daihatsu yang akan jadi bintang mereka di GIIAS 2019. MPV ini, menurut Daihatsu, adalah hasil riset dan studi mereka sendiri untuk meracik mobil keluarga hybrid seukuran Daihatsu Xenia yang cocok untuk pasar Indonesia dan mendapat masukan dari Jepang. Andai terealisasi jadi nyata, kami harap pemerintah sudah cepat-cepat memberi keringanan untuk mobil hybrid, listrik dan sejenisnya.

DFSK : DFSK Glory 580 Pro dan iX5

Pada konferensi pers Gaikindo soal GIIAS 2019 di The Pallas, DFSK Indonesia berkata,”Kami akan pamerkan 2 SUV kami.”. Kami harap itu di luar produk yang sudah mereka jual, yakni DFSK Glory 580 dan Glory 560, sebab DFSK konon akan melakukan preview terhadap model-model baru yang konon sedang digodok untuk pasar Indonesia. Yang pertama, mungkin saja DFSK Glory 580 Pro, alias 580 facelift yang sudah muncul di tanah kelahirannya.

Namun perhatian kami ada pada DFSK iX5. Jika DFSK Indonesiaserius mendatangkan SUV Coupe ini, ini akan jadi pertama kalinya kita melihatSUV Coupe China di GIIAS 2019. Tampilan luar dalamnya dibuat jauh lebih menarikdaripada Glory 580 dan 560, namun untuk mesin ia sangat familiar. Adalah mesin1.500 cc turbo  150 PS dan 220 Nm yangidentik dengan Glory 580 dan 560, jadi kita bisa mendapatkan gaya yang kerendengan rasa mesin yang tak asing.

Honda : Honda Accord Turbo CV1

Tahun lalu, Honda Indonesia membuat heboh dengan world premiere Honda Brio generasi kedua, dan tahun ini mereka ingin memperkuat pasukan turbo mereka dan menegaskan kalau mereka adalah merek Jepang non-premium di Indonesia yang berani melengkapi modelnya dengan mesin turbo, menyusul Lexus dan Subaru yang sudah main mesin turbo di sini. Untuk itu, Honda Indonesia diperkirakan akan meluncurkan Honda Accord Turbo 2019.

Honda Accord yang akan masuk dan dijual di Indonesia akan berkode sasis CV1, dan ia sepertinya akan dijuluki “Salam satu mesin”. Ya, Honda Accord Turbo Indonesia akan pakai mesin 1.500 cc turbo yang sama dengan Honda CR-V Turbo, bertenaga 190 PS plus transmisi CVT. Dengan adanya Honda Accord Turbo, lengkaplah jenis varian sedan sejenisnya di teknologi mesin. Ingat, Mazda 6 pakai naturally aspirated, Toyota Camry ada yang mesin hybrid, sementara mesin turbo diwakili Honda Accord.

Lexus : Lexus LF-1 Limitless

Performa Lexus di GIIAS tidak pernah lepas dari mobil-mobil konsep yang mereka bawa. Di samping produk-produk Lexus yang mereka jual seperti UX, NX, RX dan LX plus sedan seperti ES dan LS, mobil konsep Lexus selalu jadi penarik perhatian. Pada konferensi pers GIIAS 2019, Lexus menampakkan teaser konsep yang akan mereka bawa kesini. Bisa diidentifikasi bahwa itu adalah teaser dari mobil konsep Lexus LF-1 Limitless

Lexus LF-1 Limitless sendiri adalah konsep SUV masa depan Lexus, dan akan diposisikan sebagai “flagship crossover” di jajaran Lexus. Dengan muka berhiaskan spindle grille yang agresif ala Lexus dan siluet atap rendah bak coupe, mobil ini kelihatan radikal dan sangar, pokoknya jauh dari kata konservatif. Jika jadi diproduksi, ada gosip bahwa mobil ini akan pakai mesin 4.000 cc V8 twin turbo.

Mazda : Mazda 3 2019 Hatchback dan Sedan

Kalau yang satu ini, kami beruntung sudah mencobanya duluan di Jepang ( Baca juga : First Impression Review Mazda 3 2019 dan First Drive Review Mazda 3 2019 ). Mobil ini adalah mobil yang berusaha memposisikan ulang kelasnya melalui ubahan total pada desain, kualitas dan driving experience. Untuk mesin, lupakan mesin SkyActiv-X yang revolusioner karena mesin itu akan tampil di Eropa lebih dulu.

Kemungkinan besar kita akan dapat mesin bensin naturally aspirated dari Mazda 3 lama yang sedikit dioptimalkan pada Mazda 3 baru. Akan datang dalam 2 jenis bodi, yakni hatchback dan sedan, sama halnya dengan Honda Civic yang juga punya pilihan hatchback atau sedan, lain dengan Toyota Corolla yang hanya ada sedan saja. Pilihan transmisi hanya otomatis 6 percepatan saja.

Mercedes-Benz : Mercedes-Benz GLE 450 dan Mercedes-Benz CLA 200

Untuk kedua mobil ini, kami sudah membahasnya juga terlebih dahulu ( Baca juga : First Impression Review Mercedes-Benz GLE450). SUV besar Mercedes-Benz GLE 450 akan hadir dengan konfigurasi 5+2 seater untuk menambah daya tampung, tapi lompatan terbesar ada di desain dan teknologi. Sebut saja deh, ada MBUX, ada mesin 3.000 cc inline 6 turbo dengan EQ Boost, bahkan suspensi udara. Harga mobil ini di GIIAS 2019 adalah 1,799 M Rupiah off the road.

Sementara itu, Mercedes-Benz CLA 200 akan menjadi mobil yang mudah memikat mata untuk konsumen yang baru mau merasakan Mercedes-Benz pertama kalinya. Sebagai sedan – atau 4-door coupe Mercedes-Benz – premium, ia punya gaya yang kece, interior yang jauh membaik kualitas dan desain plus teknologi MBUX yang dijamin membuat penumpang bisa terpana. Mesinnya 1.300 cc turbo dengan transmisi kopling ganda dan penggerak FWD.

Sementara, itu dia mobil yang diperkirakan akan meramaikanGIIAS 2019 nanti. Sebenarnya masih banyak lagi, namun akan kami bahas besok diartikel bagian kedua. Mana favoritmu di bagian pertama ini? Sampaikan di kolomkomentar!

Read Prev:
Read Next: