GIIAS 2018 : Nissan Terra Dirilis, Pakai Mesin Lawas, Harga Mulai 460 Juta

GIIAS 2018 : Nissan Terra Dirilis, Pakai Mesin Lawas, Harga Mulai 460 Juta
0  komentar

Tangerang, AutonetMagz.com – Setelah beberapa waktu ini dikabarkan akan dijual di tanah air, akhirnya pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis secara resmi SUV terbaru mereka yaitu Nissan Terra. Nissan Terra sendiri masuk ke segmen SUV ladder frame di Indonesia dan akan berhadapan langsung dengan rival – rival berat seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Nah, seperti apa fitur, kelengkapan, dan spesifikasi dari Nissan Terra versi Indonesia? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Pertama, kita akan bahas mengenai desain dari Nissan Terra ini. Berhubung desain dari mobil ini sudah kita ketahui sejak beberapa bulan silam, maka kami hanya akan bahas mengenai detail yang menarik di bagian ini.

Wajah depannya masih sama dengan versi Filipina, dengan bentuk grille V Motion yang dikombinasikan dengan aksen heksagonal berlapis krom. Lampunya sendiri terlihat mengotak dengan LED DRL menyiku yang ada di sisi dalam dari lampu utamanya. Bentuk bumpernya minimalis, dengan lampu kabut yang punya aksen yang menyiku dengan sedikit aksen krom. Nah, sedangkan sisi belakangnya terlihat simpel dan lumayan oke. Secara umum, bentuk keseluruhan dari Nissan Terra ini memang tak muluk – muluk dan cenderung fungsional dan main aman, berbeda dengan kedua rivalnya.

Baca juga : Nissan Terra Filipina pakai mesin Diesel 2,3 liter Twin Turbo

Nah, yang paling penting dari  Nissan Terra versi Indonesia adalah spesifikasi dan kelengkapan yang diusungnya. Nissan Terra versi Indonesia menggunakan mesin YD25 2.500cc dengan ledakan tenaga maksimal di angka 190 PS pada 3.600 rpm dan torsi maksimal 450 Nm pada 2.000 rpm. Sayang sekali bukan mesin 2.3 Twin Turbo seperti Nissan Terra versi Thailand.

Tak asing dengan mesin ini? Tentu saja, karena mesin ini adalah mesin yang juga digunakan mobil serupa di Filipina. Selain mesin, sisi fitur dari mobil ini juga cukup menarik untuk di bahas. FYI, akan ada 4 varian dari Nissan Terra yang dijual di Indonesia, yaitu varian 2.5 MT, lalu varian 2.5 E AT, varian 2.5 4×2 VL AT, dan yang termahal adalah varian 2.5 4×4 VL AT. Untuk varian terendah, pihak Nissan membekali mobil ini dengan fitur standar seperti ABS, EBD, BA, HSA, VDC, dan 6 buah airbag yang dijual dari angka 460 juta Rupiah.

Sedangkan varian matik termurah yaitu varian 2.5 E AT mendapatkan tambahan LED DRL, electric folding mirror, dan juga setir dengan audio steering switch yang dijual dengan harga 480 juta Rupiah.

Sedangkan varian diatasnya yaitu varian 2.5 4×2 VL mendapatkan tambahan fitur berupa intelligent rear view mirror, intelligent around view mirror, moving object detection, LDWS, Blind Spot Warning, TPMS, HSA, offroad monitor, AC Dual Zone, jok kulit, dan roof monitor. Varian ini dijual dengan harga mulai 515 juta Rupiah. Sedangkan varian tertinggi yaitu varian 2.5 4×4 VL sendiri mendapatkan tambahan fitur rear differential lock, HDC, serta 4WD Mode Switch. Varian dengan penggerak empat roda ini sendiri dijual dengan harga 650 hingga 670 juta Rupiah.

Masuk ke sisi interiornya, sebenarnya bentuk interior dari Nissan Terra sendiri tak terlalu wah, malahan cenderung terlihat kuno karena memang bentuknya menjiplak bentuk dashboard dari Nissan Navara NP300.

Setir dari mobil ini juga sudah dipenuhi banyak tombol, dan bentuknya serupa dengan milik Nissan X-Trail. Sistem infotainment dari mobil ini juga sudah menggunakan layar sentuh walaupun tak terlalu besar. Satu hal yang cukup menarik dari interior Nissan Terra sendiri adalah kapasitas bagasinya yang terlihat lega, walaupun bibir bagasinya juga cukup tinggi. Jadi itulah informasi sementara yang bisa kami dapatkan mengenai Nissan Terra. Bagaimana menurut kalian? Sudah sesuaikah dengan harapan kalian? Yuk sampaikan pendapatnya.

Read Prev:
Read Next: