Ghosn : Kondisi FInansial Renault-Nissan Menyedihkan

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Ghosn : Kondisi FInansial Renault-Nissan Menyedihkan
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat kan kalau Carlos Ghosn kini sudah menghirup udara bebas pasca keluar dari Jepang? Yap, mantan bos Renault dan Nissan tersebut memang sempat ditahan karena tuduhan kecurangan finansial namun akhirnya berhasil kabur dari Negeri Sakura. Dan baru – baru ini, Ghosn memberikan pernyataan yang menarik mengenai kondisi finansial dari mantan tempat kerjanya tersebut.

Ghosn dalam interview dengan Koran beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa Renault dan Nissan berada dalam kondisi finansial yang menyedihkan. Beliau mengatakan hal ini terjadi lebih karena kurangnya kepemimpinan bersama dari keduanya, dibandingkan karena efek pandemi COVID-19. “Ada masalah terkait kepercayan pasar terhadap aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Secara pribadi, saya menemukan hasil yang menyedihkan dari Nissan dan Renault. Kedua perusahaan hanya mencari nafkah mereka sendiri. Tidak ada lagi gabungan manajemen yang riil antara Nissan dan Renault, yang ada hanyalah kecurigaan”, ujar Ghosn.

Ghosn menyatakan bahwa memang seluruh merk kendaraan bermotor di dunia terdampak pandemi COVID-19. Namun, Ghosn menekankan bahwa Renault dan Nissan menanggung beban yang lebih dari yang lain. Ghosn membandingkan penurunan harga saham dari beberapa merk mobil di dunia. Sebut saja GM yang turun 12% dan Toyota yang turun 15% per bulan Juni silam. Nah, disaat yang sama, Renault mengalami menurunan yang drastis hingga 70%, sedangkan Nissan sediikit lebih baik dengan penurunan 55%. Tentunya ini menjadi catatan yang memang harus diperhatikan oleh petinggi kedua merk sealiansi tersebut.

Khusus untuk Nissan, sebenarnya mereka sudah perlahan menunjukkan pergerakan untuk segera memperbaiki posisi mereka. Di tahun ini saja, Nissan sudah memperkenalkan Nissan Kicks e-Power, Nissan X-trail T33, Nissan Ariya, dan Nissan Magnite Concept. Sedangkan Renault nampak lebih pasif dari kompatriotnya. Di tahun 2020 ini, Nissan baru memperkenalkan Renault Zoe dan Twingo versi terbaru saja. Memang masih ada sosok Renault Kiger yang akan dipasarkan di India, namun sejauh ini belum ada lagi kabar mengenai produk baru Renault. Nampaknya Kedua merk ini harus berjuang keras untuk segera bangkit dan membalikkan perkataan dari ghosn.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: