Mercedes-Benz A Class Gunakan Mesin Diesel Renault

Mercedes-Benz A Class Gunakan Mesin Diesel Renault
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu keuntungan dari adanya kerjasama antar merk Kendaraan bermotor adalah peluang untuk bisa berbagi pakai teknologi ataupun komponen satu sama lain. Dan salah satu keuntungan inilah yang dimanfaatkan oleh pihak Mercedes-Benz, yaitu meminjam mesin Diesel Renault untuk produk baru mereka, Mercedes-Benz A Class generasi terbaru.

Yap, Mercedes-Benz A Class terbaru yang usianya masih seumur jagung ini baru mendapatkan sebuah varian baru, yaitu varian bermesin diesel. Varian ini bernama Mercedes-Benz A180d yang akan menemani Mercedes-Benz A200 dan Mercedes-Benz A250 yang sudah hadir terlebih dahulu. Nah, seperti tren Mercy jaman now, angka 180 sendiri tak menggambarkan bahwa mesin yang diusung oleh Mercedes-Benz A180d ini menggunakan kubikasi 1.800cc. Karena kenyataanya mesin yang digunakan oleh Mercedes-Benz A180d ini adalah mesin 1.500cc Diesel lansiran Renault. Kami pun sempat kepo dan menelusuri mesin berkode Diesel R4 ini yang berkubikasi 1.461cc dan menemukan kemiripan dengan mesin K9K dCi 110 yang digunakan oleh Renault Duster & Dacia Duster.

Yap, Mercedes-Benz A180d bisa dikatakan menggunakan mesin serupa dengan SUV tersebut dan Nissan Terrano di India. Namun tentunya pihak Mercedes-Benz juga memberikan pembeda di bagian ECU, Alternator, Kompresor AC, dan juga fungsi start/stop serta beberapa komponen lain. DIbandingkan Renault Duster, Mercedes-Benz A180d sendiri memiliki keluaran tenaga dan torsi yang lebih besar. Mobil ini mendapatkan figur tenaga maksimal di angka 116 PS dan torsi 260 Nm. Angka tersebut jelas lebih tinggi 16 PS dalam hal tenaga dan 20 Nm dalam hal torsi jika dibandingkan dengan Renault Duster. Mercedes-Benz juga mengklaim bahwa Mercedes-BenzA180d bisa berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 10,5 detik, cukup cepat untuk sebuah mesin diesel 1,5L.

Sedangkan untuk kecepatan maksimal dari mesin ini ada di angka 202 km/jam. Mercedes-Benz A180d juga diklaim memiliki konsumsi BBM yang hemat, yaitu di angka 22,2 km/liter hingga 24,3 km/liter. Mercedes-Benz A180d sendiri dijual dengan perkiraan harga awal sekitar 524 juta Rupiah. Mercedes-Benz A180d sendiri juga diklaim lebih ramah dalam hal emisi dan juga lebih senyap. Mercedes-Benz berani mengklaim hal tersebut karena mereka sudah menerapkan SCR catalyst dengan AdBlue exhaust fluid yang membuat mobil ini memenuhi standar emisi Euro 6d-TEMP. Kehadiran dari Mercedes-Benz A180d ini mengikuti jejak dari mesin OM64 Diesel yang digunakan di Mercedes-Benz E Class dan juga Mesin diesel 6 silinder OM 656 di Mercedes-Benz S Class.

Kehadiran dari Mercedes-Benz A180d dan dua kakaknya ini sekaligus menekankan bahwa Mercedes-Benz tak akan mengikuti jejak dari pabrikan asal jepang seperti Nissan dan Toyota yang akan segera memberikan hukuman mati pada mesin – mesin diesel mereka di Eropa. Nah, kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: