Generasi Terbaru Toyota Safety Sense Diperkenalkan di 2018

Generasi Terbaru Toyota Safety Sense Diperkenalkan di 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara masalah berkendara, poin pertama yang harus kita perhatiikan tetaplah adalah keamanan. Ya, walaupun mobil yang kita gunakan nyaman, driver oriented atau juga mengasyikkan, namun jika celaka di jalan tentunya semua akan sia – sia. Oleh karena itu, pabrikan – pabrikan mobil global berlomba – lomba untuk berinovasi dalam hal keamanan berkendara.

Dan salah satu yang turut andil dalam mengembangkan teknologi keamanan berkendara adalah Toyota. Seperti yang kita tahu, pihak Toyota memiliki Toyota Safety Sense yang merupakan paket dari sejumlah fitur keamanan yang dipasang di mobil – mobilnya. Dan pihak pabrikan Jepang ini juga telah mengembangkan beberapa fitur baru yang akan diluncurkan sebagai Toyota Safety Sense generasi kedua yang akan menyapa publik pada tahun 2018 mendatang. Kira – kira apa saja fitur baru yang ada di Toyota Safety Sense generasi kedua? Check this out.

Pertama, seperti Toyota Safety Sense sebelumnya, Toyota mengandalkan kamera dan juga radar milimeter-wave untuk mendukung fitur – fitur di dalam Toyota Safety Sense generasi kedua. Dan di jlid kedua ini, peforma dan fitur baru menjadi nilai tambah yang diberikan. Jika di Toyota Safety Sense sebelumnya sudah memiliki fitur Pre-Collision System (PCS), maka di Toyota Safety Sense generasi terbaru ini, PCS akan ditingkatkan kemampuannya. Sistem yang akan memberikan peringatan dan juga melakukan pengereman jika terdeteksi ada obyek di depan ini sebelumnya hanya bisa digunakan di siang hari, namun kini fitur ini bisa digunakan di malam hari. Selain itu, sistem juga bisa membaca apakah obyek di depan dalam kecepatan 10 hingga 80 km/jam.

Selanjutnya, di Toyota Safety Sense terbaru akan mendapatkan Lane Tracing Assist (LCA). Seperti namanya, LCA akan membantu mobil untuk berada di jalur yang tepat dengan melihat garis marka jalan. Yang unik, jika garis marka jalan di depan tertutupi oleh kendaraan lain, LCA masi bisa berfungsi dengan membaca posisi dari mobil di depan dan mengikuti arahan geraknya, asal yang depan nggak salah juga. Bersandingan dengan LCA adalah Lane Departure Alert (LDA) yang sudah kita tahu apa fungsinya, yaitu menjaga mobil agar tidak keluar jalur. Namun ada peningkatan di LDA ini, dimana di Toyota Safety Sense generasi terbaru, LDA bisa membaca jalan walau tak ada marka jalannya.

Yang paling menarik, dan juga yang terakhir adalah Road Sign Assist (RSA). RSA seperti namanya akan berhubungan dengan tanda jalan, dimana kamera akan membaca tanda jalan seperti batas kecepatan maksimal, tanda berhenti, tanda dilarang masuk, dan tanda dilarang menyalip. Mobil akan membuat pengendara mematuhi rambu – rambu tersebut melalui fitur ini, menarik kan. Toyota Safety Sense sendiri memang sudah cukup berperan dengan memberikan manfaat pada 5 juta mobil yang tersebar di Eropa, Amerika Serikat dan Jepang. Namun ya, di Indonesia memang masih jauh dari fitur ini. Karena selain akan membengkakkan harga mobil, kondisi Jalan di Indonesia nampaknya akan membuat fitur tersebut mubazir.

Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: