Gazoo Racing Memanas, Dinasti Racing Hadir di Seluruh Line-Up Toyota

Gazoo Racing Memanas, Dinasti Racing Hadir di Seluruh Line-Up Toyota
0  komentar

AutonetMagz.com – Yaris versi Eropa rupanya bukan akhir dari invasi GRMN atau Gazoo Racing Master of Nurburgring. Kini Gazoo mempunyai racikan menyeluruh kepada seluruh line-up Toyota, ya jika maksud kami seluruh maksudnya adalah versi di Jepang sana yang kalau disini mobil – mobil menengah ke atas dari Toyota.

Jika menilik sejarah, mereka mengatas namakan Nurburgring karena sejak 2007 mereka berkembang disana. Seharusnya dengan titel GR ini, jajaran Toyota yang mereka pengaruhi akan memiliki performa tinggi, rigiditas bodi yang mumpuni, aerodinamika yang baik serta aura racing yang akan terasa dari eksterior, interior, maupun keasikan berkendara layaknya mobil – mobil yang dirancang dari Nurburgring.

Keuntungan tetaplah menjadi tujuan mereka. Alih – alih membuat 1 model racing, mereka membuat 3 trim dari GRMN, GR hingga GR Sport. GRMN merupakan varian ekstrim, bukan sportipu, GR merupakan varian setengah racing dan GR sports hanya kosmetik dan suspensi belaka, hmm.. kami jadi trauma dengan tulisan sport, rasanya dengan label sport semua jadi murah dan tipu – tipu, ya setidaknya pada GR Sport ada tuning dari segi suspensi.

Penasaran dengan line-up-nya? Sebetulnya dahulu kala mereka sudah pernah membuat 86 GRMN berjumlah 100 unit di 2016, 100 unit Mark X GRMN di 2015, 200 unit Vitz GRMN Turbo di 2013, 100 unit iQ GRMN Supercharger di 2012 dan 100 unit iQ GRMN di 2009. Hasil riset bertahun – tahun itu akhirnya mereka tuangkan ke dalam wujud Yaris. Merasa sukses dengan itu akhirnya mereka mengoprek Vitz (Yaris juga sih), Prius, Harrier, Mark X, Voxy, Noah, Prius, hingga 86 edisi terbaru.

Yang spesial untuk Vitz (Yaris jepang) adalah 3 trim tersedia, yang artinya Vitz GRMN akan memiliki mesin racikan Gazoo Racing dengan upgrade di sektro rem, suspensi, knalpot, LSD, aerokit hingga update interior, sementara varian GR memiliki kelengkapan seperti GRMN namun minus ubahan mesin. Untuk GR Sport, diberikan ubahan kosmetik yang meliputi aerokit, interior dan suspensi saja.

Sementara itu Prius, Harrier, Mark X, Voxy dan Noah juga mendapat sentuhan Gazoo dan rencana jangka panjang mereka, Prius C dan Prius V juga akan mendapatkan sentuhan Gazoo, sayangnya sentuhan kepada mobil – mobil ini hanya di trim GR Sport saja, hmm sudah kami duga, nambah berapa hp ya?

Terasa bosan dengan upgrade bodykit seperti varian diatas? Pada 86 ubahannya cukup menarik karena bukan hanya full aerokit, shockbreaker dari Sachs, velg aluminium dari Rays, upgrade kaliper rem, knalpot, gardan dari Torsen, stir yang lebih kecil dan kursi Recaro sudah menjadi standar. Sayangnya pada bagian mesin tidak ada ubahan sama sekali, tapi bukan itu unsur penting dari 86, semoga ubahan Gazoo membuatnya makin asik dikemudikan apalagi diajak drifting.

Jadi fokus Toyota terhadap varian – varian tersebut adalah Jepang, sementara Yaris GRMN 2 pintu akan difokuskan ke pasar Eropa. Jika kalian penasaran dengan ubahan kosmetiknya, silahkan lihat galeri dibawah ya. Semoga Indonesia kebagian jatah ya meskipun Corolla, Innova, Fortuner, Vios, Yaris, C-HR, Avanza, Calya, Agya, Rush tidak disebut. Setidaknya karena mereka menjual opsi – opsi ini secara terpisah, Voxy, Harrier dan 86 bisa mendapat ubahan GR juga. Kalau sudah begini apa kabar ya TRD dan TRD Sportivo? Menurut kalian bagaimana? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: