Founder Merek Aftermarket HKS Meninggal Dunia

by  in International
Founder Merek Aftermarket HKS Meninggal Dunia
0  komentar

AutonetMagz.com – Mengakulah, bagi yang suka mobil dan turut mendalami dunia modifikasi dan balapnya pasti sudah tidak asing dengan brand HKS. Yap, ini merek asal Jepang yang sudah malang melintang di dunia aftermarket cukup lama dan jadi salah satu pemain kelas kakap. Sayangnya, sang founder yakni Hiroyuki Hasegawa telah berpulang pada hari ini pada usia 71 tahun. Penyebab meninggalnya belum diketahui, tapi sepertinya karena masalah kesehatan.

Hasegawa-san adalah orang yang pertama kali mendirikan HKS, dan markasnya ada di tempat tinggalnya sendiri, yakni di kota Fujinomiya, perfektur Shizuoka, Jepang. Dimulai pada tahun 1973, ia bersama temannya bernama Goichi Kitagawa ingin membentuk sebuah tahta bagi mereka di bisnis modifikasi mobil di Jepang, dan mereka memulainya dengan modifikasi mesin kecil-kecilan di sebuah gudang sederhana.

markas-hks-di-jepang

Suatu hari, Sigma Automotive tertarik dengan kerja mereka, lalu menanamkan modal dan terbentuklah HKS untuk pertama kalinya. HKS sendiri adalah singkatan dari Hasegawa, Kitagawa dan Sigma. Hasegawa yang pernah jadi engineer Yamaha berusaha keras membuktikan eksistensi perusahaannya, dan pada tahun 1974, mereka berhasil membuat turbo kit aftermarket pertama yang bisa dibeli oleh umum.

Berlanjut ke tahun 1980-an, bisnis perturboan sudah menjadi makanan sehari-hari HKS. Inovasi selanjutnya adalah sistem elektronik pembantu turbo macam turbo timer dan boost controller, di mana pengguna bisa mendapatkan tenaga ekstra dan mengontrol boost dari turbo HKS yang mereka pakai atau bahkan turbo mobil standar. Yang ini juga tergolong pertama di dunia pada masanya.

turbocharger

Seiring waktu berjalan, HKS mulai menjajaki dunia balap sirkuit dan membuat banyak terobosan dalam komponen balap. HKS turut berpartisipasi dalam balap Japanese Grand Touring Championship (JGTC), Formula 3, Time Attack, ajang drifting D1 Grand Prix (D1GP) dan beberapa event drag. HKS juga pernah membangun mesin V12 untuk balap F1, tapi mesin V12 HKS tidak pernah turun ke balapan F1 pada akhirnya.

hks-ct230r

Semakin terkenalnya HKS di seluruh dunia, makin banyak cabang HKS di berbagai negara potensial. Ada HKS USA di Amerika Serikat, HKS Europe di Inggris dan HKS Thailand yang menjadi pusat parts HKS di Asean, termasuk bagi Indonesia. Dari semua hasil karya HKS yang ada, salah satu yang paling terkenal adalah Mitsubishi Lancer Evo 8 yang dijuluki HKS-CT230R, jawara Time Attack bertenaga 550 hp yang mengukir catatan waktu bersejarah di Tsukuba Circuit dan sanggup lari dari 0-100 dalam waktu kurang dari 2 detik.

Sayonara, Hasegawa-san.

Read Prev:
Read Next: