Inilah Thor, Mesin 4 Silinder Bertenaga 1.500 Horsepower!

by  in Hi-Tech&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau bicara mesin 4 silinder, rasanya itu mesin yang paling masuk akal untuk rakyat kebanyakan. Ukurannya pas, performanya cukup buat harian, konsumsi BBM biasanya masih masuk akal dan bisa ditemui di berbagai jenis mobil dengan rentang kapasitas yang luas. Ada mesin 1.200 cc 4 silinder hingga 2.800 cc 4 silinder. Jika bukan berkarakter hi-revving atau turbo, jarang ada mesin 4 silinder bertenaga di atas 200 hp-an.

Nah, terus yang satu ini bagaimana? Para personil Elmer Racing di Finlandia sedang menggarap sebuah mesin 4 silinder dengan kekuatan mahadahsyat. Namanya Thor, dan rasanya tidak berlebihan jika namanya persis seorang Superhero Demigod (Setengah dewa), soalnya speknya memang dewa. Bayangkan, meski kapasitasnya hanya 4.000 cc dengan 4 silinder, Thor bisa memuntahkan 1.500 hp lebih. Edan!

Luar biasa impresif, kala Mercedes Benz butuh 6 silinder, Koenigsegg butuh 8 dan Bugatti butuh 16 silinder untuk tembus 1.000 hp, Thor cukup 4 silinder dan output spesifiknya bisa tembus 375 hp per liter. Elmer Racing sengaja membangun mesin Thor ini untuk World Time Attack Challenge tahun 2018 dan dipasang ke Porsche 968 RP968 milik Rod Pobestek. Seperti Mazda RX-8, Thor bisa digeber hingga 10.000 rpm. Tinggi sekali ya?

Mesin V8 yang dirancang untuk balap bisa memiliki rigiditas torsional yang sangat tinggi. Dan banyak kelas lomba memiliki batas berat minimum, yang langsung menciptakan adanya kebutuhan mesin bertenaga tinggi (yang mahal), dengan bobot yang tidak terlalu dipikirkan. Mesin balap V8 sesuai dengan jenis kelas ini, “balas Elmer menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan The Drive. “Namun, untuk lomba kelas tak terbatas, berat mesin V8 tidak bisa diterima.”

Selain dipasang di Porsche 968 RP968, Thor juga akan dijual oleh Elmer Racing buat mereka yang berminat. Murah dong? Oh, jelas tidak, sebab harga mesin Thor ini adalah 140.000 Dollar AS (1,9 M Rupiah). Mahal ya? Bisa beli MX-5 dan 86, masih kembalian pula. Tapi jadi kepo, bagaimana ya kalau mobil seperti Innova, Brio atau Swift pakai mesin ini. Pasti rontok mobilnya kalau dudukan serta sasisnya tidak kuat dengan 1.500 hp. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: