Ford Ranger Kalahkan Toyota Hilux Jadi Double Cab 4WD Terfavorit di Afrika

by  in  Berita & Ford & International
Ford Ranger Kalahkan Toyota Hilux Jadi Double Cab 4WD Terfavorit di Afrika
0  komentar

Ford Ranger vs lawan Toyota Hilux di AfricaAutonetMagz.com – Di Afrika Selatan, gelar Double Cab 4WD terbaik menurut National Association of Automobiles Manufacturers of South Africa (NAAMSA) tidak pernah lepas dari genggaman Toyota yang mengandalkan Hilux sejak 1980. Tak heran, mengingat mobil ini memang tangguh dan tahan banting. Namun kini Hilux harus rela tahtanya direbut oleh pesaingnya, yaitu Ford Ranger 2015 yang kini wajahnya mirip Ford Everest baru.

Berdasarkan data penjualan bulan lalu, Ford unggul dengan angka penjualan 3.054 unit di atas Toyota yang hanya mampu menjual 2.897 unit. Peringkat ketiga diisi oleh Isuzu KB yang kita kenal disini sebagai Isuzu D-Max, lalu di belakangnya mengikuti Nissan NP300 Hardbody dan Volkswagen Amarok. Apa kira-kira resep rahasia Ford untuk menjegal kedigdayaan Toyota di Afrika Selatan?

Toyota-Hilux-Double-Cab

Resepnya adalah jumlah varian dan harga. Baik Ranger maupun Hilux tersedia dalam beberapa varian, mulai dari yang paling standar sampai yang paling lengkap dengan penggerak 4WD untuk off-road, namun Ranger memiliki rentang varian lebih banyak daripada Hilux. Harga jual Ford Ranger juga menjadi senjata ampuh, sebab Ranger termurah dijual seharga 14.000 dollar AS, atau sekitar 172,8 juta rupiah jika dihitung dengan nilai tukar saat ini.

Di lain pihak, varian termurah Toyota Hilux harganya bisa 2 kali lipat dari harga Ford Ranger termurah, sehingga kesan overpriced tidak bisa disembunyikan. Dengan kedua resep jitu ini, Ford bisa menggusur Toyota yang sudah menjadi nomor satu di Afrika sejak 34 tahun lalu, dan ini adalah pencapaian yang sangat hebat dan layak dibanggakan. Selain di Afrika Selatan, Ranger juga sudah mulai banyak berkeliaran di Antigua. Selamat untuk Ford!

Read Prev:
Read Next: