Ford Perkenalkan Split View Camera Untuk Memperluas Jangkauan Pandang Pengendara

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Ford Perkenalkan Split View Camera Untuk Memperluas Jangkauan Pandang Pengendara
0  komentar
ford-split-view-camera

AutonetMagz.com – Di Indonesia, untuk keluar dari gang senggol, jalan tikus atau persimpangan bukan sesuatu yang semudah membalik telapak tangan. Kalau tidak ada cermin cembung yang biasa dipasang di sudut persimpangan untuk membantu kita memantau sekitar, risiko untuk terjadinya kecelakaan bisa membesar. Belum lagi kalau yang kena adalah pengendara motor yang ugal-ugalan, biasanya mereka lebih galak meski kita sudah sangat hati-hati. Bikin naik darah saja ya?

Untuk mencegah hal tersebut, Ford memperkenalkan teknologi baru berupa Split View Camera. Ini merupakan kamera beresolusi 1 megapixel di sektor tertentu yang mempunyai jangkauan sangat lebar. Mirip seperti lensa fish eye, tapi yang ini jangkauannya hingga 180 derajat. Gambar akan ditampilkan melalui layar 8 inci di kabin dan kita bisa memantau kondisi sekitar lebih baik dan meminimalkan risiko kecelakaan. Boleh juga nih.

display-ford-split-view-camera

Terakhir kali kami menemukan fitur sejenis ada pada BMW Seri 7, meski padaToyota Alphard/Vellfire dan Nissan X-Trail juga bisa kita temukan yang namanya Around View Monitor. Bedanya, jika pada Alphard/Vellfire dan X-Trail sistem ini berfungsi saat mobil mundur, Split View Camera milik Ford bekerja baik saat mobil maju atau mundur kapan pun kita mau mengaktifkannya.

Akan tetapi, sistem ini akan langsung mati kalau kecepatan sudah di atas 10 km/jam. Untuk menjaga kameranya tetap bersih dan bisa menampilkan gambar dengan baik, kamera akan ditemani sebuah jet washer di dekatnya. Ini mirip dengan jet washer yang dipakai untuk membersihkan headlamp pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar atau Mercedes-Benz dan BMW jadul.

sistem-split-view-camera-ford

Kami telah menguji Split View Camera ini seharian dalam berbagai kondisi jalanan, khususnya jalanan perkotaan yang padat oleh pengendara sepeda dan pejalan kaki,” kata Ronny Hause, Driver Assistance Electronic Systems dari Ford. “Melintas di terowongan, gang sempit dan garasi di segala kondisi bisa dilakukan dengan baik, bahkan cahaya matahari yang menyilaukan tidak akan mempengaruhi display gambar yang anda simak di layar,” tambahnya.

Kamera penolong ini akan jadi standar di semua mobil Ford khusus Amerika Utara pada tahun 2018, dan pada tahun 2020 mayoritas SUV Ford harus sudah punya sistem ini. Hanya SUV nih? Kami harap sih model lain juga diberikan, apalagi di Indonesia, bisa membuat uang tetap utuh dan tidak tekor akibat ditagih ganti rugi oleh pengendara roda dua ugal-ugalan yang menabrak mobil kita yang sudah pelan dan hati-hati.

Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • subaru

    Anjir ada dinosaurus di gambarnya wakakak

  • Gulali

    biasanya si komo yang lewat n bikin macet….lha ini ada pak dino wkwkwkwk..

  • Jose FR

    Nah yang begini boleh lah

  • maculmania

    wah ada donosaurus..ini mah nggak usah pake camera bakalan keliatan
    kayanya programmernya dejavu sama jurassic world
    btw kapan masuk line up produksinya nih

  • Salnan

    ralat om, di xtrail juga bisa untuk maju.. Tinggal tekan tombol disp di head unit. Dan sama setelah 10 km / jam akan mati sendiri.

  • xxx

    #gagal fokus…. Yg di komen dinosaurus nya, bukan fitur kamera nya…. hahahaha

  • Dik

    Waduh bahaya tuh kalo ampe si dino nyosor ke rumah warga

  • C 200

    Itu ada brontosaurus