Ford Lirik Kembali Transmisi CVT untuk Mobil Barunya

by  in Berita&Ford&International
Ford Lirik Kembali Transmisi CVT untuk Mobil Barunya
0  komentar
Ford Ranger vs lawan Toyota Hilux di Africa

AutonetMagz.com – Meski saat kini Ford sedang menggalakkan penggunaan transmisi kopling ganda untuk meningkatkan performa mobil-mobilnya, efisiensi dan juga tuntutan akan mobil modern yang canggih, tapi mereka cukup peka juga dengan suara konsumennya.

Menyadari bila transmisi dual clutch juga punya kekurangan di bobot yang berat dan perbaikan yang rumit bila terjadi sesuatu, Ford berencana untuk mengembangkan transmisi CVT dengan mengedepankan poin efisiensi BBM dan kehalusan transmisi.

Raj Nair selaku Global Product Development Chief Ford berkomentar,”Kami memiliki beberapa pengalaman dengan CVT, dan di masa kini transmisi itu kian membaik. Kami sedang mempelajari lebih lanjut, terutama penggunaan CVT untuk memaksimalkan torsi di putaran bawah. Ada kesempatan untuk mengembangkan potensi tersebut.”

Impresi berkendara Ford Fiesta EcoBoost driving impression

Sebelumnya, Ford tidak pernah memberikan opsi transmisi CVT untuk mobil non-hybrid, dan melihat perkembangan transmisi CVT sekarang ini, mereka menjadi penasaran dan akan mempertimbangkan soal pengaplikasian transmisi CVT di model terbaru Ford nantinya, bersamaan dengan dikembangkannya Ford SYNC 3.

Selain kelebihannya di aspek kehalusan dan efisiensi BBM, sebenarnya CVT memiliki isu kurang baik mengenai performa, sebab penggunaan sabuk pada CVT memiliki resiko untuk mengendur, sekalipun sabuknya terbuat dari baja.

Subaru-WRX-White

Meski begitu, tidak selamanya semua transmisi CVT buruk di performa, sebab kini beberapa performance car juga menggunakan CVT, seperti Suzuki Swift Sport, Subaru WRX S4 dan Subaru Forester STI. Kuncinya adalah pemrograman transmisi yang tepat dan pemilihan material yang bagus.

Bagaimana, apakah kembalinya Ford ke teknologi CVT membuat anda gembira? Atau anda sudah terlanjur jatuh cinta dengan kecanggihan transmisi dual clutch? Mana yang menurut anda lebih baik? Silakan sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: