Ford Lirik Kembali Transmisi CVT untuk Mobil Barunya

by  in Berita&Ford&International
Ford Lirik Kembali Transmisi CVT untuk Mobil Barunya
0  komentar
Ford Ranger vs lawan Toyota Hilux di Africa

AutonetMagz.com – Meski saat kini Ford sedang menggalakkan penggunaan transmisi kopling ganda untuk meningkatkan performa mobil-mobilnya, efisiensi dan juga tuntutan akan mobil modern yang canggih, tapi mereka cukup peka juga dengan suara konsumennya.

Menyadari bila transmisi dual clutch juga punya kekurangan di bobot yang berat dan perbaikan yang rumit bila terjadi sesuatu, Ford berencana untuk mengembangkan transmisi CVT dengan mengedepankan poin efisiensi BBM dan kehalusan transmisi.

Raj Nair selaku Global Product Development Chief Ford berkomentar,”Kami memiliki beberapa pengalaman dengan CVT, dan di masa kini transmisi itu kian membaik. Kami sedang mempelajari lebih lanjut, terutama penggunaan CVT untuk memaksimalkan torsi di putaran bawah. Ada kesempatan untuk mengembangkan potensi tersebut.”

Impresi berkendara Ford Fiesta EcoBoost driving impression

Sebelumnya, Ford tidak pernah memberikan opsi transmisi CVT untuk mobil non-hybrid, dan melihat perkembangan transmisi CVT sekarang ini, mereka menjadi penasaran dan akan mempertimbangkan soal pengaplikasian transmisi CVT di model terbaru Ford nantinya, bersamaan dengan dikembangkannya Ford SYNC 3.

Selain kelebihannya di aspek kehalusan dan efisiensi BBM, sebenarnya CVT memiliki isu kurang baik mengenai performa, sebab penggunaan sabuk pada CVT memiliki resiko untuk mengendur, sekalipun sabuknya terbuat dari baja.

Subaru-WRX-White

Meski begitu, tidak selamanya semua transmisi CVT buruk di performa, sebab kini beberapa performance car juga menggunakan CVT, seperti Suzuki Swift Sport, Subaru WRX S4 dan Subaru Forester STI. Kuncinya adalah pemrograman transmisi yang tepat dan pemilihan material yang bagus.

Bagaimana, apakah kembalinya Ford ke teknologi CVT membuat anda gembira? Atau anda sudah terlanjur jatuh cinta dengan kecanggihan transmisi dual clutch? Mana yang menurut anda lebih baik? Silakan sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Dicky

    Lah jd DCT berumur pendek dong? terus gimana nasib DCT yg uda beredar?

    • Hillarius Satrio

      perasaan ga ada yang bilang DCT umurnya pendek.

      kalo DCT umurnya pendek, mana mungkin BMW Z3, M3, M5, Audi TT, VolksWagen Golf GTI dan lain-lain masih bisa jalan sampe sekarang? mereka semua pake DCT lho

      • Muhammad Ardiansyah

        bang hilsat.. kenapa ya sekarang banyak pabrikan yg nerapin girboks CVT di mobilnye????

        • Hillarius Satrio

          soalnya konstruksinya simpel, halus dan murah. buktinya, motor matik semua pake CVT.

          • Muhammad Ardiansyah

            oohh gitu ya bang, terus kalo masalah perawatannya ribet ga bang atau lebih mahal kah dari transmisi AT biasa..
            terus kalo masalah durability CVT oke ga bang??
            makasih bang hilsat..

  • Taoeviq

    @dicky
    harusnya dct umurnya ga pendek bro.. klo pendek mah gimana nasib sport car yg pake dct jg. ga mgkn produsen mobil2 sport ga mikirin itu jg

  • Dicky

    maksudnya di ford sendiri bro @hilsat,@taoviq khusunya di indo..khususnya ane calon pembeli fiesta/ecosport..hehehe DCT itu berlaku buat transmisi manual juga kan? (buat ford)

  • wisnu

    Baru aja bawa pulang fiesta s gara2 autonetmagz buat ngerasain DCT.. Jng bilang ford kedepannya beralih ke CVT.. Hahw

    • Dicky

      konon katanya bgtu bro…

      yaah mudah2an aja DCT ttp dilestarikan sama ford.

  • rudys

    baru tau kalo kelemahan cvt di soal belt yg mengendur, mungkin itu cvt jadul kali bro, atau cvt di motor matik yg masih ada unsur “rubber”-nya.
    Kalo yg udah pake steel belt atau chain belt mah gak akan mengendur.
    Setau ane, kelemahan cvt itu di soal torsi yg terbatas. Maklum soalnya dibatasi sama kekuatan material belt-nya.

    Justru transmisi DCT disini lebih unggul, karena