Ford Perkenalkan Mesin Diesel EcoBlue, Berniat Angkat Kembali Martabat Diesel?

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Ford Perkenalkan Mesin Diesel EcoBlue, Berniat Angkat Kembali Martabat Diesel?
0  komentar
ford ecoblue diesel engine

AutonetMagz.com – Semenjak kasus dieselgate, publik menjadi agak sangsi soal ungkapan bahwa mesin diesel itu emisinya rendah. Okelah, kalau mesin diesel itu kencang atau irit, masih bisa dipercaya, tapi kalau emisi rendah mungkin nanti dulu. Berawal dari terungkapnya software jahat penipu atau dikenal sebagai defeat device, VW adalah merek yang ketahuan menipu tes emisi, tapi belakangan ini mulai merembet ke Audi, Mercedes Benz hingga Fiat.

Untuk memastikan masih ada harapan bagi mesin diesel, Ford dengan pedenya mengumumkan mesin diesel baru mereka yang dinamai EcoBlue. Aslinya, ada 3 aspek yang diutamakan Ford saat merancang mesin ini, yakni efisiensi BBM, performa dan kehalusan. Soal emisi? Mereka tidak bilang hal itu menjadi prioritas, tapi mereka janji mesin ini lebih rendah kadar CO2 dan NOx-nya dibanding mesin yang ada sekarang.

ford-transit-connect

Dengan spesifikasi 2.000 cc 4 silinder turbo, mesin diesel EcoBlue diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 240 PS, tapi bisa juga diminimalkan menjadi 100 PS saja, tergantung setelan dari Ford sendiri. Dibandingkan mesin 2.200 cc TDCi diesel yang sekarang, torsi mesin EcoBlue bisa terasa lebih besar 20 persen pada 1.250 rpm, sehingga harusnya akselerasi yang lebih mumpuni akan jadi jaminan mesin ini bagi konsumennya nanti.

Ford juga mau memberi tahu sedikit mengenai apa saja yang mereka pasang. Di antaranya ada mirror-image porting supaya pernafasan mesin makin lancar, sistem injeksi bahan bakar bertekanan tinggi, camshaft modular, off-set crank, timing belt yang direndam dalam oli seperti mesin EcoBoost, demikian juga untuk oil pump drive belt, selective catalytic reduction emmision after treatment serta turbo dengan inersia rendah yang katanya “memakai bahan yang sama dengan mesin roket”. Seriusan nih?

Ford-Fiesta-Eropa

Untuk permulaan, mesin EcoBlue ini akan dipasang di Ford Transit dulu, sekaligus mereka akan menunjukkan soal durabilitas mesin ini jika dipakai di negara-negara benua Eropa, negara China dan Amerika Serikat. Ke depannya, mesin EcoBlue 1.500 cc juga tengah dipersiapkan untuk mobil-mobil Ford yang lain, seperti Fiesta atau Focus. Selain soal emisi, sepertinya masih cukup menarik, tapi jika ingin tahu soal hasil emisinya, kami menunggu dari lembaga yang berhak menguji dan menginvestigasinya saja. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: