Ford Fiesta WRC Siap Action di Kejuaraan Reli Dunia

Ford Fiesta WRC Siap Action di Kejuaraan Reli Dunia
0  komentar

AutonetMagz.com – Apa persamaan antara Ford Fiesta, VW Polo dan Hyundai i20? Mereka sama-sama kuat di ajang WRC. Sama seperti beberapa tahun lalu saat citra “mobil balap reli yang tangguh” melekat kuat di mobil-mobil jualan ATPM seperti Peugeot 206, Ford Focus, Mitsubishi Lancer, Subaru Impreza dan lain-lain. Sayang, jaman sekarang di Indonesia, citra “mobil reli” sudah tak bisa dijual, karena konsumen lebih suka chrome-chrome norak dan bonus saat pembelian.

Kembali ke mobil-mobil reli, sebenarnya kalau mau menyimak balapan WRC terkini, gejolaknya lumayan dinamis. Ada VW yang menyatakan keluar dari WRC karena dieselgate, ada Hyundai yang mulai dominan, dan ada Toyota yang siap masuk ke WRC dengan mengandalkan Toyota Yaris. Langkah terbaru adalah milik Ford, karena pabrikan berlogo oval biru ini belum lama merilis Ford Fiesta baru, dan M-Sport langsung memperkenalkan Ford Fiesta WRC.

Jika tampilan Ford Fiesta baru agak kurang sreg, maka yang ini… Well, sangar, titik. Di balik kulitnya, tertanam mesin 1.600 cc 4 silinder turbo EcoBoost dengan tenaga 380 hp dan torsi 450 Nm, dilarikan ke semua roda via transmisi sekuensial 6 percepatan. Komponen transmisinya termasuk shifter hidraulik, multi-plate clutch dan active center differential. Untuk menjinakkannya, rem cakram berventilasi dengan kaliper 4 piston siap mengawal kala ia mulai susah diatur.

Tingkah laku suspensi Ford Fiesta WRC ini sekarang bisa diatur lebih leluasa lagi setelah bound dan rebound yang ada pada strut barunya didesain ulang dari strut yang lama. Managing Director M-Sport, Malcom Wilson mengatakan “Saya sudah coba mobilnya sendiri, dan jujur saja itu adalah salah satu mobil yang paling mengesankan yang pernah kami buat. Ini menarik untuk dikendarai, suaranya fantastis dan penampilannya benar-benar sensasional.”

Setiap tim mulai pada titik yang sama, dan saya yakin bahwa kami telah menghasilkan mobil yang sangat menantang – dan mampu menang – pada tingkat yang sangat tinggi. Lebih dari 95 persen telah dirancang dari awal dan tim kami telah memiliki apa pun yang mereka mau dalam membangun mobil terbaik. Tidak ada pengiritan biaya, dan kami memulai musim 2017 dengan satu tujuan dalam pikiran kami – kembali ke posisi atas podium, “kata Wilson. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: