Ford & McDonald Manfaatkan Limbah Kopi Untuk Jadi Komponen Mobil

by  in Berita&Ford&International
Ford & McDonald Manfaatkan Limbah Kopi Untuk Jadi Komponen Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua sadar bahwa bumi kita makin tua, dan semakin lama manusia hidup di dunia ini, maka akan semakin tinggi pula limbah yang dihasilkan oleh kehidupan manusia. Menanggapi hal ini, Ford dan McDonald melihat bahwa ada peluang untuk menggunakan limbah yang dihasilkan oleh gerai – gerai McDonald untuk didaur ulang dan dijadikan bahan yang berguna. Nah, hasil daur ulang tersebut dimanfaatkan untuk menjadi komponen mobil lansiran Ford. Cekidot.

Jadi, kerjasama ini dilaksanakan di Amerika Serikat, dimana pihak Ford dan McDonald USA bekerjasama untuk melakukan daur ulang pada limbah kulit biji kopi menjadi beberapa komponen mobil. McDonald sendiri menyebutkan bahwa setiap tahunnya ada jutaan pounds kulit biji kopi kering yang terbuang dari proses bisnis mereka. Dan saat ini, akhirnya mereka tahu bagaimana cara terbaik untuk menangani limbah tersebut. Nah, limbah – limbah tersebut diubah menjadi material yang ternyata durable berkat penggunaan metode daur ulang dengan temperatur yang tinggi dan juga level oksigen yang rendah.

Selain itu, tentunya ada tambahan bahan lain yang dicampurkan, seperti plastik dan juga beberapa bahan lainnya. Setelah proses tersebut, bahan baku akan berubah menjadi pellets yang nantinya bisa dibentuk menjadi beberapa komponen mobil. Sebut saja menjadi plastik housing lampu utama, lalu bisa juga menjadi material – materila interior, ataupun untuk material di dalam kap mesin mobil Ford. Proses daur ulang ini sendiri juga menguntungkan bagi pihak Ford, karena bahan yang dihasilkan lebih ringan 20% dibanding bahan yang biasa digunakan, dan juga membutuhkan energi yang lebih kecil 25% dibanding biasanya.

Komitmen McDonald untuk berinovasi tergolong impresif bagi kami, dan cocok dengan visi dan pemikiran kami yang ke depan serta aksi pengembangan berkelanjutan kami”, ujar Senior Tech Leader Ford, Debbie Mielewski. Sedangkan Senior Executive McDonald, Ian Olsin menyebutkan, “Seperti McDonald, Ford juga berkomitmen untuk meminimalkan limbah dan kami selalu mencari inovasi baru untuk bisa mencapai tujuan tersebut”. Nah, kini pihak McDonald sendiri akan mengirim setiap limbah kulit biji kopi kering ke Amerika Utara sehingga bisa diolah oleh Ford untuk dijadikan komponen kendaraan mereka.

Menarik? Bagi kami sangat menarik. Nah, kalau menurut kalian bagaimana? Apakah ide semacam ini menarik? Yuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: