Ford Daftarkan Hak Guna Nama Skyline, Lho Kok?

by  in Berita&Ford&International
Ford Daftarkan Hak Guna Nama Skyline, Lho Kok?
0  komentar

AutonetMagz.com – Silakan coba tanyakan ke orang lain, khususnya ke orang yang suka mobil kala mendengar nama “Skyline”, apa yang dibayangkan? Jawaban yang paling bisa dipastikan adalah sebuah mobil keluaran Nissan yang tersedia dalam macam-macam jenis bodi. Ada Nissan Skyline sedan, ada Nissan Skyline crossover dan Nissan Skyline coupe yang tentu saja termasuk keluarga GT-R alias Godzilla. Tapi bagaimana kalau ada merek lain yang pakai nama Skyline?

Betul sekali, rupanya ada merek lain yang “kepincut” dengan nama Skyline dan ingin ditempel di salah satu produknya. Adalah Ford yang belum lama terdeteksi mendaftarkan sebuah nama merek dagang di Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat atau USPTO. Pendaftaran yang masuk tanggal 12 Juli 2021 tersebut mencantumkan nama “Skyline” oleh Ford Motor Company. Lho, lho, ada apa ini, kok tiba-tiba ada Ford Skyline?

Pendaftaran Kendaraan Bernama Ford Skyline

Seperti disampaikan oleh laman Ford Authority, nama “Skyline” yang didaftarkan Ford akan dimasukkan untuk kategori Barang dan Jasa. Lebih spesifiknya untuk,”Kendaraan bermotor darat, dengan contoh, SUV, truk dan otomobil.” Baru sebatas itulah yang bisa kita ketahui bersama soal nama “Skyline” dari Amerika. Apakah Ford akan menggunakannya untuk sebuah mobil baru, itu masih menjadi sebuah tanda tanya.

Terlebih, merek asal Amerika Serikat ini belum pernah menggunakan produk bernama Skyline sebelumnya. Kalau yang menyerempet sedikit sih ada, sebab Ford pernah pakai nama Skyliner beberapa kali di tahun 1950-an. Nama itu menempel di Ford Crestline, Fairlane Crown Victoria, Fairlane 500, dan Galaxie. Penggunaan nama Skyliner terakhir ada pada tahun 2015, saat Ford memperkenalkan mobil konsep berbasis Ford Transit.

Bisa Berselisih Gara-Gara Kemiripan Nama

Meski belum dipastikan buat apa Ford pakai nama Skyline, biasanya nama mobil yang kebetulan sama dengan mobil lain bakal dipermasalahkan oleh merek yang pakai nama itu duluan. Ambil contoh, dulu Tata mau bikin SUV baru bernama Tata Harrier. Tentu saja Toyota yang pakai nama Harrier lebih dulu tidak rela ada mobil lain yang namanya sama. Alhasil, Tata harus ganti nama Tata Harrier jadi Tata Buzzard di beberapa pasar.

Bagaimana dengan Skyline? Well, mungkin penggemar otomotif tahunya sekarang Nissan GT-R sudah tidak pakai nama Skyline, jadi harusnya tidak masalah dong? Tidak semudah itu, sebab nama Nissan Skyline masih ada dan masih hidup sampai sekarang. Nissan Skyline kini adalah sebuah sedan mewah… Maaf, sedan agak mewah yang dijual di Jepang, sementara di Amerika Serikat ia dijual sebagai Infiniti Q50. Apa opinimu jika Ford pakai nama Skyline? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: