Ford, Honda, Toyota dan VW Bergabung Dalam Riset Serat Karbon

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Ford, Honda, Toyota dan VW Bergabung Dalam Riset Serat Karbon
0  komentar
Lexus-LFA

AutonetMagz.com – Hampir semua pabrikan mengakui kelebihan material serat karbon atau carbon fiber. Bahan ini adalah bahan yang kuat, ringan dan rigid, sehingga banyak yang tergiur untuk memakainya. Sayangnya, bahan ini harganya sangat mahal dan proses pembuatannya tergolong lama, sehingga tak semua mobil bisa memakainya.

Sampai saat ini, penggunaan carbon fiber terbatas pada supercar dan sportscar saja, misalnya Lexus LFA yang seluruh bodinya terbuat dari carbon fiber, bahkan Pagani Huayra memakai bahan carbo-tanium, campuran dari carbon fiber dan titanium. Jadi, adakah kesempatan bagi mobil-mobil biasa untuk memakai bahan revolusioner ini?

Honda NSX Concept di IIMS 2013

Kini, empat pabrikan besar dunia telah bergabung untuk memperbesar kesempatan tersebut. Empat merek yang dimaksud adalah Ford, Honda, Toyota dan VW. Mereka semua akan bekerja sama dengan University of Tennessee-Knoxville yang sedang membuat riset carbon fiber dari printer 3D. Mereka bertujuan untuk mengganti bahan besi dan aluminium biasa dengan carbon fiber dengan harga yang lebih terjangkau.

Ford-GT-Concept-2017

Tim engineer dari Boeing, Lockheed Martin, 3M, General Electric dan lain-lain pun siap membantu mencapai tujuan keempat merek tersebut. Sebelumnya, Audi dan BMW juga punya visi yang serupa, yaitu bekerja sama untuk mengurangi ongkos pembuatan carbon fiber hingga 90 persen dalam waktu 6 tahun. Harapannya, material ini tak lagi segmented dan bisa diaplikasikan di semua jenis mobil.

Wah, terbayang tidak ya kalau Toyota Avanza, Honda Mobilio, Ford Fiesta dan VW Touran nanti 90 persen bodi dan rangkanya terbuat dari carbon fiber? Boleh juga sih.

Read Prev:
Read Next:
  • hadi

    serat karbon cocok nih untuk AGYA & BRIO biar sangar

  • amar

    Jangan lupa,safety sama bobot jadi baik lebih baik