Volkswagen R Berambisi Penuh Halau Mercedes-AMG

by  in International&VW
Volkswagen R Berambisi Penuh Halau Mercedes-AMG
0  komentar

AutonetMagz.com – Huruf R adalah satu huruf yang mewakili semangat kencang untuk mobil VW. Layaknya N division pada Hyundai atau GRMN pada Toyota (bukan TRD Sportivo ya), R division merupakan sebuah trim yang disediakan bagi konsumen yang tidak ingin ‘mobil rakyat’ biasa. Meskipun sudah ada nama VW GTI yang sudah kita kenal dari Golf dan Polo, VW R-Line rupanya cukup ambisius untuk menaklukkan AMG.

Sebenarnya divisi R ini sudah lama berdiri sejak 2009, dan karya-karya divisi VW R diantaranya mesin VR6 yang ada di Golf R32 dan Passat R36, serta mesin 5.000 cc V10 TDI diesel pada Touareg R50 yang sempat diwacanakan untuk dipasang di Lamborghini Gallardo, tapi tidak jadi. Akan tetapi, divisi ini terlihat kurang serius karena akhir-akhir ini tidak menampakkan kemajuan yang memuaskan, hanya cenderung trim dan beberapa part pendukung layaknya TRD Sportivo, tanpa edisi mobil khusus seperti yang tadi kami sebutkan.

Kalau untuk saat ini, varian VW R bisa ditemui di VW Golf R dan VW Scirocco R. Nah, kelihatannya sekarang semua akan berubah, sebab pada tanggal 1 Juni kemarin Joss Capito mengambil alih divisi ini. Semangat Capito menciptakan suatu kalimat yang mengerikan, yakni “Hancurkan AMG”. Kami membayangkan akan adanya varian Golf R yang lebih kencang lagi dari yang sudah ada, lalu T-Roc R sepertinya oke juga, menyusul varian lain seperti Tiguan, Touareg hingga Arteon.

Sebenarnya kami memaklumi jika perkembangan dari divisi VW R-Line sugguh terbatas, apalagi produksi varian GTI hanya akan fokus ke mobil hatchback andalan mereka saja. Sepertinya kasus dieselgate benar-benar punya efek domino yang merentet kemana-mana. Pencetus dari Capito sendiri merupakan sebuah kejutan di tengah krisis yang melanda mereka.

Joss Capito adalah seorang sosok yang sudah berpengalaman dalam menangani mobil-mobil Porsche, plus punya pengalaman yang cukup matang di tim F1 Sauber, Ford Performance, VW Motorsport dan McLaren. Semoga bukan cuma ucapan belaka dan bukan tipu-tipu seperti sebuah merek. Menurut kalian bagaimana? Terlalu berambisi? Atau realistis dan bisa digapai? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: