Ford Fusion Sport 2017 : Lubang Jalanan? Kami Tidak Takut!

0  komentar

AutonetMagz.com – Sebal dan kesal rasanya menemukan jalanan jelek bin nista yang aspalnya kasar dan berjerawat. Jika ditambah dengan permukaan yang bopeng, berjerawat dan berlubang, lengkap sudah penderitaan. Jika mobil anda bukan mobil jangkung yang punya ban tebal, ground clearance tinggi dan bantingan seempuk Maybach atau Rolls Royce, siap-siap saja merasakan guncangan berskala 10 Skala Richter dalam mobil anda.

Biasanya, solusi normalnya adalah meminta pihak yang mengurus jalanan kota supaya mengaspal ulang jalanan tersebut supaya mulus lagi seperti pipi bayi, tapi bagaimana jika mobilnya yang dibuat lebih canggih dan sigap dalam menghadapi jalanan seperti itu? Kali ini bukan air suspension buatan Bose atau suspensi legendarisnya Citroen, tapi sistem Pothole Mitigation dari Ford yang dipasang pada sedan Ford Fusion Sport 2017.

Pothole Detection ini dilengkapi dengan fitur CCD. Bukan CCD seperti yang biasa diketik anak warnet saat main game online, namun CCD adalah singkatan dari Continously Controlled Damping. Mengandalkan 12 sensor, sistem CCD akan membaca input dari pergerakan mobil setiap 2 milidetik. Saat sensor membaca ada lubang, suspension damping akan diperkaku supaya roda tidak jeblos ke dalam lubang jalanan dan mobil bisa dijaga sedatar mungkin.

Lebih menarik melihat prakteknya, kalau boleh jujur. Di sebuah lubang di lokasi tes, telah disiapkan 5 bola pingpong yang akan dilewati oleh sebuah mobil. Kalau pakai mobil tanpa Pothole Mitigation dan CCD ini, pasti bola pingpong tersebut gepeng dan remuk. Saat demonstrasi CCD pada Ford Fusion ini, sistem bisa menjaga bodi tetap datar dan roda tidak jeblos, sehingga kelima bola pingpong tersebut tetap utuh seperti sediakala.

Sayangnya, Ford tidak bilang seberapa besar lubang jalan yang mampu diatasi sistem CCD ini. Masih banyak yang mereka tidak bilang, seperti pada kecepatan berapa fitur ini bisa efektif dan berapa harganya jika dipasarkan sebagai opsional ekstra buat model lain dari Ford. Ehem, kalau ada orang dari pemerintah yang baca artikel ini, jangan jadi alasan buat tidak menambal lubang jalan ya. Ford Fusion tidak akan masuk Indonesia kok. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: