Ford Indonesia Akan Tunjuk Penerus Sebelum Tutup

by  in Berita&Ford&Merek Mobil
Ford Indonesia Akan Tunjuk Penerus Sebelum Tutup
0  komentar
ford indonesia buka lagi tidak jadi tutup

AutonetMagz.com – Awal tahun ini, kita dikagetkan dengan pengumuman mendadak dari Ford Motor Indonesia yang menyatakan penutupan operasionalnya melalui situs resminya. Sontak, konsumen dan publik galau dan gundah gulana mengenai kelangsungan pihak yang mau mengurus mobil mereka jika mereka butuh pelayanan resmi. Dinamika soal kelanjutan Ford di Indonesia terus bergulir dengan sekian banyaknya kabar yang beredar di masyarakat.

Bahkan kemarin sampai ada konsumen yang menggugat Ford Indonesia segala atas penutupan dadakan ini. Entah apa yang terjadi dengan gugatan konsumen ke Ford, tapi sepertinya sekarang ada hasilnya. Jika anda membuka situs resmi Ford Indonesia, maka di situ ada pengumuman penting yang menyatakan soal kejelasan kelanjutan kiprah mereka di Indonesia. Berikut isi pengumuman yang dikutip langsung dari situs tersebut :

Pengumuman:

Kepada pelanggan kami yang terhormat,

Kami ingin kembali meyakinkan bahwa PT Ford Motor Indonesia tidak akan menutup, melakukan pembubaran atau mengakhiri operasinya di Indonesia sebelum menunjuk pihak ketiga yang kredibel untuk melaksanakan kewajiban pelayanan purna jual ketersediaan suku cadang kendaraan bermotor di Indonesia. PT Ford Motor Indonesia bersama dengan jaringan dealer yang ada yang saat ini masih beroperasi dan akan tetap menyediakan konsumen Ford dengan pelayanan purna jual.

Kami selayaknya akan memberitahu anda apabila terdapat perubahan dalam pengaturan pemberian layanan.

PT FORD MOTOR INDONESIA

Pada akhir pengumuman, memang menyatakan atas nama Ford Motor Indonesia, tapi bukan atas nama Bapak Bagus Susanto selaku Managing Director FMI, yang dulu namanya tertera di pengumuman yang menyatakan bahwa Ford Indonesia akan menutup operasionalnya.

Dealer Ford BSD Nusantara Ford Indonesia

Dari pengumuman ini, bisa disimpulkan kalau FMI sedang mencari pihak ketiga yang mau mengambil tongkat estafet demi kelangsungan mereknya di Indonesia, minimal menjamin suku cadang dulu saja, mungkin setelah itu berlanjut ke penjualan. Yah, apapun itu, kami hanya berharap yang terbaik saja untuk konsumen dan ATPM, biar keduanya sama-sama memperoleh kejelasan dan kenyamanan.

Apa opinimu mengenai pengumuman dari Ford Indonesia ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Indra

    Setidaknya pemilik Ford baik individu maupun korporat dapat tenang kembali dimana mereka bisa servis dan mendapatkan suku cadang utk mobil Ford mereka. Terus bagaimana dengan penjualan produk? Kayaknya Ford Indonesia akan lebih kuat bersama mitra lokal agar Ford terus berkembang di Tanah Air.

    • Jenson

      Agak aneh sebenarnya. Harusnya pengumuman penutupan operasional FMI ini gausah diumumin dulu ke publik. Mestinya sebelum cabut mereka diam2 seleksi pihak ketiga yg mau nerusin operasinya. Entah jadi atpm resmi atau cuma distributor. Jadi urusannya manajemen dibalik layar aja

      Kalo begitu kan enak, konsumen taunya merek Ford pindah tangan/ganti nama PT, kaya ducati / harley yg langsung estafet. Ga kaya gini
      Udah terlanjur buruk namanya & banyak yg udah berubah persepsinya thdp ford. Krn udah terlanjur kesebar luas berita ford cabut, harga seken makin turun.
      Dan pemberitaan kalo akhirnya ada pihak ketiga yg ambil alih ini jg ga akan se-masif berita pas ford ditutup. Yakin banyak orang yg tetep gatau & anggap ford beneran tutup, dan mereka yg terlanjur hilang kepercayaannya. Sangat disayangkan aja

      • Indra

        Masalahnya yang mengumumkan adalah langsung dari prinsipal, dalam hal ini ada semacam “perintah” dari Ford Asia Pasific selaku perwakilan Ford di Asia Pasifik kepada Indonesia dan Jepang, nah saat “perintah” itu dijalankan, akhirnya FMI memberi pengumuman yg sangat “abu-abu”, saya yakin bukan cuma konsumen yg kecewa besar mendengar hal itu, tapi juga manajemen dan karyawan FMI sendiri yang tidak tahu berbuat apa-apa, langsung saja kasih statement ke publik, bukan cuma media biasa bahkan TV pun ikutan, media sosial pun heboh mendengar hal itu. Mungkin sebagian pemilik Ford yg setia cukup tenang dengan pernyataan revisi, tapi begitu mendengar pernyataan “abu-abu” itu membuat sebagiannya lagi memilih kabur karena merasa sakit hati. Tugas berat buat mitra baru Ford di Indonesia untuk memulihkan citra lagi.

  • Fauzan Akhdan

    Mungkin diserahkan ke pemilik dealer ford nusantara ya..

  • Indra

    Kabarnya sudah ada beberapa perusahaan yg melamar jadi penanggung jawab purnajual Ford, sebagian besar adalah dealer-dealer Ford seperti Nusantara, Auto Kencana, dll (mereka bikin konsorsium) sama satu perusahaan asing. Mungkin beberapa bulan kemudian sudah ada keputusannya dari Thailand.

  • gaps

    Syukurlah. Minimal ada kejelasan soal nasib Ford di tanah air. Dan dengan adanya kejelasan ini bs sedikit melegakan para pemilik ya..didoakan saja..

  • Aryo Wicaksono

    nusantara ford udah pantas lah jadi penerus ford motor indonesia. terbukti pas beberapa hari setelah pembukaan iims kemarin sudah berhasil jualan beberapa unit mustang sambil pameran mobil bagus ford lain seperti ranger dan everest.

    • Nakazato Kira

      Setuju, Mustang yang dibawa Ford Nusatara aja sampe jadi rebutan orang.

      • pescarolo

        simpel. mustang itu mobil hobi. gabakal dipake tiap hari. walopun dealer dan aftersales resmi tutup, pemiliknya bakal bela2in beli part dari luar negeri ato k bengkel spesialis mobil2 macam ini. kurang lebihnya sama kaya ngerawat mobil2 klasik ato mobil supercar. kalo levelannya kaya fiesta ato everest yang lebih buat daily driving sh pasti lain cerita.

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Klo gk nusantara ya auto kencana aja deh… Dealer paling top ini.

  • Levi

    Semoga aja Ford dipegang Astra atau Gaikindo,

    Bakal gede tuh kalo dipegang mereka

    • Newbie

      jangan dua”nya deh..aduh jadi apa ford nanti…astra n gaikindo isinya orang” toyota semua

      • Levi

        Lah, emang kenapa gan ?

        • pescarolo

          ketakutan soal sunat fitur dkk pasti. padahal justru karena sunat2an itu harga mobil jadi proporsional baik utk produsen maupun konsumen, ngga tiba2 bangkrut.

          • putra

            Yes , contoh kia. Meskipun dia secara fitur banyak bgt yang disunat, tapi mereka cerdas, yg pada akhirnya mobil cbu kia bisa menyesuaikan harganya dan masih profit buat perusahaan. Kalo ford, mereka terlalu “jor joran” ngasih fiturnya, alih2 supaya mobil laku.. Ehh malah mau tutup karena gak profitable gara2 ambil untung yang terlalu minim.
            Dilema memang buat sebuah perusahaan yang jual mobil cbu.

          • pescarolo

            yup, betul.

          • farid

            Kalau kia walau brand nya gak laku amat disini ditambah minim fitur karena banyak sunatan tapi build qualitynya yg bagus,masih mending sih,tapi kalau fitur lengkap ditambah build quality yg bagus jadi value for money banget

          • Indra

            Karena ditopang pembeli fleet (perusahaan travel)?

          • Levi

            Tp lihat perkembangan skrg Astra lumayan minim lho sunat”annya (ketimbang HPM sih)

            Sienta aja fiturnya msuk sini jg buanyak

          • pescarolo

            kenyataannya emg kaya gt, tp buat sebagian orang mgkn masih too good to be true.. ato mgkn masih stuck dengan berita2 lama.

          • Levi

            Moga aja perkembangannya bagus, gw sih penasaran ama mobil” Ford, Mazda n VW, coba aja kalo pelayanan Aftersalesnya bagus pasti banyak yg minat tuh

          • RuD¥^

            setuju..

          • Levi

            Atau mungkin msh trauma ya ?

    • Indra

      Jangan, ntar Toyota marah2 lg ada Ford, biarkan Ford mencari mitra lokal yg ga sebesar Astra tapi berkomitmen dgn produk Ford, kalau sama Astra, Ford jadi anak tiri kyk Peugeot.

  • ekkyfir

    Berharap yg terbaik aja buat konsumen dan ford, biar semua tenang dgn kendaraan nya dan yg masih bimbang bisa terobati dgn ada yg megang ford yg baru di indo

  • Bagus

    Di teruskan sama siapa aja boleh… yang penting semoga jangan sampai mobil Ford yang terkenal mempunyai teknologi yang komplit dan modern dijadikan mobil “SUNATAN FITUR” sama penerusnya

  • bejo

    Nusantara kok yang bakal ngelanjutin setelah FMI minggat,sudah dikabari

    • 4×4

      masih hanya sebatas suku cadang atau penjualan mobil barunya juga tuh bro?

      • Indra

        Baru aftersalesnya (servis dan spare part).

  • juuzou

    puji tuhan deh, smoga (katanya sih) nusantara ford bisa lbh bagus dalam penjualan produk dan minim sunatan. klo gini kan enak, smoga jg deh org sini bisa melek fitur dan comfort, dripada gw ngeliatin mbl akuntan di jalan mulu, terutama di jakarta. mendingan ASS jelek tp mbl bagus daripada ASS luar biasa namun citarasa mblnya kayak mbl tahun 90an. lain klo di daerah, krna nyari partnya memang susah

    • Levi

      Gan, kl bisa punya mobil ASS bagus tp mobil jg bagus

      Percuma kalo punya mobil bagus tp ASS cm bikin kepala pusing tiap bulan

      Kecuali mobil hobby yee ?

      • Indra

        Itu lebih ideal kok…

    • pescarolo

      mau punya mobil bukan buatan akuntan? bikin sendiri.. kecuali ente kerjaannya akuntan. hehe
      memang sh, mobil2 ford fitur2 dan kenyamanannya oke. tapi dengan harga yg ga jauh beda sm merek jepang, artinya mereka ngambil margin keuntungan yang sangat tipis dari HPP. kalo trlalu tipis, sementara mereka masih harus bayar biaya operasional, gaji karyawan dan utk kperluan strategi marketing, dijamin lama kelamaan bakal kolaps lg. satu2nya cara buat bertahan ya naikin harga seproporsional mungkin, sambil dengerin cacian dari keyboard warrior yang protes karena ngerasa jadi ga masuk akal.

      • juuzou

        et, malah jd suruh gw bikin mbl. situ tersinggung?

  • bukansales

    Moga moga nusantara deh atau auto kencana, kalau sampe grup luar yg dpt kayak astra atau indomobil mah…. Makin pusing dah yang punya ford

    • Indra

      Astra dan Indomobil ga minat dgn Ford, karena merek2 mereka cukup utk peningkatan keuangan mereka.

  • masboy

    bodoh aja kalo ford mau keluar dari indonesia

  • haikal fahmi almaidani

    Semoga kabar ini menjadi angin segar utk para pengguna Ford di Indonesia.

  • agismaniax

    mesinnya bagus sayang aja kalau atpm-nya gak ada lagi disini

  • farid

    Setuju banget,yg penting ford gak hengkang dari indonesia,soalnya nih mobil kalau bicara spek dan fitur manusiawi banget,dan kalau seandainya ford hengkang dari sini konsumen gak bisa menikmati mobil ini di indonesia di masa depan kecuali kalau belinya di importir umum

    • Indra

      Pasar Indonesia itu masih potensial, makanya banyak merek2 yg datang ke Indonesia. Semoga kemitraan dgn mitra baru berlanjut hingga urusan sales & marketing, orang2 ingin merasakan mobil Ford dgn jaminan resmi. Minimal contohlah Garansindo dgn produk Fiat Chryslernya.